Peluang Bisnis Batu Akik Yang Menggiurkan Dan Cara Memulai


Peluang bisnis batu akik memang cukup menggiurkan ditengah Fenomena yang sedang melanda Indonesia dan sedang menjadi trend Batu mulia. masyarakat sedang dilanda demam batu akik, tidak hanya kaum pria saja bahkan wanita tua maupun muda serta anak-anak juga tidak mau ketinggalan. tren batu mulia menjadikannya sebagai peluang bisnis baru yang menjanjikan, tidak sedikit orang yang beralih profesi atau usaha ke bisnis batu akik ini karena keuntungan yang bisa di dapatkan sangat menggiurkan.

peluang bisnis batuk akik

Batu akik tidak hanya memberikan peluang usaha kepada pedagang atau penjual saja tapi juga kepada perajin batu akik seperti pengasah, penambang dan juga penjual gagang cincin dan liontin. Nilai jualnya yang bisa sangat mahal setelah dijadikan cincin atau liontin kemudian dipajang dietalase membuat banyak orang rela meninggalkan profesi lama guna mengeluti bisnis batu akik dengan serius.

Jenis batu akik banyak sekali dengan bemacam-macam bentuk warna serta motifnya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki batuk akik dengan ciri khas tersendiri misalnya saja batu bacan, batu kecubung, batu merah delima, batu kalimaya, batu mata kucing, batu red raflesia, batu panca warna dan masih banyak lagi.

Harga batu akik sendiri bervariasi mulai dari yang puluhan ribu, ratusan ribu, jutaan bahkan sampai ratusan juta rupiah semua sesuai dengan jenis, bentuk, warna, motif dan kadar kristal batu tersebut. Harga batu mulia yang bervariasi tersebut tanpa adanya bandrol harga yang pasti membuat bisnis batu akik mampu memberikan keuntungan yang menggiurkan bagi para pebisnis batu mulia. ditambah lagi usaha ini jarang sepi peminat.

Ditengah maraknya batu akik dan peminatnya yang besar membuat sebagian oknum memanfaatkan tren batuk akik untuk melakukan penipuan dengan menjual batu akik palsu kepada konsumen guna mendapatkan keuntungan yang lebih besar. oleh karena itu anda juga harus tahu ciri-ciri batu asli sebelum menjalankan bisnis ini.

Ciri-ciri Batu Akik Asli

1. Memmpunyai unsur dingin
Pada batu akik yang asli ketika ditempelkan kekulit muka akan terasa sejuk dan dingin karena terdapat unsur dingin pada batu mulia asli.
2.Mudah dingin ketika dibakar
Adanya unsur dingin pada batu akik menjadikannya ketika dibakar terasa panas tapi akan langsung cepat dingin dalam hitungan detik. Selain itu ketika di panaskan atau dibakar batu tidak rusak atau meleleh. ini merupakan sifat khas batu mulia.
3. Tidak Mudah Lecet
Sifat lain dari batu akik yakni tidak mudah lecet karena lebih keras apabila jatuh atau digoreskan ke kaca. terutama yang kristalnya tinggi.
4. Memiliki Serat
Batu yang asli tidak sebening dan semulus batu buatan (sintetis). batu cincin asli biasanya mempunyai serat didalamnya kemudian tekstur luarnya juga tidak akan begitu sempurna.
5. Perhatikan Harganya
Batu cincin akik kalau yang bagus harganya pasti mahal dan harganya mahal biasanya mempunyai sertifikat yang berisikan nama batu, nomer identitas batu, warna, berat, bentuk, dimensi dan cap resmi dari perusahaan yang mengeluarkan batu tersebut.

Tips Memulai Bisnis Batu Akik

Bisnis batu akik memang menjadi peluang usaha yang menggiurkan dan menjanjikan ditengah trend yang sedang melanda masyarakat. Namun tentu sebelum anda memulai bisnis batu mulia sebaiknya baca tips memulai bisnis batu akik berikut ini:

1. Mempelajari Batu Akik
Mempelajari tentang batu akik baik berupa jenis, karakter batu, asal usul batu dan kadar batu perlu dilakukan sebelum terjun ke bisnis ini. Batu mulia saat ini banyak sekali jenisnya dan setiap daerah memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Jangan sampai anda terlalu memaksakan hanya karena tergiur untungya yang besar, sebab bisa-bisa anda bukannya untung malah buntung nantinya.

2. Menentukan Segmen Pasar
Jika ingin mengeluti usaha batu akik agar anda dapat fokus maka sebaiknya tentukan dulu segmen pasar yang akan digarap. Anda bisa menentukan segmen pasar sesuai dengan keahlian yang dikuasai untuk dikerjakan. Apakah anda ahli dalam memasang bingkai, mengasa/menghaluskan batu atau anda ahli dalam ilmu marketing. Agar lebih mudah dalam mengakomodasi semua kemampuan tersebut anda bisa membentuk tim, tapi konsekuensinya akan ada pembagian hasil.

3. Melihat Modal Usaha
Anda bisa dapat melihat untuk memperhitungan modal awal yang harus dikeluarkan jangan sampai ketika terjadi sesuatu akan membuat keuangan tidak baik. Sebab usaha ini termasuk bisnis musiman yang bisa kapan saja redup dan sepi peminat. Anda harus memperhitungkan segala kemungkinan yang bisa terjadi kedepannya, jangan sampai mengalami kerugian.

4. Lakukan Survey Terhadap Lokasi Batu
Guna mendapatkan batu akik dengan kualitas baik dan banyak peminatnya. Sebagai langkah awal memulai bisnis batu akik anda bisa melakukan survey di sekitar empat tinggal anda dulu. Kalau pangsa pasar anda sudah dalam skala besar maka bisa melakukan survey ke daerah diseluruh Indonesia uuntuk mencari batu mulia yang baik dan memiliki keunikan.

5. Survey Harga Batu
Harga batu akik selalu berubah-ubah biasanya harga batu mulia akan mengikuti trend jenis batu dan juga kualitas serta keunikannya. Anda bisa memantau perkembangan harga dengan survey ke tempat-tempat penjualan batu akik. atau bisa juga memantaunya secara online melalui media sosial dan forum yang ada di internet. Anda akan memperoleh banyak informasi untuk perkembangan bisnis kedepannya.

6. Melakukan Inovasi dan Terobosan baru
Guna menghindari kejenuhan para pengemar batu mulia anda bisa membuat inovasi terhadap batu akik tersebut.Apalagi inovasi juga dapat meningkatkan nilai harga batu selain agar penggemar batu tidak jenuh. Kemudian anda bisa membuat terobosan baru kepada para pengrajin dengan membuat bentuk yang lebih unik dan menarik. Ini bisa menjadi faktor pembeda dengan pebisnis batu akik lainnya yang sudah menjamur sekarang ini, sehingga usaha anda bisa bertahan lama.

Itulah beberapa tips yang perlu anda lakukan yang dapat kami sampaikan sebelum anda memulai usaha batu mulia ini. Semoga ulasan singkat ini dapat membantu rekan semua yang ingin mengambil peluang bisnis batu akik yang mengiurkan ini.

Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: