Bisnis Sampingan Isi Ulang Air Minum Galon


Bisnis sampingan Isi Ulang Air minum galon memang cukup menjanjikan dewasa ini, betapa tidak semakin sedikitnya sumber air bersih dan kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi akan air bersih untuk dikonsumsi sehari-hari membuat usaha depot air minum isi ulang mineral semakin marak. Selain itu lebih praktis bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu dimasak sehingga bisa menghemat penggunaan gas elpiji. Bisnis ini cukup menguntungkan dan cocok sebagai usaha sampingan di rumah sebab tidak memerlukan keahlian khusus untuk menjalankannya.

Bisnis Sampingan Isi Ulang Air Minum Galon

Air galon yang dihasilkan secara kualitas memang cukup terjaga karena air disuplai langsung pendistribusiannya dari mata air tertentu tergantung depaot isi ulang air minum tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah pemprosesan sesuai dengan prosedur mulai dari pembersihan botol galon, pengisian air mineral dan penyegelan dengan tutup yang telah tersedia. selanjutnya air mineral tersebut siap untuk dikonsumsi.

I. Memulai Bisnis Air Minum Isi Ulang

Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan, bila ingin merintis usaha ini antara lain :

1. Menyiapkan Lokasi Bisnis
Anda harus menyiapkan lokasi yang akan dijadikan depot isi ulang air minum dengan mencari tempat yang baik dan strategis untuk menjalankan bisnis air mineral seperti dilingkngan perumahan umum. Namun jika ingin menjadikannya sebagai usaha sampingan rumahan, anda bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha.

2. Membeli Mesin Isi Ulang Air Mineral
Anda bisa membeli mesin isi ulang air mineral dari agen atau distributor yang anda pilih. Untuk menekan modal awal dan sekaligus menguji peluang usaha di lokasi usaha anda jangan beli mesin yang terlalu mahal, pilihlah paket satu tabung terlebih dahulu. Jika bisnis anda sudah teruji dan modal sudah bertambah barulah kuantitas serta kualitasnya ditingkatkan dengan menggunakan alat pebersih kuman dan bakteri. Alat tersebut memang sangat mempengaruhi kualitas produksi air, tapi harganya tidak main-main, untuk mendapatkannya anda harus mengeluarkan modal sekitar Rp 40 juta.

3. Perawatan
Hal penting Lainnya yang harus dilakukan adalah perawatan yang meliputi pembersihan tepat usaha dan juga pembersihan mesin sehingga kebersihan dan kesehatannya juga terjaga.

II. Hambatan Bisnis Sampingan Isi Ulang Air Minum

Dalam menjalankan bisnis isi ulang air minum mineral terdapat beberapa kendala antara lain :

1. Kebersihan kurang terjaga sehingga terkesan kumuh, sehingga konsumen enggan membeli air minum isi ulang.

2. Kuantitas penjualan tidak diimbangi dengan perawatan peralatan, sehingga peralatan cepat rusak.

3. Sumber air yang dipilih berasal dari air tanah bukan dari mata air pegunungan.

4. Berlaku tidak jujur kepada pelanggan mengenai proses pengolahan bahan baku air hingga menjadi air yang layak diminum.

5. Mengabaikan kebersihan sebagai bagian dari kesehatan. terkadang ada depot isi ulang air minum yang tidak menjaga kebersihan sehingga kepercayaan konsumen berkurang.

III. Strategi Menjalankan Bisnis Isi Ulang Air Minum

1. Lakukanlah proses yang terbuka sehingga konsumen dapat melihat cara atau langkah-langkah pengisian air.

2. Tempat usaha dan penjualnya harus selalu rapi. Apabila depot anda terlihat rapi ditambah lagi kebersihannya juga terjaga maka konsumen akan senang membeli air mineral didepot anda.

3. Penjual harus ramah dan sopan kepada pelanggan. Dalam menjalankan usaha terutama bidang penjualan dan jasa pelayanan yang baik sangat penting, layanilah konsumen dengan sikap yang sopan dan juga ramah.

4. Ujilah kualitas air minum secara berkala (minimal 6 bulan sekali ke laboratorium kesehatan, kemudian pajanglah hasil laboratorium tersebut didepan outlet air mineral anda).

5. Jujur dan mau menerima saran maupun kritik dari pelanggan, demi perkembangan dan kemajuan usaha anda.

6. Berlakukan sistem antar jemput galon ke rumah konsumen. anda bisa merekrut satu orang untuk mencari konsumen ke rumah-rumah dan mengambil galon yang kosong kemudian setelah diisi diantar kembali.

Demikianlah ulasan mengenai bisnis isi ulang air minum, bagi anda yang ingin memiliki usaha sampingan di rumah, maka anda bisa mencoba membuka usaha ini. Keuntungannya lumayan besar bila anda bisa mendapatkan banyak konsumen dan menjaga kepercayaan mereka, setiap hari bisa lebih dari 20 galon bisa anda isi.

Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: