Peluang Bisnis Rumahan Jasa Les Privat Anak Sekolahan


Bisnis Rumahan Jasa Les Privat anak sekolan saat ini masih cukup menjanjikan. Apalagi untuk memulainya tidak memerlukan modal uang, hanya ilmu dan kemampuan dalam mengajar. Peluang bisnis jasa les privat sangat cocok bagi Mahasiswa yang ingin memanfaatkan waktu luang untuk menambah uang jajan. Tidak sedikit Mahasiswa/i yang menjadi guru les privat untuk mendapatkan tambahan uang jajan terutama mereka yang mendapatkan kiriman uang sedikit dari orang tua mereka.

Peluang Bisnis Rumahan Jasa Les Privat Anak Sekolahan

Namun, bisnis satu ini juga bisa dilakukan oleh para karyawan yang menguasai suatu bidang studi dan memiliki kempuan dalam mengajar ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa melakukannya setelah pulang kerja dengan memberikan les privat kepada anak tetangga misalnya.

Dan jika anda memiliki modal, anda bisa membuat sebuah lembaga yang menampung guru-guru les privat dan membantu menyalurkannya kepada mereka yang membutuhkan guru les privat untuk anaknya. Usaha ini cukup menjanjikan karena tidak sedikit orang tua yang mencari guru les privat bagi anak-anak mereka.

Peluang bisnis rumahan jasa les privat anak sekolahan mulai marak ketika pemerintah menetapkan standar kelulusan bagi siswa. Keputusan pemerintah menetapkan batas nilai kelulusan yang menjadi harga mati bagi setiap siswa membuat para orang tua berlomba-lomba menambah jam belajar anaknya mulai dari mencari guru les privat hingga mengikutkan anaknya ke lembaga bimbingan belajar terbaik.

Bagaimana memulai Bisnis Rumahan Les Privat ?

Jika anda ingin menjadi guru les privat anak sekolahan ada beberapa hal yang perhatikan sebelum memulainya yaitu sebagai Berikut:

1. Menguasai Berbagai Bidang Studi
Untuk menjadi seorang guru les privat, anda tentunya perlu menguasai berbagai bidang studi yang hendak dikursuskan kepada anak didik. Sehingga anda tidak hanya mengajar satu bidang studi saja.

2. Menentukan Segmen anak didik yang dituju
Sebelum memulai anda juga harus menentukan segmen anak didik yang dituju, apakah anak sekolah dasar (SD), Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataukah Sekolah Menengah Atas (SMA). Sebagai tahap awal anda bisa memulai dengan anak SD telebih dahulu karena mata pelajarannya lebih mudah dibandingkan anak SMP dan SMA.

3. Menentukan Spesialisasi Bidang Studi
Selanjutnya kita harus menentukan bidang studi apa yang akan menjadi spesialisasi kita. Jika anak sekolah Dasar, kita masih mudah dalam mengajarkan semua mata pelajaran. Tapi, jika yang kita ajar adalah anak sekolah menengah baik pertama atau atas maka akan agak sulit jika tidak menentukan spesialisasi bidang studi yang akan di leskan. Ajarkan mata pelajaran yang memang anda kuasai saja, jangan mengajar mata pelajaran yang tidak anda kuasai sehingga nilai anakn bisa menjadi lebih bagus setelah mengikuti les privat.

4. Menjadi Pemilik Bisnis Sekaligus Guru
Kita bisa mempromosikan diri sebagai pemilik bisnis rumahan kursus les privat sekaligus guru privat yang bisa dipanggil ke rumah siswa dan menentukan tarif dasar mengajar.

5. Mengumpulkan Mahasiswa
Kita bisa mengumpulkan Mahasiswa di kampus yang memiliki kemampuan mengajar dan bisa diajak bekerja sama dengan baik untuk menjadi tenaga pengajar.

6. Membuat Kurikulum Pengajaran
Agar pengajaran berjalan dengan baik dan setiap bahan pelajaran yang diberikan kepada anak didik menjadi lebih terarah maka kita perlu membuat sistem kurikulum pengajaran sederhana.

Baca juga: Peluang Bisnis Rumahan Reseller Madu Hitam

Analisis Bisnis Rumahan Jasa Les Privat

Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis rumahan jasa les privat berikut Analisis Bisnis dan Estimasi Pendapatan sebagai gambaran untuk anda:

Investasi Awal

Untuk memulai Jasa Les Privat tidak ada investasi awal yang perlu anda keluarkan yang dibutuhkan adalah ilmu pengetahuan dan kemampuan dalam mengajar. Paling anda membeli beberapa buku pelajaran untuk menunjang kegiatan dalam memberikan kursus kepada para siswa. Tapi jika memang tidak memiliki modal belum membeli buku juga tidak jadi masalah, mungkin anda bisa meminjam buku diperpustakaan terlebih dahulu. Jika lokasi anak didik cukup jauh anda juga perlu menyiapkan biaya transportasi.

Estimasi Pendapatan

Sebagai gambaran untuk anda, pendapatan yang bisa didapatkan dari bisnis rumahan jasa les privat anak sekolahan yaitu Apabila dalam satu bulan anda memiliki 6 orang siswa dengan tarif perbulannya sekitar Rp 200.000,- Sementara biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi dan telepon sekitar Rp 200.000,- maka penghasilan yang bisa anda dapatkan dalam satu bulan sekitar Rp 1.000.000,-. Wah, luamayan juga bukan, bagi seorang mahasiswa penghasilan sebesar itu sudah bisa untuk membayar sewa kosan dan makan.

Selain jasa les privat anda juga bisa membuka usaha bimbingan belajar klasikal. Berbeda dengan les privat yang fokus pada satu anak, Bimbel klasikal dilakukan dalam satu ruangan dengan murid bisa mencapai puluhan siswa.

Kelebihan bisnis bimbel klasikal dibandingkan les privat yakni dari segi penghasilan tentu lebih besar karena jumlah siswa lebih banyak. Namun, anda harus ekstra sabar dan memiliki keahlian dalam menghadapi banyak siswa yang karakternya berbeda-beda.

Untuk menjalankan bisnis bimbel klasikan ada beberapa hal yang perlu anda lakukan yaitu sebagai berikut:

  • Menyiapkan Tempat
    Jika anda ingin membuka bimbel di rumah maka anda perlu menyiapkan sebuah ruangan kosong sebagai tempat belajar lengkap dengan meja dan kursi tentunya.
  • Membuat Manajemen keuangan yang jelas
  • Kurikulum, RPP dan evaluasi yang baik
    Agar siswa dapat belajar secara terarah dan tertarget maka perlu membuat Kurikulum, RPP dan evaluasi yang baik. Evaluasi berguna sebagai indikator keberhasilan siswa dalam belajar sehingga dapat menentukan langkah selanjutnya.

Bagaimana, anda tertarik dengan peluang bisnis rumahan jasa les privat anak sekolahan ? jika, ya silahkan dicoba terutama bagi para mahasiswa yang ingin menambah uang jajan. Semoga artikel singkat diatas bermanfaat dan buat kamu yang ingin menjadi guru les semoga sukses selalu.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: