11 Tips Memulai Bisnis Online Shop untuk Pemula Agar Sukses


Memulai bisnis online shop memang terlihat gampang tetapi jika anda kurang memiliki ilmunya pastinya hal tersebut akan menjadi sulit. Terutama bagi para pemula yang belum memiliki pengalaman sama sekali dalam berbisnis menggunakan internet. Banyak online shop yang kini meraih sukses dan keuntungan yang mencapai ratusan juta rupiah tiap bulannya. Hal tersebut tentu tak lepas dari usaha dan kerja keras yang terus menerus dilakukan.

11 Tips Memulai Bisnis Online Shop untuk Pemula Agar Sukses

Tetapi tak sedikit online shop yang akhirnya rugi karena semakin tingginya pesaingan serta ketidakmampuan dalam membaca pasar. Oleh karena itu sebagai pemula yang ingin memulai bisnis online shop sebaiknya Anda mencari informasi mengenai bisnis online shop beserta tips-tips suksesnya.

Mengenal Bisnis Online Shop dan Keuntungannya

Sebelum Anda memulai bisnis online shop sebaiknya Ada ketahui terlebih dahulu apa itu online shop serta keuntungan yang bisa diperoleh dengan berbisnis online shop. Bagi para pemula dalam bisnis online shop mungkin akan bingung bagaimana memulai bisnis online shop dan tahapan berbisnis secara online.

Perlu Anda ketahui bahwa bisnis online merupakan berbagai kegiatan bisnis yang dilakukan dengan cara online sehingga sangat memanfaatkan adanya internet. Bahkan setiap pelaku bisnis online shop ini akan melakukan kegiatan bisnisnya secara online dan melalui internet. Banyaknya kemudahan serta keuntungan yang bisa diperoleh tak heran kini jumlah pelaku bisnis online shop kian meningkat dan hampir mendominasi perdagangan di Indonesia.

Peluang inilah yang tak boleh Anda sia-siakan untuk membangun sebuah bisnis online yang nantinya mampu menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Dibandingkan dengan bisnis konvensional memang online shop memiliki keunggulan tersendiri. Bahkan Anda tak perlu mempersiapkan modal yang besar untuk memulainya dan juga lebih bebas dalam mengatur waktu kerja.

Bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan dengan mencoba memulai bisnis online shop sebaiknya segera lakukan pertimbangan mulai dari sekarang dengan memilih bisnis apa yang akan Anda kembangkan. Tak perlu khawatir jika Anda ingin mencobanya karena selain menjadi pekerjaan utama juga bisa menjadi pekerjaan sampingan. Baca juga: 9 Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet

Berikut ini akan dijelaskan keuntungan bisnis online shop yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda agar tak ragu untuk segera memulainya.

  • Dapat dijalankan dimana saja dan kapan saja yang terpenting adalah Anda selalu terhubung dengan jaringan internet. Selain itu Anda tidak membutuhkan tempat khusus maupun jam kerja karena semuanya bisa Anda tentukan sendiri. Tetapi sebagai pemula pastinya Anda harus benar-benar konsisten dalam menjalankan bisnis online shop dan terus fokus agar tujuan Anda bisa segera tercapai.
  • Dengan berbisnis online shop, Anda akan berperan sebagai bos bagi diri Anda sendiri. Dalam hal ini Anda akan sangat bebas mengatur jam kerja, menentukan target dan strategi yang harus digunakan dalam menjalankan bisnis tersebut.
  • Tak perlu khawatir bagi para pemula yang ingin memulai bisnis online shop karena modal yang dibutuhkan bisa sesuai dengan kemampuan Anda. Sebagai pemula Anda bisa memulai bisnis dengan modal kecil atau menjadi penjual produk orang lain.
  • Bisnis online shop tidak berhubungan dengan latar belakang Anda karena semua orang bisa sukses asalkan bersedia untuk terus berusaha dan pantang menyerah. Bahkan saat ini banyak anak muda yang sudah sukses karena bisnis online shop sehingga tak harus menunggu tua untuk sukses.
  • Dengan berbisnis online shop Anda akan berpotensi memperoleh penghasilan yang sangat melimpah bahkan melebihi penghasilan toko offline. Hal ini bisa Anda peroleh jika menggunakan metode pemasaran yang tepat serta produk dan harga yang sesuai selera pasar.
  • Bisnis online dapat dijalankan 24 jam sehingga kapanpun transaksi jual beli bisa dilakukan tanpa ada batasan jam kerja maupun hari kerja.
  • Bisnis online shop memasang sangat mudah dipromosikan dengan menggunakan media sosial, iklan di internet dan lain sebagainya pastinya dengan jangkauan yang lebih luas dan hemat biaya.

11 Tips Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula Agar Sukses

Melihat banyaknya keuntungan yang bsia diperoleh dengan berbisnis online shop pastinya Anda semakin tak sabar untuk segera memulai bisnis online shop. Tetapi sebagai pemula Anda harus memperhatikan beberapa tips supaya bisnis online shop Anda nantinya sukses dan mampu bersaing di pasaran.

Berikut ini akan dijelaskan tips memulai bisnis online shop bagi pemula yang perlu Anda ketahui.

1. Mempunyai Internet Banking

Untuk memulai bisnis online shop sebaiknya Anda memiliki internet banking terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda dlaam mengecek setiap transaksi keuangan yang masuk maupun keuar dari rekening Anda. Terlebih biasanya para pembeli sering membayar pesanan sewaktu-waktu sehingga Anda harus siap melakukan pengecekan saldo rekening.

2. Menentukan Produk Untuk di Jual

Ada baiknya sebelum memulai bisnis online shop anda terlebih dahulu menentukan produk untuk dijual secara online. Anda bisa melakukan survey untuk melihat produk apa yang sedang trend dan banyak di cari oleh masyarakat misalnya produk fashion, elektronik, obat herbal, aksesoris, kuliner, dll. Dengan menentukan produk yang tepat untuk dijual maka usaha anda dapat berjalan dengan baik dan lebih cepat meraih keuntungan.

3. Menentukan Target Pasar

Seringkali calon pebisnis tidak memikirkan hal ini terutama pebisnis pemula. Padahal sangat perlu untuk menentukan target pasar sebelum memulai membuka online shop mengingat persaingannya yang semakin ketat. Menentukan target pembeli yang lebih spesifik seperti pria dan wanita atau anak-anak, remaja dan orang dewasa, akan dapat membuka peluang bagi anda untuk mendapatkan keuntungan yang besar karena ketika melakukan promosi arahnya jelas siapa target konsumen anda.

4. Mencari Pemasok atau Suplier

Setelah anda menentukan produk apa yang akan dijual secara online dan target pembeli maka langkah berikutnya adalah mencari pemasok barang atau suplier. Saat ini ada banyak sekali suplier yang menawarkan kerjasama baik dalam bentuk dropship maupun keagenan. Misalnya jika anda ingin menjual produk pakaian, anda bisa melakukan survey pakaian yang lagi trend dan banyak di cari kemudian mencari suplier yang menyediakan barang tersebut. anda bisa menghubingi suplier untuk menjalin kerjasama.

5. Membuat Komunitas Olshop

Bagi para pemula disarankan untuk membuat komunitas online shop sesuai dengan nama online shop Anda. Komunitas ini bisa dibuat melalui media sosial tapi disarankan untuk menggunakan jenis media sosial yang tanpa batas seperti Facebook, Line dan lain sebagainya. Dengan komunitas ini Anda bisa berbagi produk terbaru pada anggota komunitas yang tak lain adalah para pelanggan Anda.

6. Menata Olshop

Untuk memudahkan calon pembeli mengakses dan melihat produk yang Anda tawarkan sebaiknya buat album khusus pada akun bisnis online Anda. Selain itu ketika akan mengupload produk sebaiknya tambahkan rincian produk, kondisi, status barang ready atau pre order serta harga produk tersebut. Jangan lupa juga membuat format cara order barang sehingga konsumen tidak bertanya lagi bagaimana cara pemesanan barang di online shop anda.

7. Teliti

Ketelitian sangat perlu apalagi jika anda masih baru atau masih pemula di bisnis online shop. Sebagai pemula kemungkinan Anda akan mencoba belajar menjadi reseller dan dropshipper terlebih dahulu. Sebaiknya Anda lebih teliti dalam menentukan harga jual dan jangan lupa mempertimbangkan ongkos kirim produk tersebut agar nantinya Anda tak rugi.

8. Kerja keras dan jangan Malas

Untuk memulai bisnis online shop agar lebih sukses sebagiknya Anda harus rajin promosi produk, share produk, update produk dan sigap membalas chat dari para calon pembeli. Dari pelayanan yang memuaskan serta kerja keras Anda nantinya para konsumen menjadi nyaman untuk berbelanja.

9. Ramah dan Sabar

Agar sukses memulai bisnis online shop sebaiknya Anda harus ramah kepada para pembeli baik itu yang hanya bertanya tentang produk maupun yang benar-benar memesan. Hal ini sangat penting karena jika penjual cuek akan membuat pembeli merasa kurang nyaman dan lebih memilih berpindah toko.

Upayakan untuk segera membalas chat pembeli karena penjual yang memberikan respon cepat akan menunjukkan keseriusan dalam melayani pembeli serta meningkatkan kualitas pelayanan. Anda juga harus siap dengan berbagai komplain, pertanyaan serta kalimat-kalimat dari para pembeli yang terkadang membutuhkan kesabaran yang tinggi.

10. Kejujuran

Dalam bisnis online shop kejujuran sangat penting sebagai nilai tambah untuk meningkatkan kepercaya konsumen terhadap olshop anda. Agar semakin sukses sebaiknya tulislah hal-hal yang sesuai dengan kondisi produk Anda yang sebenarnya. Hindari menulis hal-hal yang mengandung kebohongan dan tidak sesuai kenyataan produk karena akan menurunkan kepercayaan pembeli sehingga mereka tidak mau berbelanja di online shop Anda lagi.

11. Melakukan Promosi dengan Tepat

Agar produk online shop anda cepat laku dan laris dibeli konsumen maka anda perlu melakukan promosi dengan tepat. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi baik secara gratis maupun berbayar seperti facebook, instagram, twitter, dll. Anda juga bisa membuka lapak dibeberapa lapak online yang sedang populer seperti tokopedia dan bukalapak. Untuk menarik minat konsumen membeli produk, anda bisa menawarkan diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu sekaligus misalnya jika membeli 10 akan mendapatkan diskon 20%. Dengan melakukan promosi yang tepat usaha online shop anda akan cepat berkembang.

Bagi Anda yang ingin belajar bisnis jualan produk secara online sebaiknya ketahui terlebih dahulu tips memulai bisnis online shop bagi pemula. Dengan mempraktikkan tips diatas nantinya akan membantu berjalannya bisnis online shop Anda sehingga semakin sukses ditengah tingginya persaingan dunia bisnis onlshop yang kian menjamur di Indonesia.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: