9 Tips Memilih dan Menentukan Merek Usaha Yang Baik


Tips memilih dan menentukan merek usaha yang baik kami share untuk anda pada jumpa kali agar dapat membantu rekan menentukan brand bisnis yang tepat. Memilih sebuah nama usaha yang akan dijalankan merupakan salah satu aspek yang cukup penting sehingga memerlukan perhatian dan prioritas yang serius. Kita tahu bahwa merek yang tepat dan menarik akan mampu menghipnotis jutaan orang terhadap produk yang kita jual. Mereka terkadang tidak peduli lagi dengan harga dan kualitasnya karena sudah jatu cinta setelah melihat merek usaha yang menggoda seperti nama bisnis yang satu ini ” tahu jeletot taisi“.

tips memilih merek usaha

Menentukan Brand Usaha yang tepat memang perlu

Mengapa memilih dan menentukan merek usaha yang baik itu perlu ? sebagaimana telah disebutkan diatas bahwa sebuah usaha yang menarik akan mampu menghipnotis para konsumen, maka dengan banyaknya konsumen yang tertarik akan membuat pemasaran bisnis anda menjadi lebih lancar sehingga penjualan menjadi meningkat. tidak mengherankan kalau beberapa pelaku bisnis rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk berkonsultasi dengan Brand Consultant hanya demi menentukan sebuah nama yang tepat untuk produk atau perusahaan mereka. Tujuannya tentu saja agar produk atau perusahaan tersebut bisa meraih kesuksesan.

Akan tetapi tidak sedikit pelaku usaha yang kurang memperhatikan hal ini, mungkin mereka belum memahami akan pentingnya merek atau nama ternama bisnis yang dijalankan. bisa juga mereka baru terjun ke dunia usaha sehingga masih awam terhadap aspek-aspek penting yang harus diperhatikan sebelum memulai sebuah bisnis.

Bagaimana Menentukan Merek Usaha Tepat dan Baik ?

Bagi anda yang bingung dalam menentukan merek usaha atau tidak cukup dana untuk menggunakan jasa Brand Consultant jangan khawatir. berikut ada 9 tips yang bisa anda lakukan dalam memilih merek dari usaha atau produk anda :

1. Memilih Merek yang mudah di ucapkan
Konsumen anda nantinya akan sangat beragam oleh sebab itu perlu disadarai bahwa tidak semua konsumen memiliki tingkat pengetahuan dan pendidikan yang sama, sehingga merek yang mudah dibaca oleh seorang konsumen belum tentu mudah dibaca oleh konsumen lainnya. Untuk merek yang mudah dibaca anda bisa menggunakan kata atau istilah yang berasal dari bahasa sehari-hari konsumen seperti “maju” “mawar”. atau menggunakan nama sesuai dengan bahasa daerah dimana produk tersebut dipasarkan. ini penting terutama untuk produk yang tidak terbatas.

2. Memilih Merek yang mudah diingat
Selain mudah dibaca pemilihan merek harus mudah diingat karenanya janganlah memakai merek yang rumit sehingga sulit diingat oleh konsumen gunakan nama yang simple mudah dibaca dan menarik sehingga konsumen tidak lupa.

3. Memilih Merek yang mudah dikenali
Mudah dikenali disini maksudnya konsumen mudah mengenali, menemukan dan membedakannya dengan produk sejenis. Apabila merek usaha anda mudah dikenali maka konsumen yang baru pertama kali ingin membeli dapat membedakannya. Cara agar mudah dikenali bisa dilakukan dengan penulisan huruf dan kata yang jelas, susunan huruf yang jelas, kombinasi dengan gambar yang jelas dan sesuai serta pemilihan warna yang tepat.

4. Memilih Desain Merek yang menarik
Desain yang menarik akan membuat produk anda lebih menonjol, mudah dikenali serta dapat menciptakan citra yang baik terhadap produk tersebut sehingga memiliki potensi yang lebih besar untuk dilihat dan dipilih oleh konsumen.

5. Merek Menampilkan Manfaat Produk
Memilih merek tidak hanya menariknya saja tetapi juga perlu disesuaikan dengan produk yang kita jual dengan menampilkan manfaatnya. Anda bisa menggunakan beberapa kata dalam menggambarkan manfaat produk seperti “segar” “hangat” dll. Walaupun tidak ada salahnya menggunakan nama binatang, nama keluarga dan anggota badan sebagai merek usaha.

6. Memilih Merek yang dapat menonjolkan citra perusahaan
Nama atau merek yang dipilih haruslah mencerminkan citra yang baik dengan menunjukan bahwa produk tersebut baik, layak untuk dikonsumsi, layak untuk dipilih dan dibeli. contohnya air mineral merek yang mereka gunakan memperlihatkan kepada konsumen bahwa perusahaan tersebut sangat mengutamakan kesehatan melalui produknya.

7. Merek Harus menonjolkan perbedaan terhadap produk sejenis
Bila produk dari usaha anda sudah sebelumnya maka merek yang dipakai sebaiknya menonjolkan perbedaan dengan produk sejenis lainnya. Anda bisa menggunakan serangkaian kata untuk menegaskan bahwa produk dengan merek tersebut berbeda dengan produk lainnya yang sejenis. Misalnya dengan memakai kata “no 1” “tiada duanya” atau “kami memang beda”.

8. Berpikir Panjang Sebelum menentukan nama
Pemilihan merek haruslah dilakukan dengan sungguh sungguh karena merek untuk keperluan jangka panjang (selamanya) bukan untuk usaha sehari dua hari, jadi anda perlu berpikir panjang sebelum memutuskannya. Kesalahan dalam pemilihan merek bisa menjadi salah satu penyebab kegagalan usaha.

9. Lindungi Merek Usaha
Agar merek usaha anda terlindungi daftarkan ke aparat pemerintah seperti HKI. Biaya pendaftaran untuk kalangan usaha kecil secara formal cukup besar kurang lebih Rp 650.000. dan untuk Persyaratan pendaftaran bisa anda lihat pada undang-undang Merek No. 15 tahun 2001.

Demikianlah penjelasan tentang tips memilih dan menentukan merek usaha yang baik pada jumpa ini. Sekali lagi nama usaha meskipun terlihat sepele sangatlah penting dan perlu diperhatikan secara serius. Kesalahan dalam memilih merek sebuah usaha bisa berpotensi menghambat pemasaran, bahkan berpotensi kegagalan dan bila anda tidak teliti bisa menimbulkan konflik dengan pelaku bisnis lainnya.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: