6 Peluang Usaha Di Bidang Otomotif yang Menguntungkan


Usaha Bidang Otomotif – Siapa yang tidak memiliki sepeda motor atau mobil dewasa ini? Rata-rata sebagian besar orang telah memiliki kendaraan pribadi tersebut. Tak pelak setiap tahun muncul varian sepeda motor atau mobil terbaru demi memuaskan dahaga para pecinta otomotif selain menggali omset pendapatan yang menggiurkan. Tentu tak patut jika anda hanya sukses menjadi penonton dan memilih tidak terjun langsung ke bisnis otomotif menguntungkan ini.

6 Peluang Usaha Di Bidang Otomotif yang Menguntungkan

Melihat banyaknya penggunakan kendaraan seperti mobil dan motor membuat usaha di bidang otomotif cukup menjanjikan dan menguntungkan. Apalagi buat kamu yang memiliki pengalaman dan keahlian di bidang otomotif tentu akan lebih mudah dalam mengembangkan bisnis ini. Namun, membuka usaha atau bisnis otomotif bukanlah tanpa kendala, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar usaha yang dijalankan berkembang dan sukses. Untuk itu simak dan baca sampai habis jika anda tertarik untuk terjun ke bisnis otomotif.

Kendala Usaha Bisnis Otomotif Menguntungkan dan Solusi Jitu Mengatasinya

Tidak semua keinginan atau rencana bisnis yang telah disusun secara matang akan berjalan secara sempurna. Tentu banyak sekali hambatan atau kendala yang mungkin mengganggu proses kesuksesan usaha tersebut. Berikut beberapa kendala yang kerap melanda usaha otomotif baru serta cara sukses bisnis otomotif untuk mengatasi semua permasalahan yang ada.

  • Nama tidak dikenal
    Membangun brand memang sulit, namun lebih sulit lagi mempertahankan citra baik yang telah dibangun dari nol. Oleh sebab itu, anda tidak boleh menyerah jika nama usaha otomotif anda belum dikenal khalayak luas. Cara sukses bisnis otomotif adalah rajin mempromosikan nama bengkel atau usaha anda lewat offline baik selebaran, menjalin relasi dan juga promosi online.
  • Servis diragukan dan kebanyakan pelanggan memiliki bengkel favorit
    Ya, memang segala sesuatu yang didapatkan tidak semudah membalik telapak tangan termasuk usaha bengkel atau usaha otomotif anda yang lain. Terkadang anda pun harus menerima jika pelanggan membandingkan dengan bengkel lain. Lecutan seperti ini harus anda ambil secara positif agar meningkatkan kualitas serta memberikan pelayanan yang baik. Bentuk pelayanan ramah misal pelanggan mendapatkan secangkir coffe latte selama menunggu proses servis selesai bisa menjadi poin utama menggaet hati pelanggan. Anda pun akan mendapatkan pengaruhnya saat pelanggan tersebut mengisahkan kepuasannya pada orang lain.
  • Pelanggan meminta harga yang murah
    Nah, masalah ini memang kerap terjadi saat pelanggan meminta harga yang murah. Anda wajib mempertimbangkan pemberian diskon saat awal buka usaha. Hal ini bisa dianggap sebagai strategi pemasaran yang baik sebagai launching bisnis otomotif menguntungkan milik anda. Setelah pelanggan mengetahui kinerja dan hasil servis anda, maka mereka bisa kembali lagi suatu saat nanti meski tak ada lagi promosi.
  • SDM yang masih kurang profesional
    Bisnis otomotif baru jelas saja jika memiliki karyawan yang masih belum terlatih, maka cara menanggulangi hal tersebut adalah memberikan training singkat mengenai pentingnya servis dan pelayanan. Anda pun wajib mempekerjakan satu orang senior terlatih untuk membimbing para junior agar semakin berpengalaman dan profesional. Tak ada salahnya pula jika anda berani memberikan gaji yang sepadan atau bonus yang besar jika target pendapatan berhasil didapatkan. Ingat bahwa kesuksesan bisnis otomotif menguntungkan tidak hanya dipengaruhi oleh servis, namun juga loyalitas para tenaga kerja anda.

Beberapa masalah tersebut memang seringkali mengganggu pelaku usaha yang masih baru atau pemula. Namun bukan berarti tak ada solusi menangani semua kendala yang ada agar bisnis otomotif yang anda geluti berjalan lancar. Cara sukses bisnis otomotif tergantung pada keseriusan anda menangkap peluang usaha otomotif terbaru dan terus memantau perkembangan otomotif terbaru agar tidak ketinggalan jaman dan mampu bersaing dengan para kompetitor lain.

Tips Meningkatkan Omset Usaha Otomotif

Setelah mengetahui kendala dan solusi menangani semua permasalahan usaha di bidang otomotif, maka sebaiknya anda menjalankan beberapa tips yang bisa meningkatkan omset berikut ini.

  1. Memberikan kualitas terbaik
    Kualitas membangun usaha memang benar adanya selain pelayanan yang maksimal. Anda pun bisa menciptakan inovasi terbaru tanpa mengurangi kualitas yang ada seperti jasa servis bengkel delivery ibarat menjemput bola. Anda bisa memberikan pelayanan maksimal pada pelanggan dengan cara datang langsung ke rumah pelanggan. Hal ini bisa menjadi poin plus apalagi jika pelanggan anda adalah tipe orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berkunjung ke bengkel.
  2. Menjaga keuangan tetap seimbang
    Meski usaha anda sudah besar dan masih bisa diatasi dengan beberapa karyawan, maka sebaiknya jangan memaksa untuk mengambil karyawan lagi. Hal ini sebagai antisipasi jika salah satu karyawan banyak menganggur dan akan membuat keuangan anda menjerit.
  3. Negosiasi dengan suplier yang baik
    Salah satu hal yang akan membuat bisnis otomotif menguntungkan adalah kemampuan negosiasi dengan suplier yang baik seperti pengadaan spare part atau hal lain.
  4. Jangkau semua segmen
    Pelajari karakter semua pelanggan sehingga bisnis anda bisa menjangkau semua pelanggan dari berbagai usia baik muda atau dewasa. Manfaatkan semua peluang usaha otomotif terbaru agar jangkauan pasar anda semakin luas.

6 Peluang Usaha Otomotif Terbaru Yang Menjanjikan 2017

Berikut ini, kami berikan ulasan terkait 6 peluang usaha otomotif terbaru yang bisa memberikan keuntungan signifikan dengan modal awal yang relatif kecil.

1. Membuka bengkel servis motor atau mobil

Semua orang yang memiliki motor atau mobil tentu sangat membutuhkan keberadaan bengkel servis motor dan mobil jika mengalami kerusakan tertentu. Bengkel servis motor atau mobil terbukti terus bertahan bahkan semakin berkembang.

2. Jasa travel atau rental mobil

Ya, menyewakan mobil bisa menjadi salah satu peluang usaha otomotif terbaru yang terus menancapkan taring. Mobil pribadi banyak dipilih untuk melakukan perjalanan karena dianggap lebih nyaman saat perjalanan jauh dibanding dengan angkutan umum. Asal anda memperhatikan perawatan dan kenyamanan pelanggan, maka jasa travel mobil bisa menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Baca: Peluang Bisnis Rental Mobil

3. Membuka bisnis cuci mobil atau motor

Bisnis ini memang bisa dikatakan membutuhkan modal tak begitu besar, namun bisa menghasilkan banyak uang. Kotoran seperti debu atau cipratan lumpur saat hujan tentu membuat pemilik kendaraan merasa tidak nyaman sehingga keberadaan bengkel cuci mobil atau motor sangat diperlukan. Cuci motor atau mobil salju pun menjadi primadona kebanyakan orang. Baca: Bisnis Jasa Cuci Mobil dan Motor

4. Menjual spare part atau aksesoris mobil atau motor

Bisa jadi bisnis otomotif menguntungkan seperti bengkel mobil atau motor bergandengan erat dengan spare part. Penjualan aksesoris mobil atau motor pun bisa juga dilakukan meski anda tidak memiliki usaha bengkel servis mobil motor. Sistem penjualan pun bisa dilakukan secara offline atau online sebab semua orang saat ini pun telah memanfaatkan perkembangan teknologi seperti internet untuk melakukan transaksi jual beli. Baca juga: Bisnis Perlengkapan Kendaraan

5. Tambal ban dan pompa angin

Mungkin memang terdengar sangat sederhana bahkan diremehkan sebagian besar orang. Namun, tambal ban dan pompa angin motor atau mobil bisa menjadi ladang usaha yang paling menguntungkan sebab modal yang dikeluarkan tidak begitu besar. Keuntungan yang didapat bisa maksimal asa anda memang jeli mengambil peluang termasuk memilih lokasi yang strategis.

6. Jual Beli Mobil Bekas

Bisnis otomotif yang memberikan keuntungan yang menggirukan juga adalah usaha jual beli mobil bekas. Usaha ini sangat menjanjikan dan keuntungannya juga besar. Apalagi peminat mobil second cukup tinggi meskipun banyak terdapat mobil keluaran terbaru dipasaran. Jika anda tertarik dengan usaha ini Baca artikel tentang Peluang bisnis jual beli mobil bekas

Kini, anda telah memiliki pengetahuan dasar dan informasi penting mengembangkan prospek bisnis usaha di bidang otomatif yang menguntungkan. Menerapkan secara konsisten dan disiplin adalah salah satu kunci mendapatkan kesuksesan bisnis otomotif menguntungkan.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: