Contoh Usaha Kecil Menengah yang Sukses


Kini banyak contoh usaha kecil menengah yang sukses dan dapat menjadi cerminan anda untuk memulai usaha. Mungkin banyak sekali orang orang yang meremehkan usaha kecil menengah yang dianggap sebagai bisnis abal abal dan sulit menjadi usaha besar. Selain itu, bisnis usaha kecil menengah identik dengan orang orang yang tidak memiliki banyak modal. Hal tersebut tentu menjadi anggapan yang salah, karena banyak sekali usaha kecil menengah yang sukses.

Contoh Usaha Kecil Menengah yang Sukses

Usaha kecil menengah merupakan usaha yang memiliki laba bersih sebesar Rp. 200.000.000. Meskipun demikian, UKM merupakan salah satu penggerak perekonomian negara sehingga tidak bisa dianggap rendah begitu saja. Ketika anda ingin memulai bisnis usaha kecil menengah, anda perlu mempertimbangan berbagai hal untuk mencapai kesuksesan. Salah satu hal yang sangat penting dimiliki yaitu keahlian, pastikan anda membuat usaha kecil menengah dengan keahlian yang anda miliki agar usaha anda dapat sesuai dengan cita cita anda. Selain itu, anda akan lebih bersemangat ketika menjalankan usaha sehingga perkembangan lebih pesat. Apabila anda ingin membuat usaha kecil menengah, anda dapat melihat berbagai contoh usaha kecil menengah yang sukses untuk belajar agar usaha anda juga sukses.

Beberapa Contoh Usaha Kecil Menengah Sukses

Inilah beberapa contoh usaha kecil menengah yang sukses :

1. Usaha kecil bidang kuliner

Seperti yang kita tahu, bisnis kuliner tidak pernah surut dikunjungi konsumen. Hal tersebut karena makanan merupakan asupan yang setiap hari dibutuhkan oleh manusia. Bisnis kuliner dapat menjadi pilihan bagi anda. Apabila anda berminat, anda bisa memulai dari angkringan, café, restoran dan lain lain sesuai dengan modal yang anda miliki.
Dalam membuat usaha bidang kuliner, anda perlu memperhatikan berbagai hal salah satunya adalah makanan kedua yaitu dekorasi tempat. Seperti yang kita tahu, tempat menjadi salah satu daya tarik yang begitu besar untuk pengunjung terutama pengunjung remaja. Selain tempat, anda juga harus mengimbangi dengan makanan yang sesuai dengan lidah masyarakat. Tidak hanya makanan, anda juga bisa membuat minuman yang khas atau minuman terpopuler tempat usah anda.

Salah satu contoh bisnis UKM yang sukses di bidang kuliner seperti usaha tahu jeletot taisi milik ibu Rosida Fitri Pakpahan atau akrab dipanggil Rosi yang kini sudah memiliki sekitar 70 mitra usaha yang tersebar disekitar Jabodetabek. Tahu jeletot taisi yang terkenal kepedasannya ini mampu memberikan omset sampai 1juta rupiah perhari kepada para mitranya.

Selain tahu jeletot taisi, usaha kecil bidang kuliner yang sukses adalah usaha Pondan Cake rumahan D’NKH Signature milik Ni Kadek Kristy Hellen Winatasari. Usaha yang dirintis sejak tahun 2010 oleh perempuan dengan gelar Master Of Education Psychology Jebolan Universitas Malaya ini bisa meraup omset hingga Rp 90 juta dengan keuntungan bersih sekitar 75%.

2. Usaha Kecil bidang jasa

Contoh usaha kecil menengah yang sukses selanjutnya yaitu dibidang jasa. Setiap orang tentu membutuhkan bantuan dari orang lain untuk melakukan sesuatu. Apabila anda ingin membuka usaha ini, pastikan anda memiliki keahlian dan wawasan yang luas tentang keahlian tersebut. Saat ini banyak sekali usaha bidang jasa yang bisa anda buat seperti usaha perbaikan, mengurus berbagai jenis surat dan lain sebagainya. Selain itu, untuk anda yang memiliki wawasan luas tentang IT, bisa membuka usaha kecil menengah seperti membuat website, jasa SEO dan lain sebagainya.

Usaha kecil menengah yang sukses di bidang jasa memang cukup banyak, misalnya saja bisnis tambal ban. Mungkin sebagian besar orang memandang sebelah mata usaha ini, tapi Rahmawati perempuan Lulusan UNPAD Bandung jurusan Sastra Sunda tahun 2005 tersebut terbukti bisa meraih sukses dari bisnis tambal ban yang digelutinya.

3. Usaha kecil jual beli

Usaha kecil jual beli menjadi bisnis yang banyak diminati karena terbilang tidak membutuhkan keahlian tertentu. Banyak sekali barang barang yang laris dijual seperti alat elektronik, ponsel, kendaraan, fashion dan lain sebagainya. Anda bisa memilih produk yang anda jual dengan menyesesuaikan barang yang dibutuhkan dilingkungan sekitar anda.

Bila kita pandai melihat peluang, maka kita bisa dengan mudah menemukan usaha yang bagus dan menjanjikan dengan modal yang tidak terlalu besar misalnya saja bisnis bidang fashion grosir baju anak milik Azzhalea Kidswear milik Tri Hastuti yang sukses dan berkembang hingga memiliki Agen dan Distributor Outlet di beberapa kota besar di tanah air seperti Depok, Pangkalan Bun, Tasik, Bali, Makassar, Medan dan Masih banyak lagi.

4. Usaha kecil bidang agrobisnis

Contoh usaha kecil menengah yang sukses selanjutnya yaitu dibidang agrobisnis. Usaha dalam bidang ini identik dengan ternak atau pertanian. Untuk bidang agrobisnis, lebih cocok untuk daerah pedesaan. Anda bisa membuka usaha seperti budidaya lele, ternak ayam, sayuran dan lain sebagainya.

Itulah contoh usaha kecil menengah yang sukses dan dapat menjadi cerminan anda untuk menjalankan bisnis usaha kecil dengan modal tidak terlalu besar. Ingatlah, apapun usaha yang kita jalankan dan berapapun modalnya kalau kita serius dan tekun dalam menjalankannya, peluang untuk sukses menjadi semakin besar.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: