5 Modal Penting Dalam Membangun Bisnis


modal penting dalam membangun bisnisMemulai usaha membutuhkan lebih dari sekedar modal uang. Ada banyak modal penting dalam membangun bisnis selain uang, yang tentunya hal tersebut akan mempengaruhi tingkat kesuksesan anda nantinya. Disadari atau tidak, memulai usaha bukan hanya sekedar mendapat modal dan merealisasikan idea yang anda miliki. Faktanya, dunia bisnis penuh dengan kemungkinan dan tidak semua hal yang anda rencanakan akan berjalan mulus seperti yang diharapkan. Untuk itu anda harus benar-benar siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang ada, baik dan buruk.

Sayangnya, dalam dunia bisnis tidak ada hasil tengah. Pilihan yang ada adalah antara anda akan berhasil atau terpuruk. Dan mengetahui apa saja modal penting dalam membangun usaha, sedikit banyak akan membantu anda mempersiapkan diri anda di tahun-tahun mendatang.

Berikut 5 modal penting dalam membangun bisnis yang akan dijalankan :

Modal pertama adalah ide

Seberapa bagus kemajuan bisnis anda ditentukan dari ide yang anda miliki. Harus diingat bahwa ide bisnis yang anda anggap bagus belum tentu berhasil saat diaplikasikan ke dunia nyata karena beberapa faktor, seperti ketidak sesuaian dengan keinginan pasar saat itu, profit orientasinya yang kecil, biaya produksi yang besar, dan masih banyak lagi. Untuk itu, sebelum anda merealisasikan ide, ada baiknya anda terlebih dahulu mencari-cari ide lainnya sebagai pembanding. Temukan setidaknya 3-5 ide baru sehingga anda akan mendapat alternative pilihan untuk di compare mana yang masuk akal dan akan memberikan anda keuntungan lebih baik.

Modal kedua adalah Visi dan Kemauan

Ide tanpa visi yang jelas akan membuat bisnis anda sekedar berdiri namun susah untuk maju. Ada banyak kasus dimana seseorang membangun bisnis dan masih stagnan di level tersebut walaupun dia telah menggelutinya selama bertahun-tahun. Biasanya hal tersebut terjadi karena sang owner tidak memiliki visi yang jelas untuk mengembangkan bisnis mereka. Untuk itu, pastikan anda memiliki visi yang jelas akan dibawa kemana bisnis anda nantinya, serta juga pastikan anda memiliki kemauan untuk mewujudkannya. Dipercaya atau tidak, kemauan yang keras akan membukakan jalan anda menuju kesuksesan, walaupun mungkin akan membutuhkan waktu agak lama.

Modal ketiga adalah Percaya Diri

Tanpa rasa percaya diri yang tinggi, anda akan kesulitan dalam memulai bisnis. Percaya diri berkaitan erat dengan rasa optimis yang anda rasakan sehingga bagaimanapun aura positif yang anda pancarkan saat merasa optimis akan memberikan anda banyak manfaat. Dengan rasa percaya diri dan optimism anda yang tinggi akan produk dan layanan anda maka para konsumen akan merasa tenang dalam menggunakan produk dan jasa yang anda tawarkan. Bisa anda bayangkan bagaimana jadinya apabila seorang marketing pesimis akan manfaat produk dan jasa yang mereka tawarkan, maka tentunya calon konsumen akan merasa sangsi untuk mencobanya.

Modal keempat Kualitas

Ditengah tingginya tingkat persaingan saat ini, anda harus mampu menjadi yang terbaik diantara para competitor agar anda tidak mudah tersingkir dari panggung kompetisi. Dan salah satunya adalah dengan memberikan kualitas produk dan layanan yang tinggi. Siapapun pastinya menginginkan yang terbaik untuk setiap rupiah yang mereka belanjakan, dan jika anda gagal untuk memberikan kualitas yang diharapkan maka jangan menyalahkan apabila konsumen setia anda berpaling dari usaha anda.

Modal kelima keterbukaan meneruma kritik dan saran

Modal kelima sekaligus yang terakhir dari daftar modal penting dalam membangun bisnis adalah keterbukaan untuk menerima masukan dan kritik dari orang lain. Bagaimanapun, dunia bisnis selalu berkembang seiring jaman dan dengan menerima masukan dan kritik maka anda akan selalu terpacu untuk selalu meningkatkan bisnis anda ke level-level selanjutnya.

Dari uraian singkat diatas jelaslah bahwa modal penting dalam membangun bisnis baik itu modal kecil maupun modal besar tidak hanya modal uang semata tapi juga dibutuhkan modal selain uang seperti ide bisnis, visi dan kemauan dalam bisnis, rasa percaya diri yang tinggi, kualitas produk dan layanan serta keterbukaan dalam menerima kritik dan saran agar bisnis yang dijalankan bisa terus maju dan berkembang. demikianlah uraian singkat kali ini semoga bisa bermanfaat. salam sukses selalu.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: