Contoh Peluang Usaha Kuliner Terbaru yang Memiliki Prospek Cerah


Baru-baru ini anda pasti mengetahui bisnis kuliner di bidang oleh-oleh khas daerah milik para selebriti Indonesia yang kian menjamur. Ya, bisnis kuliner dianggap memberikan keuntungan yang signifikan dengan memberikan omset yang bisa dikalkulasi setiap hari. Setidaknya hal ini dianggap lebih menguntungkan karena nilai investasi akan kembali lebih cepat dibanding dengan bisnis lain. Peluang usaha kuliner terbaru pun masih terbuka lebar untuk anda yang mencari informasi usaha pada tahun 2017 ini.

Contoh Peluang Usaha Kuliner Terbaru yang Memiliki Prospek Cerah

Prospek Usaha Kuliner Oleh-oleh Khas Daerah yang Menjanjikan

Para selebriti yang memilih usaha kuliner menjanjikan seperti pusat oleh-oleh khas daerah tentu memiliki pertimbangan tersendiri. Salah satu pertimbangan tersebut antara lain daerah yang dipilih adalah daerah yang memiliki potensi wisata yang bagus. Tentu potensi wisata tersebut akan membuat daftar pengunjung meningkat pesat. Poin plus lagi adalah tentu saja brand nama besar mereka sebagai pelaku hiburan yang dikenal banyak kalangan.

Bukan berarti anda sebagai orang biasa tidak bisa membuat usaha kuliner oleh-oleh khas daerah yang sama menguntungkan. Bukan hanya poin nama besar saja yang akan membuat sebuah usaha kuliner menjanjikan menjadi terkenal di kalangan para pecinta kuliner. Tentu rasa yang berbeda, inovasi tertentu dan harga yang terjangkau menjadi pilihan banyak orang. Sebaiknya anda percaya bahwa kuliner adalah jenis usaha yang selalu mengalami pergeseran dan perubahan dari masa ke masa.

Contoh Beberapa Usaha Kuliner Menjanjikan Milik Para Artis

Sebelum anda ikut terjun meramaikan peluang usaha kuliner terbaru khususnya bisnis kuliner oleh-oleh khas daerah, maka ada baiknya mengenal beberapa usaha kuliner yang dimiliki para artis berikut yang terbukti disukai dan laris manis di pasaran. Hal ini penting untuk menciptakan inovasi makanan yang terbaru dan berbeda guna menggaet lidah pecinta kuliner. Siapa tahu menu baru ciptaan anda tersebut bakal menjadi trending topic kuliner 2017 ini.

Berikut beberapa usaha kuliner menjanjikan oleh-oleh khas daerah milik para artis ternama yang bisa menjadi inspirasi untuk usaha anda nantinya.

1. Jogja Scrummy milik Dude Harlino

Banyak memang selebriti yang terjun ke dunia bisnis tak terkecuali Dude Harlino. Aktor tampan yang sering menghiasi layar kaca televisi anda ini membuka usaha di bidang kuliner yang merupakan oleh-oleh khas Yogyakarta. Bisnis suami artis cantik Alyssa Soebandono ini diberi label Jogja Scrummy.

Jogja Scrummy adalah kue lapis dengan komposisi brownies kukus di bagian bawah serta puff pastry dengan isi berbagai rasa untuk lapisan bagian atasnya. Enam varian rasa yang dimiliki Jogja Scrummy seperti mangga, talas, srikaya, coklat, keju dan karamel terbukti membuat usaha Dude ini sukses besar. Alamat bisnis Jogja Scrummy milik Dude Harlino berada di Jalan. Kaliurang KM 5,5 Yogyakarta dan kabarnya Dude sudah membuka beberapa oulet baru dilokasi lainnya. Nah, kamu yang datang ke Jogja bisa mencoba Jogja Scrummy siapa tahu setelah datang kesana kamu memiliki ide untuk membuka usaha khas daerah ditempat kamu.

2. Malang Strudel milik Teuku Wisnu

Tak hanya Dude Harlino, suami dari Siren Sungkar juga baru membuka usaha di bidang kuliner yang diberi label Malang Strudel. Ya, meski strudel adalah makanan khas Austria, namun berkat ide cermat Teuku Wisnu yang mengkombinasikannya dengan bahan yang pas isi buah-buahan dan sesuai dengan lidah Indonesia membuat kue lapis satu ini menjadi favorit pengunjung. Karena ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Malang maka Malang Strudel milik Teuku Wisnu tidak dijual di kota lain. Jadi jika kamu ingin mencobanya silahkan berkunjung ke Kota Malang.

3. Medan Napoleon milik Irwansyah

Tidak mau ketinggalan dengan suami sang adik suami Zaskia Sungkar yaitu Irwansyah juga membuka usaha kuliner khas daerah. Usaha milik Irwansyah ini diberi label Medan Napoleon. Pastry tipis yang diberi selai atau cream manis yang dibalut dengan bolu yang manis membuat Medan Napoleon milik Irwansyah pun masuk dalam jajaran usaha kuliner menjanjikan.

Itulah beberapa jenis prospek usaha kuliner oleh-oleh khas daerah 2017 milik para selebriti yang mungkin bisa memberikan inspirasi ide kuliner yang lebih fantastis di kepala anda. Namun sebelum anda benar-benar terjun ke bisnis kuliner yang menggiurkan ini sebaiknya memahami dulu langkah-langkah bisnis kuliner bagi pemula agar bisnis yang akan anda rintis tersebut memiliki prospek usaha kuliner 2017 yang bagus.

Tips Membuka Usaha Kuliner Menjanjikan Oleh-oleh Khas Daerah Bagi Pemula

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan apabila anda berniat membuka usaha kuliner menjanjikan khusus oleh-oleh khas daerah.

  • 1. Modal awal
    Berbeda dengan usaha kuliner biasa, bisnis oleh-oleh memang memerlukan modal yang lumayan besar apalagi jika anda tinggal di luar kota atau daerah yang anda bidik menjadi tempat usaha. Pilih kota-kota yang potensial seperti Malang, Yogjayakarta, Bali, Lombok atau daerah lain yang memiliki nilai plus di mata para wisatawan. Anda bisa bekerja sama dengan rekan untuk mencari solusi masalah modal awal ini.
  • 2. Lokasi yang strategis
    Setelah anda berhasil menemukan potensi daerah yang bagus, maka langkah selanjutnya adalah memilih lokasi yang strategis. Ada baiknya anda memahami betul daerah tersebut. Memiliki rekan atau keluarga di daerah wisata tentu lebih menguntungkan posisi anda. Survey bisa dilakukan oleh rekan anda tersebut atau anda juga ikut serta terjun meninjau lokasi. Daerah yang dekat dengan keramaian seperti mall atau berada di pusat kota mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Umumnya wisatawan pun tetap akan mencari oleh-oleh khas daerah di pusat kota. Sebaiknya anda pun menciptakan tempat usaha yang nyaman, unik atau memiliki kesan yang berbeda di benak pelanggan agar mereka betah saat menunggu antrian.
  • 3. Menu andalan
    Peluang usaha kuliner terbaru perlu anda manfaatkan secara baik untuk menciptakan ide makanan yang belum ada atau unik. Tentu survey akan membantu anda menciptakan varian menu yang berbeda dibanding dengan kompetitor.
  • 4. Perhatikan betul pemasok bahan baku
    Usaha kuliner erat kaitannya dengan pemasok bahan baku utama, maka anda wajib memastikan bahwa suplier bahan baku menu andalan ada selalu memiliki ketersediaan bahan. Perlu pula memilih suplier yang telah terpercaya agar anda tidak merasa dirugikan setelah terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak. Jangan sampai setelah anda mendapatkan prospek usaha kuliner yang bagus, namun mendapat kendala hanya karena keterlambatan bahan baku berkualitas.
  • 5. Sumber daya manusia yang mumpuni
    Pelayanan bisa menjadi poin utama keberhasilan usaha kuliner oleh-oleh khas daerah milik anda. Tidak peduli seberapa besar nama usaha atau pemilik usaha tersebut, namun jika ada bentuk pelayanan yang buruk dari pegawai anda, maka usaha yang susah payah dirintis bisa mati seketika. Sebaiknya anda memastikan bahwa karyawan yang anda pilih benar-benar memiliki kinerja yang baik.
  • 6. Promosi yang baik
    Salah satu kesuksesan usaha kuliner adalah sistem promosi yang baik lewat media sosial atau secara offline. Ada baiknya anda menggunakan dua cara tersebut agar bisa mempromosikan brand terbaru anda secara maksimal. Manfaatkan media sosial seperti Facebook atau Instagram yang banyak digandrungi saat ini. Media sosial terbukti efektif mengundang para pecinta kuliner datang ke tempat usaha anda. Mengundang food bloger pun bisa jadi menjadi sebuah usaha yang baik dalam memasarkan produk anda agar sesuai dengan target pemasaran yang dikehendaki.
  • 7. Inovasi
    Ya, usaha kuliner menjanjikan adalah usaha yang terus berkembang dan berubah, maka penting menjaga rasa menu andalan serta menciptakan inovasi makanan yang terbaru agar anda tidak kalah saing dengan kompetitor usaha kuliner yang sejenis. Ciptakan ide-ide kreatif agar usaha kuliner anda terus berjaya dan dicintai para pelanggan.

Beberapa tips membuka usaha kuliner menjanjikan di bidang oleh-oleh khas daerah tersebut bisa anda jadikan referensi. Pastikan pula anda telah memiliki ijin usaha agar tidak terkendala masalah kemudian hari setelah anda memiliki nama yang besar.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: