13 Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil dan Modal Besar


Peluang usaha rumahan di Desa – Banyak orang beranggapan mencari uang di kota lebih mudah dibandingkan di desa. Kota besar menjanjikan siapapun yang kesana akan mendapat pekerjaan dengan bayaran yang menggiurkan. Aroma kesuksesan inilah yang kemudian membuat banyak orang berhijrah dari desa ke kota. Namun, tahukah Anda jika sebenarnya di desapun Anda bisa meraup kesuksesan? Caranya tentunya saja dengan membuka usaha baik itu bisnis modal kecil maupun modal besar.

13 Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil dan Modal Besar

Bagi mereka yang bercita-cita menjadi karyawan di perusahaan-perusahaan besar, tentulah kota besar menjadi pilihan yang tepat. Tapi, lain halnya jika Anda bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Jika tujuan Anda menjadi pengusaha, Anda juga bisa melakukan di kampung halaman tanpa harus merantau ke kota. Perkembangan teknologi khususnya internet yang kini sudah merambah desa pinggiran juga semakin memudahkan sesiapapun untuk bisa membangun usahanya.

Terus, peluang usaha rumahan seperti apa yang cocok untuk di areal pedesaan?
Siapa saja yang hendak membeli produk milik kita?
Adakah peluang usaha rumahan modal kecil di desa yang menguntungkan?

Sementara tinggalkan dulu pertanyaan-pertanyaan diatas dan cobalah perhatikan beberapa contoh peluang usaha rumahan di desa dibawah ini. Cermati dan pilih mana kiranya peluang bisnis rumahan yang cocok dengan lokasi rumah, skill dan modal yang Anda miliki.

13 Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil dan Besar yang Menguntungkan

Bagi anda yang sedang mencari ide bisnis di desa yang bisa dijalankan di rumah. Berikut ini ada 13 contoh peluang usaha rumahan desa yang menjanjikan dan menguntungkan mulai dari usaha modal kecil hingga usaha modal besar :

#. Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil

Bagi anda yang memiliki modal minim ingin membuka usaha di rumah tidak perlu khawatir. Ada beberapa contoh jenis bisnis rumahan dengan modal kecil yang menguntungkan untuk di jalankan yaitu sebagai berikut:

1. Usaha Kuliner

Bisnis berbasis kuliner tentulah menjadi bisnis yang tak pernah mati. Bagaimana tidak? Manusia membutuhkan makanan untuk tetap hidup. Jika berkeinginan membuka usaha bidang kuliner di kawasan pedesaan sebelumnya pastikan telah mempertimbangkan segala sesuatu hal dengan baik. Misalnya terkait dengan daya beli masyarakat dan jenis kuliner yang bagaimana yang sesuai dengan pasar sekitar Anda.

Ada cukup banyak jenis kuliner yang bisa dijadikan sebagai usaha di pedesaan. Beberapa contoh peluang usaha rumahan bidang kuliner yang bagus dan menjanjikan seperti jualan aneka kue tradisional, warung makan atau bisnis gorengan. Baca juga: Peluang Usaha Kuliner Terbaru Prospek Cerah

2. Bimbingan belajar

Dimanapun itu, baik desa maupun kota, usaha rumahan seperti bimbingan belajar sangat diminati. Apalagi pola pikir masyarakat masa kini yang sangat mengedepankan pendidikan. Usaha rumahan modal kecil ini cocok bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa atau yang sudah menyandang status ibu rumah tangga.

Hal yang harus diperhatikan disini adalah patokan harga. Nah, karena di kawasan pedesaan, maka hindarkan menyamakan tarif bimbingan belajar di desa dengan di kota. Sesuaikan dengan keadaan masyarakat sekitar juga. Baca: Peluang Bisnis Jasa Les Privat Anak Sekolah

3. Usaha bisnis online

Semakin berkembangnya internet membuat bisnis online menjadi salah satu peluang usaha rumahan modal kecil yang bisa dilakukan siapapun dan dimanapun, desa khususnya. Jadi, tak harus kekota jika Anda ingin berbisnis online. Apalagi sekarang transaksi dan pengiriman barang bisa lebih mudah.

Masalah barang tidak perlu khawatir. Ada begitu banyak barang yang bisa Anda jual secara online mulai dari pakaian, makanan hingga obat-obatan. Anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan minat.

4. Bisnis pulsa, token dll

Sinyal ponsel dan internet kini telah memasuki desa. Nah, jika begini kebutuhan akan pulsa pasti menjadi sebuah hal yang krusial. Hal ini juga memberi angin segar bagi Anda untuk segera berbisnis pulsa. Sama halnya dengan pulsa, saat ini listrik prabayar juga sedang gencar digalakkan. Jadi bisa dikatakan prospeknya cukup cerah. Anda bisa menjual pulsa elektrik dan pulsa listrik sebagai bisnis di rumah.

#. Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Skill

Jika anda memiliki keahlian atau skill pada bidang tertentu maka usaha di bidang jasa seperti bengkel, bisnis jahitan, service elektronik, dll bisa dijadikan sebagai usaha di rumah. Berikut beberapa Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa dengan Modal Skill yang mungkin bisa anda jalankan:

5. Service elektronik

Bisnis satu ini cukup langka karena pemilik skill ini juga jarang. Jadi jika Anda memiliki skill dalam bidang ini, tak ada salahnya membuka service elektronik sendiri. Selain menguntungkan buat Anda, tetanggapun tak harus berjalan jauh atau menunggu lama untuk mereparasi barang elektronik yang rusak ke kota.

6. Bisnis Jahit

Bisnis satu ini tidak tergolong usaha rumahan modal besar. Hanya saja untuk bisa menekuni bisnis ini Anda harus memiliki skill jahit terlebih dahulu. Peluang usaha ini cukup menjanjikan khususnya ketika musim tahun ajaran baru dimulai atau ketika mendekati lebaran. Baca: Usaha Jahitan di Rumah dengan Modal Kecil

7. Bengkel Kendaraan Bermotor

Bagi Anda yang memiliki skill reparasi kendaraan bermotor, segera saja buka bengkel. Seperti handphone, kendaraan bermotor khususnya motor sudah ada hampir disetiap rumah-rumah penduduk. Nah, manfaatkanlah peluang ini. Semisal saja ada motor warga sekitar yang mogok, nah kan tak mungkin pemiliknya jauh-jauh mereparasinya ke kota. Pastilah mereka akan mencari bengkel terdekat.

#. Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Besar

8. Bisnis POM mini

SPBU besar umumnya berada di kawasan jalanan besar. Nah, manfaatkanlah ini dengan membuka POM mini. Memang modal yang diperlukan lumayan besar karena Anda harus mempersiapkan alat-alatnya, namun prospek dari bisnis ini cukup cerah dan layak untuk dipertimbangkan. Apalagi kendaraan bermotor kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi mereka yang tinggal di pedesaan.

9. Usaha Warnet

Perkembangan teknologi secara tidak langsung membuat siapapun dan dimanapun untuk selalu melek teknologi. Bahkan banyak pekerjaan rumah alias PR yang mengharuskan mereka menggunakan internet.
Manfaatkanlah peluang diatas untuk berbisnis warnet. Modal yang digunakan untuk bisnis ini tentulah cukup besar karena anda akan membutuhkan beberapa komputer, jaringan internet dan beberapa fasilitas pendukung lain seperti meja, kursi dan lain sebagainya. Namun mengingat prospeknya yang cukup cerah, jadi ini tentulah tidak menjadi masalah.

Sebenarnya tak harus menyiapkan banyak komputer, anda juga bisa menyewakan wifi. Saat ini pelajar di berbagai daerah telah diwajibkan memiliki laptop, hanya saja akses internet daerah desa terkadang masih sulit atau belum stabil, untuk itulah mereka memerlukan area wifi. Akses yang cepat dan stabil tentunya sangat digemari.

10. Toko pakaian

Bisnis satu ini bisa jadi usaha modal besar, bisa pula modal kecil. Tergantung dari stok pakaian yang Anda sediakan. Perkembangan jaman sekarang menuntut banyak orang untuk mengikuti fashion, nah daripada membuat tetangga berbelanja jauh ke kota, bukankah lebih baik berbelanja di tetangga.

Memang perkembangan bisnis pakaian online sangat pesat, namun mayoritas orang masih lebih suka membeli pakaian secara langsung. Banyak pengalaman dari jual beli online yang tidak sesuai ekspektasi. Terutama dalam hal warna dan kain. Karena hal inilah, membuka toko pakaian bisa menjadi peluang usaha rumahan yang harus dipertimbangkan.

11. Sewa mesin Pertanian

Bisnis sewa mesin persawahan tentulah memiliki prospek yang cerah, apalagi bila Anda tinggal di desa dengan mayoritas mata pencaharian petani. Modal yang dibutuhkan memang cukup besar karena harga dari mesin untuk persawahan juga cukup menguras kocek. Jenis mesin persawahan yang sering disewakan antara lain mesin traktor dan mesin pembajak sawah. Banyak petani saat ini yang lebih suka menggunakan mesin karena lebih hemat waktu dan mampu menghemat jumlah pekerja pula. Anda bisa membeli mesin bajak untuk disewakan membajak sawah petani pada saat musim bercocok tanam dan pada saat panen anda bisa menyewakan mesin penggilingan padi. Baca juga: 9 Usaha Bidang Pertanian yang Menguntungkan

12. Usaha Bidang Peternakan

Beternak tentu tidak asing lagi bagi masyarakat pedesaan karena cukup banyak masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti ayam, kambing, sapi, dll. Akan tetapi hanya dalam skala kecil saja. Nah, anda bisa memanfaatkan kesempatan bagus ini dengan membuka usaha bidang peternakan karena peluang masih terbuka lebar dan prospeknya juga cerah. Ditambah lagi lahan sebagai tempat untuk beternak masih luas di daerah pedesaan. Anda bisa membuka usaha peternakan dengan skala yang cukup besar. Baca: 7 Tips Sukses Memulai Usaha Peternakan

Beberapa contoh usaha peternakan yang cocok di daerah pedesaan antara lain:

  • Beternak Ayam Kampung
  • Beternak Bebek/Itik
  • Beternak Kambing
  • Beternak Sapi
  • Beternak Kerbau
  • Dll

13. Usaha Bidang Pertanian

Pertanian memang sangat identik dengan masyarakat desa, ya karena sebagian sebagai masyarakat pedesaan hidup dengan mengandalkan hasil pertanian. Namun, cara bertani masyarakat desa masih banyak yang menggunakan sistem tradisional seperti menggarap lahan sendiri, menggunakan alat-alat tradisional, dll.

Peluang usaha bidang pertanian cukup menjanjikan di desa, asalkan anda memiliki modal dan mampu menggarapnya dengan baik. Tidak perlu tanaman yang rumit dan lama masa panennya, sebagai permulaan kamu bisa membuka usaha pertanian yang mudah dan cepat panen tapi dibutuhkan banyak orang. Sebagai contoh cabe, tanaman cabe tidak terlalu rumit dan tidak memerlukan lahan yang terlalu luas. Selain itu masa panennya cepat dan harganya juga cukup stabil bahkan bisa melambung tinggi pada bulan-bulan tertentu seperti bulan ramadhan. Baca :

Berikut beberapa contoh usaha bidang pertanian yang mungkin bisa anda coba:

  • Menanam Cabe Merah
  • Menanam Jahe
  • Menanam Sayuran Kankung
  • Menanam Tomat
  • Dan Masih banyak lagi

Diatas adalah beberapa jenis peluang usaha rumahan di desa mulai modal kecil hingga besar. Selain beberapa jenis bisnis diatas, bisnis industri kreatif juga memiliki peluang yang sangat cerah di kawasan pedesaan. Beberapa contohnya yakni usaha cetak foto, souvenir, advetisining, dan lain sebagainya. Usaha-usaha tersebut masih belum banyak ada di kawasan pedesaan. Jadi bisa dikatakan usaha ini memiliki prospek yang cukup cerah.

Setelah Anda menentukan jenis usaha apa yang akan Anda geluti, langkah selanjutnya yakni persiapan bahan dan alat. Setelah itu jangan lupa untuk mempromosikannya. Beri beberapa penawaran menarik sehingga tetangga sekitar tertarik untuk mampir ke bisnis Anda.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: