5 Tips Marketing Murah Meriah untuk Bisnis Skala UKM (Usaha Kecil Menengah)


Tips Marketing Murah Meriah – Bisnis Skala UKM (Usaha Kecil Menengah) merupakan bisnis yang banyak digeluti para pebisnis yang memiliki modal tidak terlalu besar. Sehingga dalam hal marketing Bisnis Skala UKM tidak akan segencar perusahaan besar karena keterbatasan dana.

5 Tips Marketing Murah Meriah untuk Bisnis Skala UKM

Sebagaimana kita tahu di era moderen, bahwa marketing yang tepat bisa sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Itulah sebabnya banyak perusahaan berskala besar rela mengalokasikan dana besar-besaran untuk pemasaran bisnis mereka.

Apa yang dilakukan bisnis berskala besar dalam pemasaran tentu saja tidak bisa diikuti oleh bisnis skala usaha kecil menengah. Alasannya tentu saja karena keterbatasan budged atau dana. Lalu bagaimana melakukan marketing untuk bisnis skala UKM agar cepat maju dan berkembang. Yes, dibawah ini ada beberapa tips marketing murah meriah untuk bisnis skala usaha kecil menengah (UKM) yang bisa dicoba.

5 Tips Marketing Murah Meriah Untuk Bisnis UKM

Nah, buat kamu pebisnis Skala UKM (usaha kecil menengah) ada beberapa tips marketing yang cocok untuk budged mini. Berikut 5 Tips marketing murah meriah untuk bisnis skala UKM yang bisa dicoba:

1. Memanfaatkan Media Sosial

Sekarang ini Ekspansi internet di Indonesia sudah sangat tinggi. Penggunanya mulai dari siswa sd hingga orang tua memiliki akses internet yang terdapat pada telepon genggamnya. Bahkan, hampir semua pengguna internet menggunakan sosial media seperti Facebook.

Hal ini tentunya merupakan sebuah kesempatan emas buat anda, karena pasar sebenarnya sudah terlihat didepan mata. Kami bisa membuat akun dibeberapa media sosial tanpa harus bayar alias gratis seperti facebook, twitter, Instagram, Linkedin, dll. Kamu bisa menggunakan media sosial tersebut untuk mempromosikan bisnis milikmu.

2. Membuat kontes online

Salah satu cara untuk mengenalkan bisnis yang banyak dilakukan para pebisnis lewat Internet yaitu dengan membuat kontes online. Kamu bisa memancing partisipasi tinggi dengan kontes online hanya dengan modal sedikit. Kamu bisa menawarkan hadiah menarik dan tidak perlu yang mahal agar tidak keluar biaya yang besar. Kamu bisa menawarkan hadiah misalnya sebuah tas keren atau bisa juga voucher belanja di supermarket. Hadiah tersebut sudah cukup menarik minat para pengguna Internet. Atau bisa juga hadiah menarik lainnya yang kamu tawarkan.

3. Mengikuti bisnis award

Masing-masing bisnis punya award tersendiri yang bisa diikuti tak terkecuali bisnis UKM. Kamu bisa mendaftakan usaha yang sedang kamu kembangkan pada award bisnis skala UKM. Jika berhasil masuk dalam seleksi apalagi sampai menang, akan membuat nama usahamu akan terkenal dan mudah dipercaya oleh pasar.

Apalagi jika award yang kamu ikuti tersebut digelar oleh bank dan bekerjasama dengan beberapa media massa seperti radio, koran, media online atau televisi. Hal ini tidak beda halnya dengan iklan gratis pada media-media tersebut.

4. Mensponsori acara

Menjadi sponsor sebuah acara banyak dilakukan para pebisnis dalam mengenalkan produk bisnis mereka. Kita lihat pada sebuah acara-acara besar banyak sekali spanduk dan banner itu semua adalah sponsor. Trik ini juga dapat anda lakukan pada sebuah acara untuk menyedot perhatian banyak orang. Agar tidak menyedot biaya besar kamu bisa mencoba mensponsori acara yang tidak terlalu besar.

Kamu bisa mensponsori sebuah acara misalnya sebuah seminar di kampus, perlombaan olahraga disekolah atau bisa juga perlombaan musik tingkat lokal. Kamu bisa menyumbang hadiah sebagai sponsor hanya dengan modal kecil. Dengan modal yang tidak besar kamu bisa memasang poster atau banner untuk mengiklankan produk bisnis kamu di acara tersebut. Baca juga: Contoh Usaha Kecil menengah yang Sukses

5. Mendekati media massa

Kita tahu bahwa media massa merupakan tempat promosi bisnis yang bagus. Kenapa tidak coba memanfaatkannya dengan mendekati wartawan peliput berita sejumlah media baik online, cetak, radio maupun televisi. Seorang wartawan membutuhkan sebuah berita untuk ditulis sedangkan kita membutuhkan media untuk publikasi bisnis.

Cara kamu bisa mendatangi langsung kantor media yang bersangkutan atau bisa juga mengirim rilis mengenai profil bisnis kamu. Apalagi kalau kamu punya kenalan seorang wartawan kamu bisa mencoba minta bantuannya untuk meliput bisnis yang sedang kamu jalankan. Siapa tahu bisnis yang sedang kamu kembangkan menarik dimata wartawan. Tapi jangan terlalu berharap ya, karena belum tentu bisnis kamu langsung dipublikasikan. Namun, tidak ada salahnya mencoba sekaligus membangun relasi.

Nah, itulah 5 tips marketing murah meriah untuk bisnis skala UKM. Buat kamu yang sedang mengembangkan bisnis skala usaha kecil menengah bisa mencoba beberapa trik diatas sehingga bisnis yang kamu jalankan lebih cepat dikenal oleh banyak orang.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: