6 Bisnis Fashion yang Menguntungkan di Bulan Puasa dan Menjelang Lebaran


Bisnis Fashion – Bulan puasa merupakan salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Karena bulan puasa adalah bulan yang paling mulia dimana segala amal perbuatan dan ibadah akan dilipat gandakan pahalanya. Setelah menjalankan ibadah puasa nantinya umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Idul Fitri atau disebut lebaran di Indonesia.

6 Bisnis Fashion yang Menguntungkan Bulan Puasa dan Menjelang Lebaran

Pada saat bulan puasa dan menjelang lebaran inilah banyak pedagang yang memanfaatkannya untuk meraih keuntungan dengan menjual berbagai keperluan ramadhan dan lebaran termasuk salah satunya adalah bisnis fashion menguntungkan.

Membeli berbagai keperluan fashion menjelang lebaran sudah menjadi sebuah tradisi bagi umat Islam di Indonesia. Hal ini sesuai dengan makna dari Idul Fitri yaitu kembali suci sehingga dengan memakai perlengkapan fashion yang baru diharapkan menjadi simbol kembali memiliki jiwa serta hati yang baru seperti baru saja lahir. Oleh karena itulah banyak bisnis fashion menguntungkan yang dijalankan oleh para pedagang di wilayah Indonesia.

Bisnis Fashion yang Menguntungkan di Bulan Puasa

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba bisnis fashion menguntungkan, maka tak ada salahnya untuk mencoba. Sebagai inspirasi, berikut ini akan dijelaskan 6 bisnis fashion menguntungkan di bulan puasa dan menjelang lebaran.

1. Baju Muslim Wanita
Baju Muslim WanitaSudah bukan menjadi hal yang mengejutkan lagi jika setiap bulan puasa dan lebaran para wanita muslim selalu berburu berbagai model baju muslim untuk puasa dan lebaran. Baju muslim untuk wanita juga semakin beragam modelnya dari masa ke masa. Model baju muslim wanita yang saat ini sedang tren adalah gamis, dress, tunik, kaftan, dan lain sebagainya. Tak heran jika bulan puasa tiba para pedagang baju muslim wanita selalu kebanjiran pesanan dan kehabisan stok baju muslim.

Selain itu dengan menjamurnya bisnis online baju muslim wanita membuat para wanita muslimah semakin mudah untuk berbelanja tanpa harus berpanas-panasan saat bulan puasa untuk berpindah dari toko satu ke toko lainnya. Meningkatkan permintaan pasar terhadap baju muslim wanita ini, maka membuat bisnis baju muslim wanita menjadi bisnis fashion menguntungkan dan hasilnya juga sangat menggiurkan. Oleh karena itu, jika bulan puasa tiba, maka akan banyak pedagang dadakan yang beralih profesi menjadi penjual bisnis fashion menguntungkan baju muslim wanita.

2. Kerudung atau Jilbab
Bisnis Kerudung atau JilbabSelain busana muslim wanita, ada satu fashion lagi yang tak boleh ketinggalan untuk dipersiapkan saat bulan puasa tiba yaitu kerudung atau jilbab. Bagi para muslimah yang sudah memakai hijab, maka bulan puasa merupakan bulan untuk membeli jilbab yang akan dipadukan dengan busana muslim lebaran. Saat ini model jilbab juga kian beragam bahkan modelnya selalu berubah dari tahun ke tahun sehingga bisa menjadi peluang bisnis fashion menguntungkan. Tren jilbab syar’i kini sangat diminati oleh muslimah karena jilbab ini sangat sesuai dengan syariah dan bisa menutup bagian kepala hingga dada para muslimah. Akan tetapi tren jilbab lain seperti pasmina, jilbab segiempat, dan jilbab instan hingga saat ini tetap diminati oleh para muslimah karena lebih mudah dipakai serta dapat menunjang penampilan selain menutup aurat. Baca: Tips Memulai Bisnis Jilbab Modal Kecil

3. Bisnis Sarung
bisnis jualan sarungSebagai salah satu perlengkapan beribadah para pria, sarung banyak diburu saat bulan puasa tiba. Berbagai merk sarung kini hadir di pasaran dengan menawarkan berbagai motif sarung yang menarik dan bisa melengkapi penampilan saat beribadah. Untuk membeli sarung, Anda bisa mendatangi toko-toko busana muslim di sekitar tempat tinggal Anda. Akan tetapi jika Anda tak ingin repot, maka Anda bisa membeli sarung secara online, namun pastikan sarung tersebut memiliki bahan yang tidak panas agar Anda semakin nyaman saat beribadah. Tak hanya untuk orang dewasa saja, kini untuk anak-anak juga tersedia sarung instan anak dengan motif-motif tokoh kartun yang dijamin akan membuat anak-anak semakin senang saat memakai sarung. Tak heran jika sarung instan anak kini menjadi salah satu bisnis fashion menguntungkan saat bulan puasa tiba.

4. Jual Baju Koko
jualan baju kokoBisnis fashion menguntungkan di bulan puasa tak bisa lepas dari bisnis baju koko. Baju koko bisa dipakai saat beribadah dan bersilaturahmi saat lebaran tiba. Jika dulu baju koko identik dengan baju lengan panjang dan model yang standar, maka kini baju koko dibuat lebih gaya sehingga akan membuat para pria tampil lebih stylish meskipun saat beribadah.

Baju koko modern dibuat dari bahan yang lebih nyaman serta desain baju yang kekinian sehingga para anak muda akan tampil lebih percaya diri. Bisnis fashion menguntungkan berupa baju koko dapat mendatangkan banyak keuntungan karena jumlah permintaan yang kian meningkat saat bulan puasa tiba sehingga bisa menjadi peluang bagi para pedagang untuk meraih keuntungan.

5. Celana dan Kemeja Pria
jual Celana dan Kemeja PriaUntuk mempersiapkan hari lebaran dan bersilaturahmi nantinya, maka para pria muslim akan mempersiapkan baju yang pantas untuk digunakan saat lebaran. Selain baju koko, kemeja merupakan salah satu fashion yang banyak dicari oleh para pria. Kemeja akan memberikan kesan yang rapi dan bisa dipadukan dengan berbagai celana atau bahkan sarung. Oleh karena itu saat menjelang lebaran bisnis fashion menguntungkan berupa kemeja selalu kebanjiran pesanan baik kemeja untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak. Meskipun model kemeja pria sebetulnya standar, namun motif-motif kemeja tersebut yang menjadi daya tarik para konsumen yang ingin tetap tampil gaya saat lebaran tiba.

Sebagai pasangan dari kemeja tentu saja Celana dan yang pas untuk pasangan kemeja adalah celana dasar. Untuk itu selain kemeja anda juga perlu menyediakan celana khusus pria sebab terkadang mereka ingin membeli pakaian lengkap dengan celananya. Anda bisa mencari celana model terbaru yang sedang tren sehingga mudah dijual. Selain celana dasar sediakan pula celana jeans karena tidak sedikit pula pria yang lebih senang menggunakan celana jeans ketimbang celana dasar sebagai pasangan dari kemeja.

6. Jual Peralatan Sholat
Bisnis perlengkapan sholatSelain pakaian peralatan sholat juga sangat menguntungkan di bulan ramadhan. Bisnis menjual peralatan sholat dapat menjadi pilihan bisnis anda. Sebab tidak hanya pakaian saja yang juga harus baru bagi sebagian orang seperti peralatan sholat seperti sajadah, kopia, mukena, dll. Anda bisa menjual peralatan sholat pada bulan ramadhan ini sebagai usaha sampingan di rumah. Biasanya menjelang lebaran ada cukup banyak masyarakat yang mencari peralatan untuk sholat guna di kenakan pada hari raya idul fitri nanti.

Itulah penjelasan mengenai 6 bisnis fashion menguntungkan bulan puasa dan menjelang lebaran. Penjelasan di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin mencoba bisnis fashion menguntungkan di bulan puasa dan menjelang lebaran. Akan tetapi Anda juga harus selalu mengikuti perkembangan fashion agar bisnis yang Anda jalankan nantinya dapat memenuhi keinginan konsumen. Baca juga: Bisnis Makanan yang laris di Bulan Puasa

Tips Menjalankan Bisnis Fashion Pada Bulan Puasa

Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis di bidang fashion pada bulan puasa. ada beberapa tips agar bisnis fashion yang anda jalankan menguntungkan.

1. Siapkan Modal
Hal pertama yang perlu anda siapkan tentu saja modal berupa uang. Dengan adanya modal yang cukup maka anda dapat memilih bisnis yang terbaik dan juga menguntungkan.

2. Cari tempat yang Strategis
Agar usaha anda mudah diketahui banyak orang maka anda perlu mencari tempat strategis sebagai lokasi berjualan. Jika lokasi usaha anda strategis maka jualan anda akan mudah terlihat dan dikunjungi banyak orang. Anda bisa berjualan ditempat-tempat yang ramai seperti pasar atau mall. Atau bisa juga dengan menyewa ruko dipinggir jalan yang memang ramai dilalui pengendara.

3. Tentukan jenis usaha
Anda perlu menentukan jenis usaha yang akan dijalankan tentunya dengan melihat situasi. Misalnya pada bulan puasa ini anda bisa berjualan pakaian muslim yang sedang menjadi tren fashion masyarakat muslim di Indonesia.

4. Memilih Model Pakaian
Anda perlu mencari informasi baik di koran, internet maupun media lainnya untuk melihat pakaian yang sedang trend di masyarakat. Hal ini penting karena jika anda menjual pakaian yang sedang tren maka usaha anda akan ramai dan jualan anda cepat laku.

5. Tentukan target konsumen anda
Menentukan target konsumen sangat penting agar produk anda mudal laku. Jika anda menargetkan konsumen menengah kebawah jualah pakaian dengan harga yang tidak terlalu mahal. sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat lapisan menengah kebawah. Namun, anda perlu juga menyediakan sedikit produk yang berkualitas tinggi dengan harga mahal karena terkadang ada beberapa orang yang menginginkan pakaian yang bagus dan mahal.

6. Promosi
Terakhir promosikan usaha anda agar bisa diketahui oleh banyak orang. Anda bisa memulainya dari keluarga, sahabat, tetangga dan rekan kerja. Anda juga bisa mempromosikan usaha anda dengan menyebarkan brosur, iklan di koran, atau iklan di media sosial seperti facebook. Media sosial merupakan tempat yang bagus untuk promosi karena sebagian besar masyarakat sekarang menggunakan media sosial.

7. Promo Diskon
Untuk lebih mudah dalam menarik konsumen anda bisa memberikan promo berupa diskon kepada konsumen. Misalnya dengan membeli 5 potong pakaian akan diberikan diskon 10% atau 15%. Hal biasanya efektif dalam menarik konsumen untuk berbelanja ke toko anda.

Itulah beberapa tips bisnis fashion yang bisa anda coba dalam menjalankan usaha di bulan puasa yang penuh berkah ini. Demikianlah semoga informasi singkat ini bermanfaat bagi anda yang ingin menjadi pebisnis. Salam sukses.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: