Macam Macam Usaha Sampingan di Rumah yang Menguntungkan


Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang peluang usaha sampingan untuk karyawan dengan modal kecil, kini kembali kita akan berdiskusi mengenai usaha sampingan, yakni tentang macam-macam usaha sampingan di rumah yang menguntungkan. Dan seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, usaha sampingan hendaknya dimulai dengan modal yang kecil, mengingat statusnya yang hanyalah sebagai sampingan. Berbeda halnya apabila anda memulainya dengan modal besar, maka hampir bisa dipastikan anda akan lebih terfokus pada usaha ini dan kemungkinan pekerjaan utama anda akan terbengkalai. Kecuali jika anda memang ingin berpindah haluan menjadi seorang wirausahawan, maka sebaiknya anda memulainya dengan sesuatu yang benar-benar bisa anda jalani sebagai sampingan.

macam macam usaha sampingan di rumah

Dewasa ini kalau kita jeli sebenarnya disekitar kita pun ada banyak sekali peluang usaha yang bisa jadikan bisnis sampingan di rumah sebagai penghasilan tambahan. Memang agar bisa melihat dan menangkap peluang yang ada tentulah dibutuhkan niat terlebih dahulu untuk berwirausaha sampingan. Niat memang sangat dibutuhkan dalam segalah hal termasuk dalam memulai bisnis, tanpa adanya niat maka akan sulit untuk mewujudkannya.

Artikel sebelumnya : usaha sampingan karyawan

Dan berikut adalah 6 Jenis macam-macam usaha sampingan di rumah yang menguntungkan, yang telah kami himpun dari hasil brainstorming dengan beberapa rekan-rekan yang berpengalaman di bidang ini:

1. Membuka Usaha Catering.
Berbeda dengan membuka rumah makan atau depot, usaha catering tidak terikat waktu. Ya, anda hanya akan disibukkan dengan pesanan catering sewaktu-waktu saja, dan hal itu pun bisa anda sesuaikan dengan waktu senggang anda. Salah satu kelemahan usaha ini adalah bahwa hampir bisa dipastikan usaha catering tidak bisa anda jalankan seorang diri. Anda membutuhkan partner atau anak buah untuk menyelesaikan pesanan tepat waktu. Namun jangan kuatir, anda bisa mengakalinya dengan mengajak anggita keluarga atau kerabat untuk membantu anda saat orderan datang.

2. Kos-Kosan.
Jika dirumah anda ada beberapa kamar yang tak terpakai dan lokasi rumah yang menunjang, anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan membuka usaha kos-kosan. Usaha pasif ini bisa memberikan anda keuntungan yang lumayan setiap bulannya, tergantung pada level penyewa, lokasi, dan fasilitas yang anda sediakan. Sebagai saran untuk pemula, sebaiknya anda memulainya dengan membuka kos khusus untuk cewek, sebab cewek atau wanita biasanya lebih tertib dan aman.

3. Persewaan DVD film.
DVD film sebagai hiburan di rumah masih sangat diminati hingga kini. Dan dengan semakin menggeliatnya industry perfilman dunia serta semakin mudahnya akses terhadap film-film terbaru, menjadikan bisnis persewaan DVD film layak untuk dicoba. Anda bisa menyulap garasi di rumah anda untuk dijadikan tempat usaha. Dengan berinvestasi sekali, anda bisa menyewakan DVD-DVD tersebut hingga waktu yang tak tertentu.

 4. Buka Jasa Pencucian Motor (steam motor)
Jasa pencucian motor sekarang ini memang menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi anda yang ingin memiliki usaha sampingan di rumah. Begitu banyak orang yang lebih suka menggunakan jasa pencucian motor ketimbang mencuci motor sendiri, ada yang tidak mau repot alias lebih suka yang praktis siap pakai, ada juga yang memang sibuk sehingga tidak sempat mencuci motor sendiri. Selain itu mencuci motor di steam biayanya juga murah hanya Rp 10.000,- dan hasilnya juga bersih serta memuaskan. Untuk menjalankannya tentu saja anda harus memiliki tempat yang letaknya dipinggir jalan raya agar bisa dilihat orang.

5. Usaha Rental PS
Saat ini bisnis rental PS masih lumayan menguntungkan, walaupun anda tidak suka PS tidak ada salahnya membuka usaha rental PS di rumah anda. PS tidak hanya disukai oleh anak-anak saja tetapi banyak juga remaja dan orang dewasa yang suka main PS terutama PS Bola. Anda bisa membukanya sore hari sepulang kerja atau anda mencari satu orang karyawan yang mau menunggu rental PS. Ditempat rental anda juga bisa menjual minuman dan pulsa, ditambah lagi jualan snack atau makanan ringan.

6. Usaha Pangkas Rambut
Bagi anda yang memiliki keahlian memotong rambut maka usaha pangkas rambut merupakan  jenis bisnis rumahan yang bagus dan menguntungkan. Apalagi saat ini tarif perkepala untuk orang dewasa bisa Rp 10.000 – Rp 15.000,- . Bayangkan saja bila satu hari 10 kepala maka anda bisa mengantongi Rp 100.000 – Rp 150.000,- itu kalau kita ambil kecil saja. Sebagai usaha sampingan di rumah anda bisa membuka pada sore sampai malam hari pulang kerja atau anda bisa memperkerjakan orang.

Nah, rekan sebenarnya ada banyak sekali macam-macam usaha sampingan di rumah yang menguntungkan, diatas hanya beberapa saja yang kami share untuk anda. membuka usaha sampingan di rumah merupakan salah satu alternatif yang bagus untuk memperoleh penghasilan tambahan. kalau anda jeli ada banyak sekali disekitar anda ide peluang bisnis yang bisa anda ambil asalkan anda yakin dan punya kemauan.

Bagikan Artikel ini :
tags: , , , ,

JANGAN LEWATKAN: