Bisnis Toko Helm dan Perlengkapan Berkendara Kini Semakin Cerah


Pengguna sepeda motor yang semakin banyak membuat bisnis toko helm dan perlengkapan berkendara lainnya menjadi semakin cerah. Selama kurun waktu 2 sampai 3 tahun belakangan ini jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia meningkat tajam tajam. Pada tahun 2013 Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengeluarkan data berhasil menjual 7,7 juta unit. Dan kalau kita lihat lihat di masyarakat hampir setiap rumah memiliki motor bahkan ada yang memiliki 2-4 unit.

Bisnis Helm dan Perlengkapan Berkendara

Tentunya ada beberapa alasan mengapa sepeda motor bisa membludak di tanah air, Selain sebagai alat transportasi yang lebih murah dan cepat, sepeda motor juga begitu mudah didapatkan dengan mengajukan kredit ke tempat penjualan sepeda motor. hasilnya bisa anda lihat sekarang motor tumpah ruah dan memadati jalanan terutama dikota-kota besar seperti Jakarta, yang mana jalanan dipenuhi oleh sepeda motor terutama dipagi hari saat orang berangkat kerja dan sore hari ketika orang pulang kerja. Saking padatnya ketika jam sibuk kendaraan tidak bisa melaju dengan kencang.

Mudahnya memiliki kendaraan seperti sepeda motor membuat kendaraan ini paling banyak di tanah air, bahkan kalau dirata-ratakan mungkin satu orang satu motor. Namun demikian jangan sampai melupakan keselamatan dengan menggunakan alat keamanan dalam berkendara seperti helm. apalagi peraturan tegas telah diberikan oleh pihak kepolisian untuk memakai helm standar baik pengguna maupun yang dibonceng.

Artikel lain : Peluang Usaha Jasa Penitipan Motor

Banyaknya pengendara dan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam berkendara membuat helm dan perlengkapan berkendara lainnya begitu dibutuhkan oleh masyarakat. Kebutuhan masyarakat yang tinggi memberikan peluang usaha yang cerah bagi bisnis toko helm dan perlengkapan berkendara lainnya. Meskipun sudah banyak pelaku usaha yang bergerak di bisnis ini namun pelaungnya tetap memiliki prospek cerah asalkan menggunakan strategi yang baik dalam menjalankannya.

Melihat prospek cerah dari peluang usaha ini tidakkah anda tertarik untuk membuka bisnis penjualan helm beserta perlengkapannya. jika pembaca yang budiman tertarik mari simak cara memulai dan strategi bisnis yang harus anda jalankan.

Cara Memulai Bisnis Toko Helm dan Perlengkapan Berkendara

Dalam merintis usaha ini, ada beberapa hal yang perlu disiapkan yaitu sebagai berikut :

1. Tentukan lokasi bisnis
Menentukan lokasi yang cocok dan strategis sangat penting agar usaha anda ramai pengunjung sehingga banyak pembeli. Untuk lokasi yang pas anda carilah tempat yang berada di pinggir jalan dan dekat dengan tempat keramaian misalnya dekat show room motor, atau bengkel-bengkel kendaraan bermotor.

2. Mencari Grosir Penjualan Helm
Cari informasi mengenai grosil penjualan helm melalui internet, majalah atau pun dari orang lain, carilah grosir helm yang memiliki harga cukup rendah sehingga toko anda bisa menjual helm dengan harga bersaing atau lebih rendah dari pesaing lainnya.

3. Pahami Tentang Helm
Anda harus memahami tentang seluk-beluk helm, jenis-jenis helm yang bagus dan banyak digunakan para pendara motor. selain itu anda juga harus memahami spesifikasi helm dan apa saja fungsinya sehingga bisa menjelaskannya kepada konsumen dengan baik.

4. Penataan Ruangan Yang baik
Tatahlah ruangan toko anda dengan baik, rapi dan jga menarik sehingga konsumen yang datang menjadi nyaman dan juga lebih mudah melihat barang-barang yang ada di toko anda.

5. Pastikan target market bisnis anda
Anda harus memastikan target market bisnis anda, hal ini untuk mengetahui jenis hel yang akan dikoleksi untuk dijual. Jika anda menarget para pengendara anak muda maka tentu anda harus update informasi untuk mengetahui helm yang sedang menjadi tren dikalangan anak mudah.

Beberapa Hambatan Bisnis

Hambatan merupakan bagian dari bisnis, ada beberapa hambatan yang mungkin terjadi ketika merintis usaha ini antara lain:

1. Munculnya pesaing bisnis yang menjual barang sejenis didekat lokasi bisnis anda.

2. Daya beli masyarakat yang menurun dan cenderung lebih memilih helm-helm yang biasa.

3. Tidak variatifnya barang-barang dijual. Konsumen terkadang datang tidak hanya ingin membeli satu barang saja tetapi juga mencari barang lain sehingga barang yang dijual harus variatif.

Strategi Menjalankan Bisnis Helm dan Perlengkapan Berkendara

Agar usaha dapat berkembang dan berjalan terus maka diperlukan strategi bisnis yang baik. berikut ini ada beberapa strategi bisnis helm dan perlengkapan berkendara yang dapat anda jalankan yaitu:

1. Koleksi helm-helm berdesain unik.
Para pengendara terutama kalangan muda biasanya lebih suka dengan helm yang unik dan juga menarik. untuk membuat banyak pembeli datang anda bisa mengoleksi helm dengan desain yang unik serta menarik.

2. Tambahkan variasi usaha anda dengan menjual perlengkapan berkendara yang lain misalnya sarung tangan, jas hujan, masker dan sepatu khusus pengendara motor.

3. Pembeli biasanya suka membandingkan harga untuk mencari harga yang lebih murah. karena itu anda harus mencari suplier yang bisa memberikan harga murah sehingga bisa mematok harga lebih murah dibandingkan dengan toko lain untuk barang dengan merek yang sama.

5. Pembeli adalah Raja karena itu agar konsumen anda tidak pergi dan belanja ditoko lain maka Berikan pelayanan yang baik dengan bersikap ramah kepada konsumen sehingga mereka senang belanja ditoko anda dan ingin beli ditoko anda lagi.

Demikianlah info Bisnis Toko Helm dan Perlengkapan Berkendara Kini Semakin Cerah meskipun banyak bermunculan usaha sejenis. semoga saja informasi singkat ini bermanfaat bagi pembaca budiman semua yang ingin membuka bisnis di bidang otomotif.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: