Mark Zuckerberg Pengusaha Muda Terkaya Dunia Pendiri Facebook


Siapa yang tak mengenal Mark Zuckerberg seorang programmer komputer dan pengusaha muda terkaya dan sukses yang terkenal Amerika . Ia merupakan pendiri dan CEO Facebook (Nasdaq: FB) situs jejaring sosial terbesar dan paling banyak penggunanya saat ini. Ingin tahu profil mark dan bagaimana kisah hidupnya hingga sukses menjadi pengusaha terkaya di Dunia. yuk, simak info menariknya yang akan dibahas pada kesempatan ini.

Mark Zuckerberg Pengusaha Muda Terkaya Dunia Pendiri Facebook

Mark Zuckerberg nama lengkapnya adalah Mark Elliot Zuckerberg, berasal dari sebuah keluarga terdidik, ia lahir pada 14 Mei 1984 di White Plains, New York, dan dibesarkan di kawasan Dobbs Ferry. Mark merupakan anak kedua dari empat bersaudara, putra dari pasangan Edward dan Karen Zuckerberg yang berprofesi sebagai dokter Gigi dan psikiater.

Sejak usia dini Mark sudah mengembangkan minatnya mengotak-atik komputer untuk menciptakan pemrograman komputer. ketika berusia delapan tahun ayahnya kemudian membelikannya komputer. Pada usia 12 tahun, Zuckerberg sudah berhasil menciptakan program messaging bernama ZuckNet yang ia implementasikan sebagai sistem komunikasi antar kantor untuk praktek dokter gigi ayahnya. Melihat tanda-tanda awal dari kesuksesan, orang tuanya mendaftarkannya ke sekolah menengah Phillips Exeter Academy di New Hampshire.

Ketika disekolah menengah Mark Zuckerberg bertemu dengan D’Angelo, mereka kemudian bekerjasama membuat plug-in untuk MP3 player Winamp tujuan mereka membuat plug-in adalah untuk menghimpun kesukaan banyak orang terhadap aneka macam jenis lagu dan kemudian membuat play listnya sesuai selera mereka. Program tersebut dikirim Mark dan D’Angelo, ke berbagai perusahaan seperti Microsoft dan AOL (American Online). Mark sempat direkrut untuk suatu proyek oleh Microsoft dan AOL di tahun terakhirnya berada di Phillips Exeter Academy.

Setelah tamat sekolah menengah Mark Zuckerberg dan D’Angelo. Setelah lulus dari Philips, Zuckerberg melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi Harvard University sedangkan temannya masuk Caltech.

Kisah sukses Mark Zuckerberg dan Cikal Bakal Berdirinya Facebook

Banyak orang masuk ke Harvard University, Sementara Mark Zuckerberg dikenal programmer Komputer cerdas di kampus. Pada tahun kedua, ia sudah membangun dua program: CourseMatch dan Facemash. Ide membuat buku direktori mahasiswa online tersebut ditemukan Mark karena universitas tidak membagikan buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa (face book) kepada mahasiswa baru untuk menjalin pertemanan diantara mereka. Namun setiap kali mark menawarkan diri untuk membuatnya selalu ditolak oleh universitas.

Meskipun selalu ditolak ia mencari berbagai cara untuk mewujudkan idenya. “Saya ingin menunjukkan kalau hal itu bisa dilakukan,” ujarnya. Ia kemudian menciptakan CourseMatch yang merupakan proyek pertamanya agar teman-temanya sekelasnya dapat berkonikasi satu sama lain di website tersebut. ia kemudian mengambil data mahasiswa dan memasukan foto mereka ke website buatan Mark yang diberi nama Facemash. Foto sejumlah temannya di dipasang diwebsite dan untuk memancing komentar mereka mark memajang foto paling Hot. ternyata upayanya berhasil dalam tempo singkat banyak orang yang mengunjungi web tersebut sekitar 450 orang. Akan tetapi hal ini diketahui oleh pihak kampus sehingga ia pun diperkarakan, walaupun tidak menyesal atas tindakannya Mark tetap minta maaf kepada teman-temannya. Pihak universitas menutup program yang tersebut setelah itu dianggap tidak pantas.

Zuckerberg tidak pernah kapok ia justru membuat website baru Thefacebook.com yang merupakan cikal bakal lahirnya Facebook yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Sasarannya tetap mahasiswa kampus Harvard sebagai jalur komunikasi, namun di facebook dijelaskan kalau web tersebut adalah suatu alat sosial untuk membantu orang berko­munikasi lebih efisien dengan rekan, keluarga, atau rekan kerjanya. setiap pengguna facebook dapat memajang fotonya sendiri, teman-temannya, bisa berkirim pesan dan sebagainya.

Konon Facebook semakin digandrungi orang karena banyak aplikasi yang bisa digunakan oleh anggotanya. Setiap hari ditambahkan aplikasi baru setidaknya 140 aplikasi, sampai saat ini sudah lebih dari 20.000 aplikasi dimasukan ke facebook dan bisa digunakan oleh penggunanya. Sekitar 95% pemilik Account menggunakan minimal satu aplikasi yang ada di Facebook. Banyaknya Aplikasi yang ada di Facebook membuat banyak orang mendaftar sebagai anggota. bahkan tak hanya mahasiswa Harvard saja yang tertarik, mahasiswa kampus lain pun meminta dimasukan ke situs jejaring sosial ini. karena kewalahan Mark pun meminta bantuan temannya untuk mengembangkan facebook. dalam waktu empat bulan saja 30 kampus sudah bergabung disitus jejaring sosial facebook. Akhir tahun 2004 pengguna facebook jumlahnya sudah mencapai satu juta user.

Pengguna jejaring sosial Facebook meningkat terus. Bahkan sejumlah orang yang tidak sekolah lagi atau yang masih disekolah menengah juga ingin bergabung. desakan yang begitu tinggi membuat Mark dan rekan-rekannya memutuskan Facebook membuka jaringan untuk para siswa sekolah menengah pada september tahun 2005, kemudian ia juga membuka jejaring sosial bagi para pekerja kantoran. dan pada tahun 2006 di bulan september membuka pendaftaran facebook untuk umum dengan syarat memiliki email. sejak itu jumlah pengguna facebook semakin melesat.

Ditahun kedua kuliah Mark Zuckerberg memutuskan keluar dari harvard karena kesibukan dan ingin terus mengembangkan facebook. Pada majalah Current Mark menuturkan “Apa yang saya inginkan sudah ada di tangan. Saya tidak ingin punya ijazah kemudian bekerja. Menurut saya, pekerjaan hanyalah untuk orang-orang yang lemah,”.

Mark Zuckerberg Menjadi Pemuda Terkaya Di Dunia

Pengguna Facebook meledak hingga jutaan orang, hal ini ditangkap Mark dan rekan-rekannya sebagai tambang emas. beberapa perusahaan tertarik untuk menanamkan modal. Pada juni 2004 memperoleh suntikan dana dari pendiri PayPal sebesar US$ 500.000. kemudian mereka menggandeng Perusahaan modal ventura Accel Part­ners untuk membiayai pengembangan facebook dengan investasi sebesar US$ 12,7 juta. Dana tersebut digunakan untuk mengganti nama domain www. thefacebook. com menjadi www.facebook.com pada bulan Agustus 2005. dan juga untuk memperluas jangkauan keanggotaannya menjadi internasional. Hingga Desember 2005 jumlah penggunanya mencapai 5,5 juta.

Pada tahun 2005 Facebook sempat mengalami kerugian sekitar US$3,63 juta meskipun jumlah user meningkat tajam. Tapi kemudian Facebook meluncurkan versi Mobile berkat suntikan dana dari Greylock Partners dan Meritech Capi­tal Partners. Microsoft pada bulan Desember 2007 menawar 5% saham facebook dengan nilai US$300 juta sampai US$500 juta. Itu artinya nilai kapitalisasi facebook mencapai US$6 miliar sampai US$ 10 jika disetujui atau kalau rupiah mencapai Rp 54-Rp90 triliun. Akan tetapi berdasarkan pengumuman Microsoft pada bulan oktober 2007 mereka hanya membeli 1,6% saham dengan nilai US$ 240 juta. hal ini menunjukan kalau ternyata nilai kapitalisasi Facebook lebih tinggi yakni sekitar US$15 milliar. tidak lama setelah itu facebook dikepung sejumlah tawaran seperti Li Kha Shing yang menginvestasikan dana sekitar US$60 juta pada bulan november tahun 2007. Bahkan ada beberapa berita menyebutkan Google, yahoo, dan sebagainya pernah menawar untuk membeli facebook. namun Zackerberg mengatakan kalau Facebook tidak akan dijual.

Perjalanan Mark bersama Facebook pernah mengalami sejumlah perkara. Termasuk dari rekannya di universitas Harvard yang menyebutkan kalau rancangan Facebook merupakan tiruan dari ConnectU. Akan tetapi Zackerberg mengatakan bahwa Facebook merupakan hasil karyanya sendiri. Pada persidangan pertama ConnectU kalah, kemudian perusahaan ini kembali mendaftarkan gugatan baru pada Maret 2008. Tidak hanya itu beberapa negara di Asia seperti Iran, Bhutan, Myanmar, Arab Saudi, syria dan beberapa negara lainnya menutup akses facebook di negara tersebut, mereka menyebutkan kalau Facebook mempromosikan serangan terhadap otoritas pemerintahannya.

Ditengah sejumlah kontroversi yang melanda, Mark Zackerberg dan facebooknya tetap disukai banyak orang. Bahkan, meskipun sudah kaya dan populer Mark tetap sederhana. Dia masih tinggal di Apartemen sewaan dengan kasur dilantai dan hanya tersedia sebuah kursi dan meja. Bahkan ia bersepeda atau berjalan kaki ketika pergi ke kantornya Palo Alto. tidak terlihat seperti Miliuner.

Kekayaan Mark Zuckerberg Pendiri Facebook

Bisnis Facebook yang melesat luar biasa membuat mark Zuckerberg menjadi pengusaha muda kaya raya.tahun 2009 Mark Zuckerberg mendapatkan penghargaan Young Global Leaders. Pada awal masuknya facebook ke pasar saham mei 2012 Majalah Forbes menyebutkan kalau kekayaan Zackerberg sendiri mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun. Kekayaan luar biasa yang dimiliki anak muda seusia Mark membuat dirinya dinobatkan menobatkannya sebagai The Youngest `Self-made’ Billionaire on the Planet oleh Majalah tersebut.

Majalah Forbes mencatat Mark Zuckerberg sebagai milyarder termuda yang pernah tercatat dalam sejarah dengan kekayaan sekitar setengah milliar dollar Amerika, yang diperoleh atas usaha sendiri dan bukan karena warisan. di usianya yang baru 30 tahun pendiri facebook tersebut mampu menghasilkan US$44 miliar. sehingga menempatkannya dalam jajaran 10 orang terkaya di dunia Versi Majalah Forbes. bahkan ia dinobatkan sebagai orang paling kaya termuda.

Pada tahun 2015, Facebook memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, dan itu bernilai kapitalisasi pasar sebesar $ 272.000.000.000 pada Juli 2015. Zuckerberg, yang memiliki hampir 423 juta saham Facebook, telah menjadi salah satu multimiliarder termuda dalam sejarah . Berkat Facebook, Mark Zuckerberg memiliki kekayaan bersih $ 34800000000 per Juli 2015.

Yes, itulah profil dan kisah perjalanan Mark Zuckerberg pengusaha muda sukses dan terkaya di dunia yang merupakan pendiri jejaring sosial terpopuler dan paling banyak penggunanya di dunia yakni facebook. sekarang anda sudah tahu siapa yang menciptakan situs tempat anda update status setiap hari itu.

Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: