7 Contoh peluang bisnis sampingan Yang Cocok untuk Guru


Apakah anda berprofesi sebagai Guru? Jika ya, maka anda patut bersyukur memiliki pekerjaan yang sangat mulia, karena setiap hari mulai dari senin sampai sabtu memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa-siswa dengan cara membimbing, mengajar, melatih, mengarahkan dan mendidik mereka agar menjadi orang yang pintar sehingga bisa berguna bagi keluarga, agama, bangsa dan negara. Pekerjaan sebagai guru memang cukup melelahkan, setiap hari harus melakukan kegiatan mengajar. tapi sayang gaji yang di dapatkan terkadang tidak sebanding dengan rasa lelah seorang guru dalam mengajar, terutama bagi guru honorer.

7 Contoh peluang bisnis sampingan Yang Cocok untuk Guru

Mungkin anda pernah membaca di surat kabar dan di media online tentang gaji honorer yang sangat kecil disekolah-sekolah negeri yang hanya berkisar Rp300 ribu per bulan dan bahkan ada yang hanya di gaji Rp100 ribu per bulan. Sangat menyedihkan memang, tapi mereka setidaknya masih bisa bersyukur bermanfaat bagi banyak orang. Lalu, apakah seorang guru harus terus menerus berkutat dengan gaji segitu? tentu tidak bukan, ada banyak peluang dan cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan salah satunya dengan berbisnis.

Membuka usaha atau bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk para guru. bisnis sampingan merupakan pilihan tepat dan terbaik untuk guru, selain modal bisnis sampingan tidak terlalu besar, waktu luang yang dimiliki oleh guru lebih banyak dibandingkan para karyawan kantoran. Guru biasanya bekerja dari pagi hingga siang hari, sedangkan karyawan kantoran dari pagi hingga sore dan kalau lembur bisa sampai malam hari. dengan waktu luang yang dimiliki tersebut tentunya tidak akan menganggu kegiatan mengajar siswa disekolah.

Artikel lain: Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan

7 Peluang Bisnis Sampingan Untuk Guru

Apabila anda bingung dan sulit menentukan pilihan peluang bisnis sampingan apa yang tepat untuk dijalankan dibawah ini ada beberapa contoh bisnis sampingan modal kecil yang menjanjikan sehingga patut dipertimbangkan bagi yang profesinya seorang Guru :

1. Les Privat Mata Pelajaran

Kegiatan belajar-mengajar sudah tidak asing lagi bagi seorang guru. karena itu bisnis sampingan Les privat Mata Pelajaran sangat cocok bagi yang profesi guru yang pendapatannya kecil. Dalam menjalankan usaha ini anda bisa mengajarkan lebih dari satu mata pelajaran jika anda menguasai beberapa mata pelajaran misalnya, Bahasa Indonesia, Matematika, dan lain sebagainya.

Anda bisa membuka usaha sampingan Les privat mata pelajaran di rumah sendiri dengan memanfaatkan halaman depan atau ruang tamu rumah. Terlebih kalau di rumah anda terdapat ruang kosong yang cukup luas, ini tentu sangat pas. atau jika memang tidak memiliki tempat anda bisa membuka les privat di rumah murid. Pekerjaan ini tentu tidak akan mengganggu kegiatan mengajar di sekolah sebab biasanya dilakukan pada sore atau malam hari selama 1 atau 2 jam.

2. Kursus Bahasa Asing

Pengaruh Modernisasi dan Globalisasi membuat bisnis kursus bahasa Asing memiliki peluang dan prospek usaha yang sangat bagus. Terlebih saat ini kebutuhan akan kemampuan berbahasa asing meningkat tajam. Banyak orang mengikuti kursus agar lebih cepat dan lebih fasih berbahasa asing. peluang bagus ini bisa menjadi usaha sampingan bagi Guru.

Kursus bahasa asing sebenarnya hampir mirip dengan Les privat mata pelajaran. Dalam menjalankannya bisa dilakukan dengan murid perorangan dimana pengajar di panggir kerumah atau perkelompok dengan membuat tempat kursus di rumah dan murid yang datang. Spesialisasi bahasa dan kemampuan mengajarkan bahasa sangat diperlukan agar siswa menguasai bahasa yang ingin dikuasai. bahkan kursus bahasa tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang sedang menempuh pendidikan saja, tapi juga mereka yang sudah selesai pendidikan tapi ingin melamar kerja di luar negeri juga banyak yang kursus bahasa asing, misalnya Kursus Bahasa Korea dan Jepang.

3. Menjadi Penulis

Profesi sebagai penulis bisa dijadikan bisnis sampingan yang mampu memberikan pemasukan yang cukup besar jika tahu caranya. Ada banyak waktu luang yang tersisa di sela kesibukan mengajar sebagai seorang guru. Waktu luang tersebut bisa kita manfaatkan untuk membuat berbagai karya tulis. Kemudian mengirimkannya ke berbagai media massa, dan jika tulisan kita di muat di media tersebut maka akan mendapatkan honor.

Selain itu anda juga bisa juga membuka usaha sampingan jasa penulis artikel atau content writter bagi para blogger. Banyak para blogger yang tidak bisa membuat artikel yang bagus atau tidak sempat membuat artikel karena kesibukan mereka memanfaatkan jasa penulis artikel untuk mengupdate blog mereka. Bisnis ini cukup menjanjikan terlebih jika anda memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik karena artikel bahasa inggris lebih mahal. Peluang bisnis sampingan jasa penulis artikel sangat menjanjikan untuk guru yang memiliki kemampuan menulis yang baik dan berkualitas.

4. Penyewaan Buku

Banyak masyarakat gemar membaca buku, namun harga buku yang mahal membuat kegemaran mereka menjadi terhalang. Ini merupakan peluang menjanjikan untuk guru yang ingin membuka bisnis sampingan modal kecil di rumah. Kita bisa memberikan fasilitas atau kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan bacaan yang mereka sukai dengan baiaya sewa yang murah.

Anda bisa memanfaatkan ruang kosong di rumah sebagai tempat membaca atau bisa juga halaman rumah dengan menyediakan buku-buku pelajaran, komik, novel dan buku nonfiksi. Cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan buku dalam jumlah banyak dan harga murah yakni dengan memanfaatkan koleksi bkuku-buku sendiri, meminta buku teman atau keluarga yang tidak dipakai lagi dan membeli buku bekas dari pasar buku.

5. Peluang Bisnis Bimbel Online

Bimbel selama ini dilakukan secara offline dimana siswa datang ketempat Bimbel untuk belajar. Namun di era Digital yang serba canggih dewasa ini Bimbingan belajar bisa dilakukan dengan mudah secara online. Bimbel online bagi para siswa yang ingin belajar lebih praktis, lebih nyaman, lebih aman, lebih murah dan tanpa batas namun tetap bermutu.

Peluang bisnis bimbel online bisa menjadi solusi bagi guru yang ingin memperoleh penghasilan tambahan. usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, tidak membutuhkan temapt serta belajar juga lebih praktis tanpa dibatasi ruang dan waktu. selengkapnya Bisnis Bimbel Online

6. Jasa Pengetikan dan Print

Masih banyak masyarakat yang belum memiliki komputer di rumah sehingga kebutuhan akan pengetikan dan print masih sangat tinggi. Selain itu kesibukan yang dimiliki banyak orang membuat peluang bisnis ini cukup menjanjikan. Terutama jika anda tinggal di sekitar sekolah, kampus dan Instansi pemerintahan.

Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh seorang guru yang ingin menambah penghasilan terutama bagi seorang guru bahasa inggris, tarif jasa pengetikan dalam bahasa inggris lebih mahal ketimbang bahasa Indonesia karena memang tidak semua orang bisa berbahasa inggris.

7. Menjadi Blogger Profesional

Mungkin anda pernah mendengar istilah tentang bisnis online atau blogger? Yes, Blogger adalah orang yang memiliki website atau blog dimana ketika ada orang yang memasang iklan pada blog tersebut maka sang pemiliki blog akan mendapatkan bayaran. Menjadi seorang blogger memang menyenangkan selain bisa berbagi informasi dengan banyak orang juga bisa mendulang rupiah.

Anda yang berprofesi sebagai guru pun bisa menjadi seorang blogger dengan belajar secara bertahap. ada banyak tempat untuk belajar menjadi seorang blogger profesional serta banyak juga peluang bisnis yang bisa anda ambil nantinya ketika anda sudah paham mengenai dunia bisnis online. salah satu contoh peluang bisnis online yaitu Bisnis Affiliate Marketing

Itulah 7 contoh peluang bisnis sampingan yang cocok untuk guru yang mudah dilakukan tanpa modal besar serta tidak akan menganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bagaimana apakah anda masih tetap ingin bertahan dengan gaji yang kecil atau ingin membuka usaha sampingan untuk menambah penghasilan? semoga informasi singkat ini bisa menjadi refrensi bagi para guru menemukan bisnis yang cocok.

Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: