Melirik Peluang Usaha Jasa Penitipan Motor


Peluang bisnis dibidang otomotive memang cukup banyak kalau kita jeli melirik peluang. contohnya usaha jasa penitipan motor yang kini sedang marak dilakukan dikota-kota besar. bisnis penitipan motor merupakan usaha yang menyediakan tempat parkir khusus bagi pengendara motor yang ingin menitipkan kendaraan mereka beberapa waktu. Sistem pembayaran bisa dilakukan sebelum atau setelah kendaran yang dititipkan diambil oleh pemiliknya. Untuk lamanya waktu penitipan atau parkir motor tidak memiliki aturan, asalkan tidak bermalam dan paling lama kendaraan diambil sebelum pukul 22.00 WIB.

Peluang Usaha Jasa Penitipan Motor

Bisnis ini sangat pas dilakukan disekitar area perkantoran, lingkungan bisnis atau sekitar area pusat perbelanjaan. Mengapa bisnis ini cukup menjanjikan ? yes, kalau parkir kendaraan disekitar gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan biasanya dikenakan tarif perjam sehingga semakin lama parkir kendaraan maka biayanya semakin mahal, misalnya tarifnya Rp.1000 perjam maka jika parkir selama 5 jam akan dikanakan tarif Rp 5000, sedangkan ditempat parkir penitipan motor hanya dikenakan tarif sekali parkir, mulai dari Rp 2000 sampai Rp 3000, sekalipun parkirnya dari pukul 6.00-22.00 biayanya tetap Rp 3000 saja. itulah mengapa banyak orang terutama karyawan kantoran lebih suka menggunakan jasa penitipan motor ketimbang parkir di sekitar gedung.

Bisnis ini relatif terpercaya karena sebagai pengusaha, anda dapat mengawasi langsung motor-motor yang diparkir dan mengetahui dengan benar setiap pemiliki motor terutama mereka yang menggunakan jasa penitipan motor anda setiap hari sehingga dapat mengurangi resiko adanya pencurian. Selain itu, dengan sistem pengamanan dan administrasi yang baik, motor-motor yang dititipkan pun akan lebih aman dan menentramkan orang yang menitipkannya.

Dikutip dari laman liputan6.com salah satu pengelolah jasa penitipan motor di daerah pasar rebo Jakarta Timur yang bernama Mulyadi mengaku kalau ia dalam satu hari bisa meraih omset hingga Rp 700ribu per hari. “Kalau per hari bisa dapat kurang lebih Rp 700 ribu lah, itu waktu hari kerja,” tutur Mulyadi.

Usaha Jasa penitipan Motor milik Mulyadi sudah berjalan sekitar 5 tahun dan mampu menampung sekitar 300 buah motor dengan tarif yang terjangkau yakni Rp 3000 dari pagi hingga malam hari, sedangkan kalau menginap dikenakan tarif Rp 5.000,-. Mulyadi menuturkan kebanyakan yang menitipkan motor adalah mereka yang bekerja di daerah Cikarang, Cibitung atau yang bekerja di dalam tol.

Sementara itu pengelola jasa penitipan motor lainnya di tempat yang sama bernama Andri menuturkan kalau tempat penitipan motor miliknya dapat meraup omset Rp 300ribu dalam sehari karena hanya mampu menampung sekitar 100 buah motor. Lahan tersebut bukan milik Andri melainkan ia menyewa tanah milik warga dengan sewa Rp 100 juta pertahun. “Kalau ini luasnya kurang lebih 400 meter persegi, jadi untungnya dari jasa ini ya lumayan lah, saya juga bisa sambil buka warung, jadi ada pemasukan lain,” tutur Andri, yang telah membuka usaha ini sejak 3 tahun lalu.

Memulai Bisnis Jasa Penitipan Motor

Dalam memulai bisnis ini, tentukanlah lokasi yang paling strategis misalnya di pusat perkantoran, bisnis atau pusat perbelanjaan. Selanjutnya luas lahan parkir juga perlu anda pertimbangkan dan begitupun kondisinya harus dibenahi, misalnya supaya motor tidak kepanasan dan kehujanan, anda bisa memasang kanopi atau terpal palstik dan agar keamanannya lebih terjamin pasang pagar disekitar tempat parkiran.

Jika usaha jasa penitipan motor miliki anda strategis dengan pelayanan yang baik dan tempatnya bagus maka bukan tidak mungkin akan banyak yang menitipkan kendaraannya. Jika sudah ramai tentu anda akan kewalahan, sehingga anda membutuhkan karyawan untuk membantu. Anda bisa merekrut saudara atau kerabat satu orang untuk membantu menata dan mengatur posisi kendaraan agar lebih rapi. Selain itu anda juga harus meningkatkan kepercayaan konsumen, misalnya dengan melakukan pengecekan STNK kendaraan ketika konsumen anda keluar demi keamanan.

Hambatan Bisnis
Hambatan yang mungkin terjadi dalam bisnis ini adalah munculnya pesaing di dekat lokasi bisnis menjadi persoalan serius. Disamping motor-motor yang diparkir jauh lebih sedikit, biaya operasional pun tidak dapat tertutupi setiap bulannya.

Strategi Menjalankan Bisnis Penitipan Motor

1. Utamakan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen dalam memarkir kendaraannya.

2. Berlakukan tarif atau biaya persekali parkir, bukan perjam parkir sehingga tidak terlalu memberatkan konsumen, sebab jika tarifnya mahal konsumen anda bisa menitipkan motornya ditempat lain yang menjadi saingan anda.

3. Lakukan penataan motor yang rapi, baik dan terjaga antar satu motor dengan motor yang lain, supaya saat motor tersebut dikeluarkan lebih lancar dan menghindari timbulnya benturan yang bisa mengakibatkan gores atau kerusakan pada motor.

4. Buatlah kartu atau karcis khusus yang tidak mudah dipalsukan sebagai bukti otentik bagi konsumen yang menitipkan sepeda motornya.

5. Anda bisa pula melengkapi usaha ini dengan jasa penitipan helm sekaligus pencucian helm. Jadi selama motor diparkir, hel juga ikut disimpan bahkan dibersihkan sehingga pada saat yang punya motor mengambil motornya helm pun sudah bersih dan wangi sehingga lebih nyaman ketika dipakai kembali.

Nah, bagaimana apa anda tertarik juga dengan peluang usaha jasa penitipan motor ? Jika anda tertarik coba perhatikan didaerah anda apa sudah ada yang membuka usaha ini. Kalau belum maka peluangnya masih besar dengan keuntungan yang cukup menjanjikan, apalagi jika lokasi tersebut milik anda sendiri tentu modal yang akan dikeluarkan tidak terlalu besar, anda juga dapat memanfaatkannya sebagai usaha sampingan di rumah.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: