7 Peluang Bisnis yang Lagi Trend Buat Anak Muda Sekarang


Peluang Bisnis buat anak muda – Ada berbagai macam kasus negatif yang sering melanda anak muda sekarang ini seperti pergaulan bebas dan lain sebagainya. Namun, bukan berarti semua anak muda telah kehilangan semangat berkarya dan membangun bisnis usia muda. Anda tentu masih ingat mengenai trend bisnis anak muda yang menghasilkan omzet ratusan juta. Sebut saja Keisha Deisra yang sukses dengan bisnis sejak usia 17 tahun atau Dea Valencia yang memulai bisnis Batik Kultur sejak berusia 15 tahun.

7 Peluang Bisnis yang Lagi Trend Buat Anak Muda Sekarang

Hadirnya para pengusaha muda sukses bisa menjadi inspirasi buat anak muda lainnya untuk menggeluti dunia bisnis dan Mungkin anda pun tertarik membangun usaha sejak usia belasan tahun seperti mereka yang membangun bisnis usia muda? Jika iya, ketahui dulu manfaat membangun bisnis sejak usia belia berikut ini.

Manfaat Membangun Bisnis Usia Muda Yang Perlu Diketahui

Banyak sekali keuntungan atau manfaat yang bisa anda dapatkan jika memiliki keinginan untuk membangun bisnis usia muda. Usia muda jelas bukan halangan untuk bersantai mengingat pergerakan arus persaingan yang semakin pesat. Di era modern, seseorang dituntut memiliki keterampilan dan kreativitas tinggi untuk menjadikan diri sendiri menjadi lebih baik dibanding anak muda lain.

Berikut ini beberapa manfaat membangun bisnis usia muda yang mungkin perlu anda ketahui sebagai bahan referensi sebelum berniat membuka usaha baru.:

  • 1. Memiliki kesempatan dan belajar dari banyak kegagalan
    Jelas tak ada usaha sukses yang instan termasuk membangun bisnis usia muda. Setidaknya usia muda membuat semangat seseorang tak lekang untuk terus belajar dan memahami mengenai suatu bisnis. Kegagalan jelas tidak menghambat anak muda untuk mencoba kembali. Dengan usia yang relatif belia, semangat dan kondisi fisik prima membuat anak muda memiliki banyak kesempatan untuk terus berkembang.
  • 2. Memahami teknologi lebih jauh
    Teknologi merupakan salah satu sarana terbaik untuk melakukan ekspansi bisnis saat ini. Youtube, akun sosial, website merupakan kunci bagi seorang pebisnis yang hendak menekuni jual beli online. Apalagi market online sangat terbuka lebar bagi anda untuk membangun bisnis usia muda. Anak muda lebih cepat memahami teknologi dibanding para orangtua. Setidaknya anda memiliki poin plus dibanding mencoba membangun bisnis kala usia telah matang.
  • 3. Mengenal trend lebih baik
    Jika para pengusaha usia tua harus mengamati lebih jeli mengenai trend yang sedang digandrungi, maka anak muda bisa langsung mengetahuinya. Anak muda lebih tahu mengenai trend yang sedang digandrungi saat ini. Apalagi jika target market adalah kalangan anak muda juga. Memahami trend jelas memberikan pengaruh positif untuk menciptakan sebuah inovasi usaha yang tidak ketinggalan jaman.
  • 4. Membangun komunikasi dan relasi lebih luas
    Jika anda berani membangun bisnis usia muda, maka berarti anda membangun aset yang sangat berharga yakni komunikasi dengan para relasi anda. Komunikasi dan relasi yang baik bakal membantu anda saat hendak memasarkan produk atau hasil karya. Adanya relasi akan membantu sistem promosi anda secara tidak langsung bahkan bisa meningkatkan omzet anda per bulan.
  • 5. Menciptakan lapangan kerja
    Anda masih kuliah, namun sudah bisa membangun bisnis usia muda yang menguntungkan merupakan salah satu hal yang patut diacungi jempol. Setidaknya anda adalah generasi penerus bangsa yang berprestasi karena membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran. Jika teman-teman lain sibuk bekerja, anda menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Lebih bermanfaat, bukan?

Nah, beberapa manfaat yang dijabarkan tersebut mungkin bisa memberikan informasi serta inspirasi berharga bagi anda yang memiliki keinginan membangun bisnis usia muda. Usia belia jelas bukan sebuah halangan untuk meraih kesuksesan yang selama ini banyak diimpikan semua orang.

7 Macam Jenis Bisnis Yang Sedang Trend Di Kalangan Anak Muda

Jika anda sudah yakin untuk membangun bisnis usia muda, maka beberapa info jenis usaha yang sedang trend di kalangan anak muda berikut bisa anda jadikan referensi.

1. Coffee shop

Coffee shop menjadi salah satu bisnis yang kerap dilirik anak muda karena selalu memiliki penggemar. Salah satu kelebihan coffee shop sebagai tempat nongkrong terbaik dengan fasilitas wifi gratis, varian menu baru hingga dekorasi tempat yang instagramable menjadi alasan bisnis ini terus berkembang pesat. Bisnis Coffee shop begitu menjanjikan sekarang ini dan mampu menghasilkan ombset hingga puluhan juta rupiah per bula, asalkan anda tahu bagaimana cara mengelolah dan mengembangkannya.

2. Bisnis kuliner

Bisnis yang tidak pernah mati adalah bisnis kuliner memang benar adanya. Produk kuliner yang sempat ngetrend beberapa saat lalu adalah produk kuliner khas daerah. Anda bisa juga mencoba mengkreasikan makanan khas di daerah tempat tinggal dengan aneka macam inovasi terbaru. Tinggal pajang di Instagram atau akun media social, maka anda bakal menjadi pengusaha kuliner kondang. Namun, tetap perhatikan cita rasa yang diberikan sebab testimoni pelanggan media sosial sangat berpengaruh besar. Baca juga: Peluang Usaha Kuliner yang Memiliki Prospek Cerah

3. Open trip

Beberapa saat lalu, jasa pelayanan open trip terus mencuat ke permukaan seiring banyaknya permintaan travelling. Anak muda yang kreatif melihat celah tersebut dengan membangun bisnis open trip yang melayani permintaan jalan-jalan ke destinasi wisata tertentu dengan fee tertentu pula. Bagi para traveller, jelas bisnis ini adalah bisnis yang bakal berkembang pesat nantinya.

4. Event organizer

Anda mungkin pernah mendengar nama Putri Tanjung yang meraih omzet hingga puluhan juta rupiah dari bisnis event organizer yang dikelolanya. Membentuk sebuah tim yang solid lalu mempromosikan bisnis event organizer bisa menjadi salah satu langkah anda membangun bisnis usia muda. Banyak sekali event yang bisa menggunakan jasa anda seperti pernikahan, pesta ulang tahun anak, party atau acara syukuran lain.

5. Fashion designer

Trend fashion di kalangan anak muda memang terus berubah seiring perkembangan jaman. Tak heran jika bisnis atau usaha di bidang fashion designer kerap dilirik anak muda. Jika anda pecinta fashion dan aksesori, maka jenis bisnis ini bisa mengembangkan hobi sekaligus memberi keuntungan. Anda bisa membuka usaha clothing line sendiri serta menyebarkan style anda yang mungkin bakal diminati masyarakat. Sekarang ini tidak sedikit anak muda yang berbisnis di dunia fashion karena keuntungannya yang memang cukup menggiurkan. Salah satu contoh pengusaha muda sukses di dunia fashion designer adalah Dea Valencia yang sukses bisnis batik kultur.

6. Software developer

Segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi akan terus memunculkan minat apalagi perkembangan teknologi yang kian maju. Jika anda memiliki ilmu programming, maka tak ada salahnya membangun bisnis anak muda sebagai independent software developer. Pundi-pundi uang pun bakal mengalir ke kantong anda. Bisnis satu ini memang cukup menjanjikan untuk dijalankan oleh anak muda, namun tentu saja anda harus memiliki keahlian dibidang programming khususnya pembuatan software. Di zaman sekarang ini keahlian memang sangat dituntut jika ingin sukses, tidak hanya didunia bisnis tetapi juga didunia kerja.

7. Usaha Jasa Laundry tas dan sepatu

Paling malas kalau disuruh mencuci tas atau sepatu, maka jasa laundry menjadi pilihan yang menarik. Jika beberapa tahun terakhir, semua orang fokus melirik jasa laundry pakaian saja, maka anak muda kreatif menciptakan jasa laundry tas dan sepatu. Pertimbangan yang utama adalah belum ada kompetitor yang melirik bisnis ini sehingga kemungkinan keuntungan semakin besar. Lagi pula, jasa ini begitu diminati kalangan anak muda yang indekos atau karyawan yang sibuk dan malas untuk mencuci sepatu sendiri.

Beberapa referensi usaha yang sedang trend di kalangan anak muda tersebut mungkin menarik minat anda untuk membangun bisnis sendiri. Membangun bisnis usia muda jelas akan memberikan dampak positif bagi kehidupan anda selanjutnya. Jika anda mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, kenapa tidak?

Demikianlah informasi mengenai 7 peluang bisnis yang lagi trend buat anak muda sekarang. Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi baru buat anda pemuda dan pemudi untuk menciptkan ide bisnis baru yang lebih menjanjikan.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: