Bagaimana Memilih Usaha Waralaba Yang Tahan Lama


Banyak orang yang ingin memulai bisnis waralaba namun tak jarang diantara mereka terkadang bingung dalam menentukan dan memilih usaha waralaba yang tahan lama. Memang tidak mudah menentukan sebuah usaha yang bisa awet terus dalam jangka waktu yang panjang dibutuhkan kejelian, informasi yang cukup dan pandai melihat peluang yang ada. Bila anda memang memiliki jiwa bisnis dalam diri anda tentu dapat melakukannya sehingga jenis usaha yang dipilih sesuai dengan harapan.

Setiap pebisnis selalu berharap usahanya tahan lama, selalu laris dalam jangka panjang serta terus tumbuh dan berkembang dengan pesat. Namun dalam kenyataannya usaha juga memiliki suatu siklus dimana ada masa pengenalan, menuju puncak, stagnan dan akhirnya mengalami penurunan atau bahkan kemudian mati. Kita tentu berharap bisnis tidak menjadi layu tapi ingin terus tumbuh dan berkembang cepat. Karenanya kita harus melihat SOP yang ada dan juga mencoba terobosan baru dalam mengembangkannya walaupun usaha yang kita jalankan dalam bentuk waralaba.

memilih usaha waralaba yang tahan lama

Jika anda ingin membuka usaha kerja sama dalam bentuk waralaba

, berikut ini ada beberapa kiat atau tips dalam memilih usaha waralaba yang tahan lama atau berusia panjang:

Pertama pilih jenis bisnis yang mutlak dibutuhkan banyak orang sehingga orang susah hidup tanpa adanya usaha tersebut. Jenis usaha waralaba seperti ini biasanya untuk memenuhi kebutuhan primer. Contohnya makanan termasuk bisnis yang sangat dibutuhkan orang orang suka mencoba menu yang berbeda beda dan kalau enak mereka akan kembali lagi.

Kedua menentukan lokasi usaha anda memang harus bisa mencari lokasi usaha yang tepat dan strategis, sebab dengan lokasi yang tepat dan strategis omset bisnis anda juga akan meningkat. Misalnya bisnis rumah makan dengan lokasi sekolah atau kampus, ini tentu akan selalu laris karena banyak orang, apalagi jika tidak ada yang lain menjual makanan dikampus tersebut. Untuk itu kalau bisa pilihlah lokasi yang ramai namun minim pesaing sehingga usaha anda berkembang pesat.

Lalu bagaimana kalau dilokasi tersebut ada pesaing lain? Kalau dilokasi bisnis anda tersebut terdapat pesaing lain maka anda harus membuat pembeda, buat rumah makan atau kantin kita berbeda sehingga pelanggin lebih tertarik untuk datang. Anda bisa melakukannya dengan berbagai taktik misalnya dengan ada paket unik, menu makan yang bervariasi, boleh ambil nasi sepuasnya, serbu (serba sepuluh ribu) dsb. Pembeda memang diperlukan supaya banyak orang tertarik untuk mencoba usaha kita dibanding pesaing.

Ketiga Bina hubungan jangka panjang dengan pelanggan, agar bisnis bisa awet dan tahan lama tentu kita harus bisa menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Misalnya salah satu laundry yang diapartemen. Apa yang membuatnya laris? Pertama pebisnis ini pandai melihat peluang usaha, dia mengamati kalau kalau orang yang tinggal diapartemen sangat membutuhkan jasa cuci pakaian atau laundry karena mereka susah mencuci pakaian sendiri. Kedua dia membuka yang pertama kali sehingga berhasil mencuri start dibanding pesaingnya. Dan ketiga karyawannya ramah dengan para penghuni sehingga saat ada pesaing baru laundry yang buka, orang yang sudah dilayaninya enggan lagi berpindah karena pelayanan yang baik tersebut. Kemudian dia juga menciptakan hubungan jangkan panjang melalui kupon, dengan memberikan gratis satu kali laundry jika sudah terkumpul 10 buah kupon.

baca juga : tips memilih merek usaha

Sebenarnya ada banyak sekali jenis usaha waralaba yang bisa tahan lama terutama dikota besar seperti pendidikan untuk anak, bengkel AC, bengkel motor atau mobil, kursus keterampilan dan masih banyak lagi. Namun semua itu tentu harus dikombinasikan dengan layanan yang prima, lokasi yang tepat dan menjalin kedekatan dengan pelanggan.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: