7 Trik Membangkitkan Geliat Usaha Waralaba yang Sedang Lesu


Usaha Waralaba atau Franchise merupakan bisnis dengan sistem kerjasama kemitraan yang dilakukan para pelaku usaha. Dengan sitem waralaba pelaku usaha dapat mengembangkan usaha mereka ke berbagai kota atau daerah sehingga lebih cepat dikenal luas oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri banyak yang menjalankan usaha dengan sitem waralaba terutama usaha di bidang kuliner. Anda dapat melihat gerai-gerai usaha makanan di berbagai pusat keramaian.

tips membangkitkan usaha waralaba

Dalam dunia bisnis adakalahnya terjadi pasang surut terutama disaat kondisi ekonomi sedang tidak stabil. Pasang surutnya usaha adalah hal yang lumrah. Apalagi usaha tersebut adalah usaha makanan dan minuman yang begitu cepat berubah. Hal ini tak lepas dari terus bermunculan pelaku usaha baru yang menawarkan berbagai jenis makanan maupun minuman yang variatif. Tentu hal ini menarik konsumen yang juga adalah konsumen anda sebelumnya. Tak dipungkiri bisnis makanan seperti jajanan terbilang bisnis yang punya siklus cepat bosan jika tidak ada inovasi dan kreasi seperti menghadirkan rasa baru, menu baru hingga produk baru. Perlu disadari bahwa jualan jajanan berbeda dengan usaha makanan pokok seperti ayam bakar dan makanan lainnya yang merupakan kebutuhan pokok.

Bisnis makanan jajanan bisa booming beberapa saat, dan ketertarikan konsumen mulai menurun ketika muncul usaha makanan jajanan baru. Nah, seiring menurunnya ketertarikan konsumen yang membuat usaha mulai lesu dan pudar diperlukan strategi agar bisa membangkitkannya kembali. Dibawah ini kami berikan 7 trik membangkitkan geliat usaha waralaba yang sedang lesu menurut Ir. Achsan Permas, MBA sebagaimana dikutip dari Tabloid Peluang Usaha.

1. Lakukan Strategi Marketing yang tepat
Salah satunya adalah dengan memberikan layanan pesan antar, memberikan potongan harga hingga jualan dengan cara berpindah-pindah misalnya keliling dari kompleks ke kompleks, dari sekolah ke sekolah dan seterusnya.

2. Tentukan Segmentasi Pasar yang akan dibidik
Sangat penting bagi anda untuk menentukan segmentasi pasar yang akan dibidik, sebab dengan jelasnya segemntasi pasar yang dituju, anda bisa tahu kemana anda akan jualan.

3. Jangan Menaikan Harga
Sebaiknya anda jangan menaikan harga, namun juga tidak menurunkan kualitas produk yang anda jual. Langkahnya adalah efesiensi dengan mengukur jumlah bahan baku yang bisa laku terjual sehingga menekan terbuangnya bahan baku jika tidak laku.

4. Melakukan Inovasi
Lakukan inovasi produk dengan menghadirkan berbagai macam produk, menu dan rasa baru. seperti yang kita ketahui banyak pelaku usaha menghadirkan menu baru, menggabungkan usaha makanan dan minuman hingga melakukan re-branding dengan mendesain ulang gerai (booth) agar nampak seperti usaha baru.

5. Menjual Makanan dan Minuman yang tengah diminati
Cari tahu jenis makanan dan minuman yang tengah diminati, caranya anda bisa melihat usaha apa yang tengah diminati atau tanyakan pada konsumen makanan dan minuman apa yang diinginkannya.

6. Jangan Sungkan Bertanya
Agar sukses anda harus terus belajar dan bertanya kepada ahlinya. Jangan sungkan untuk bertanya pada orang yang lebih mengerti tentang usaha. Anda bisa bertanya pada pelaku usaha yang telah lebih dulu sukses.

7. Duplikasikan pada Mitra
Apa yang anda lakukan sebaiknya duplikasi kepada mitra anda. Lakukan hal serupa pada usaha yang dijalankan mitra agar mitra anda juga bisa merasakan hasil yang sama.

Demikianlah beberapa trik membangkitkan geliat usaha waralaba yang sedang lesu. Segala sesuatu memang mudah diucapkan tapi tak banyak orang yang mau menjalankannya. terima kasih. Semoga Bermanfaat.

Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: