Bisnis Rumahan Produksi Kerupuk: Menjanjikan atau Tidak?


Semua orang pasti tahu makanan kerupuk. Makanan ringan idola sejuta umat ini sangat digemari di Indonesia. Tidak hanya anak-anak namun juga para orang tua, baik di kota maupun di desa. Dan dengan tingginya minat masyarakat akan makanan ini, tidak mengherankan apabila kini terdapat banyak variasi makanan kerupuk tersedia di pasaran, mulai dari kerupuk ikan, asin, dan lain sebagainya. Dan dengan jumlah permintaan yang seakan tidak ada habisnya, tidak ada salahnya apabila anda mencoba bisnis rumahan produksi kerupuk. Melihat jumlah permintaan yang tidak sebanding dengan ketersediaan barang di pasaran, maka hampir bisa dipastikan bahwa bisnis kerupuk ini sangatlah menjanjikan.

bisnis rumahan produksi kerupuk

Berbeda dengan pandangan umum yang menganggap bahwa usaha produksi kerupuk sangatlah rumit dan membutuhkan pengalaman yang tinggi, faktanya memulai bisnis rumahan produksi kerupuk tidaklah begitu sulit dilakukan. Anda tidak perlu menunda memulai bisnis ini hanya untuk “memperkaya pengalaman” terlebih dahulu. Anda bisa menimba pengalaman sambal lalu menjalankan usaha tersebut. Sambil menyelam minum air. Namun tentunya jangan asal menyelam. Setidaknya anda perlu memahami terlebih dahulu serba-serbi bisnis ini mulai dari mencari bahan baku, pengolahan, pengemasan, dan penyaluran pasar. Ini penting untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. Selain itu memahami apa yang akan anda lakukan, akan membuat segalanya tampak lebih mudah dan cepat.

Berhubung ada banyak macam kerupuk yang ada di pasaran, kita ambil contoh salah satunya saja, yakni kerupuk ikan. Memulai bisnis rumahan produksi kerupuk ikan tidaklah berbeda banyak dengan produksi kerupuk lainnya. Satu hal yang pasti, sebelum anda memutuskan mencoba bisnis ini, harus anda pastikan akan ketersediaan bahan baku di daerah anda. Berhubung yang akan anda produksi adalah kerupuk ikan, maka barang tentu harus anda pastikan ketersediaan ikan yang notabene adalah bahan baku wajib produk anda. Jika tidak, mungkin anda bisa mencoba memproduksi jenis kerupuk lainnya yang disesuaikan dengan bahan baku tersedia di kota anda.

Bisnis rumahan produksi kerupuk bukanlah hal yang baru lagi. Bahkan industry kerupuk di Indonesia didominasi oleh jenis usaha rumahan. Oleh karenanya, anda tidak perlu merasa takut atau minder akan kalah bersaing dengan pabrik-pabrik besar. Salah satu keuntungan bisnis rumahan yang tidak dimiliki pabrik atau jenis usaha besar adalah modalnya yang bisa dibuat minim dan komunikasi dengan konsumen yang lebih terjaga. Dan faktanya, banyak konsumen yang lebih menyukai kerupuk produksi usaha rumahan dikarenakan harganya yang lebih bersahabat dan rasanya pun tak kalah enaknya. So, dengan semua fakta yang ada diatas, tak ada salahnya jika anda beralih mencoba bisnis rumahan makanan ringan produksi kerupuk di masa mendatang.

Keunggulan bisnis rumahan produksi kerupuk adalah bahwa anda bisa menjualnya dalam bentuk mentah maupun masak. Jika anda ingin lebih mudah, anda bisa menjualnya dalam bentuk mentah yang sudah dikemas dengan apik. Namun sangat disarankan untuk juga menyediakan produk jadinya alias yang sudah digoreng demi meningkatkan nilai harga di pasar. Selain itu, konsumen saat ini umumnya menginginkan sesuatu yang instan dan langsung makan. Namun kelemahannya adalah dengan digoreng maka daya tahan produk anda akan lebih singkat. Selain itu proses produksi menjadi semakin panjang dan rumit karena ditambah proses penggorengan. Namun itu semua terbayar dengan harganya yang bisa mendekati 2 kali lipat dari harga mentah. Dan apapun yang anda pilih, keputusan ada di tangan anda sebagai pelaku bisnis. Jadi, putuskan dengan bijak berdasarkan pertimbangan yang matang.

Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: