Menilik Peluang Usaha Rumahan Budidaya Jangkrik


Peluang usaha rumahan budidaya jangkrik cukup menjanjikan saat ini. Selain sebagai bahan pakan burung dan ternak lainnya, hewan jangkrik juga kerap digunakan sebagai media pengusir hama tikus dan lainnya, terutama di areal persawahan dan perumahan. Dengan semakin banyaknya peminat burung dan hewan lainnya, jumlah permintaan akan jangkrik juga ikut meningkat. Pasokan jangkrik hidup dan segar selalu dibutuhkan oleh para pencinta burung. Dan selama permintaan akan hewan jangkrik tinggi maka semakin menjanjikan pula peluang usaha budidaya jenis ini di masa mendatang.

peluang usaha rumahan budidaya jangkrik

Selain karena permintaan pasar yang selalu tinggi, ada banyak alasan lain mengapa bisnis budidaya jangkrik sangat digemari. Berikut adalah beberapa hal yang membuat banyak orang beralih menjadi peternak dan pembudidaya jangkrik.

1. Jangkrik adalah hewan yang tangguh. Dia termasuk hewan yang kuat dan tidak mudah sakit atau stress. Meskipun anda letakkan di tempat yang ramai dan bising, jangkrik dapat tumbuh sehat dan tidak menjadi stress.

2. Jangkrik mudah dan cepat berkembang biak. Tidak ada perawatan khusus agar jangkrik berkembangbiak. Dan dalam waktu singkat, jangkrik bisa berjumlah berkali-kali lipat dari jumlah awal. Ini menjadikan bisnis rumahan anda cepat berjalan.

3. Tidak membutuhkan lahan yang besar. Hanya dengan kotak kayu berukuran 1×1 meter anda sudah bisa membudidayakan jangkrik. Karena minimnya lahan yang dibutuhkan, anda bahkan bisa membudidayakan hewan ini di rumah. Kotorannya pun tidak menimbulkan bau sehingga anda dan sekeluarga tidak akan terganggu akan hal itu.

4. Jangkrik termasuh hewan omnivore. Ini berarti, jangkrik bisa makan hampir apa saja, mulai dari dedaunan, sayur, buah dan banyak lagi. Juga tidak dibutuhkan jumlah pakan yang besar dan mahal. Mungkin anda akan membutuhkan pakan seperti konsentrat dan bahan lainnya agar jangkrik tampak lebih sehat dan gemuk, namun harganya pun masih cukup terjangkau.

5. Modal kecil. Memulai usaha rumahan budidaya jangkrik ternyata tidak membutuhkan biaya yang besar. Dengan modal 1 juta, anda sudah bisa memulai budidaya jangkrik dan meraup omzet sekitar 2 juta perbulan. Ini berarti dalam bulan pertama modal anda sudah kembali, plus dengan keuntungan 1 juta.

Bahkan jika anda tidak pernah menjalankan usaha rumahan jenis ini, di berbagai sumber online maupun offline anda bisa mempelajari banyak hal tentang budidaya jangkrik. Bahkan beberapa website menawarkan modul atau ebook cara beternak jangkrik, dengan iming-iming yang bombastis. Hendaknya anda lebih bijaksana dan tidak dengan mudah termakan bujuk rayu pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika memang anda menginginkan panduan, ada baiknya memilih pemandu yang benar-benar berpengalaman di bidang ini, serta juga tanyakan jika mereka mau membantu anda dalam hal pemasaran jangkrik dikemudian hari.

Peluang usaha rumahan budidaya jangkrik sangatlah menjanjikan dan tidak ada kata terlambat bagi anda untuk memulainya. Dengan semua pertimbangan yang telah kami utarakan diatas, diharapkan hal tersebut akan menjadi cambuk bagi anda untuk mencoba bisnis ini dan untuk melakukannya sesegera mungkin. Seperti yang banyak orang bilang, bahwa ide dan perencanaan yang sempurna hanya akan menjadi sekedar pikiran jika tidak dibarengi dengan tindakan yang nyata. So, jika anda telah membaca ulasan kami diatas dan berpikir bahwa bisnis ini cocok untuk anda maka jangan ditunda lagi. Semakin anda menundanya dikemudian hari maka akan semakin besar peluang bisnis tersebut tidak menjadi kenyataan di kehidupan anda nantinya.

Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: