Peluang Usaha Celana Jeans Fungky Beromset Ratusan Juta


Peluang usaha celana jeans merupakan salah satu bisnis yang memiliki segmen pasar yang cukup jelas dan termasuk fanatik. Meskipun bisnis di dunia fashion termasuk yang paling ketat persaingannya, namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan jelang era pasar bebas membuat peluang usaha celana jeans tak pernah mati. Apalagi bila bisa menciptakan produk yang berbeda misalnya celana jeans funky yang beromset ratusan juta.

Peluang Usaha Celana Jeans Fungky Beromset Ratusan Juta

Kebutuhan akan fashion, terutama bagi anak muda seolah telah menjadi hal yang wajib untuk di penuhi. Pasalnya anak mudah jaman sekarang baik wanita maupun pria selalu mengikuti perkembangan fashion yang tengah berkembang. Para pebisnis yang bergerak dibidang fashion pun dituntut untuk lebih kreatif dan mampu berinovasi untuk menciptakan produk yang bisa mengikuti tren fashion dewasa ini. dan salah satu contoh pebisnis yang sukses membuat usaha yang bergerak dibidang fashion adalah Martias Samsudin dan Bobby Wijanarko dengan produksi celana jeans fungky yang mampu meraih omset hingga ratusan juta rupiah dengan keuntungan lebih dari 70%.

Dikutip dari Tabloid peluang usaha edisi mei 2015 dua orang sahabat Martias Samsudin dan Bobby Wijanarko sukses membuat usaha yang bergerak dibidang fashion dengan memanfaatkan celah tren fashion yang tengah berkembang. mereka berdua memiliki visi dan misi yang sama untuk membangun suatu usaha yang diberi nama Quen Beer. Martias mengungkapkan “Awalnya kita melihat pasar denim/jeans pada waktu itu dikota Bekasi sangat bagus namun belum ada brand jeans setempat yang berkualitas, padahal semua orang terutama anak muda dalam kesehariannya pasti mengenakan celana jeans,”. Dalam membangun usaha ini mereka berdua juga pernah mengalami kerugian, untuk mengatasi kerugian tersebut mereka pun menggunakan jasa investor untuk meningkatkan aset usahanya.

Artikel lainnya : Peluang cerah bisnis batik dari rumah

Modal Membuka Usaha Celana Jeans Fungky

Dengan bermodalkan Rp 30 juta, Queen Beer pun terbentuk. Modal tersebut digunakan untuk biaya produksi, bahan baku, aksesori jeans serta kelengkapan seperti sticker, plastik paper bag, dll. Dalam menjalankan usaha celana jeans funky Bobby dan Martias tidak mempunyai keterampilan khusus, mereka belajar secara otodidak karena keinginan yang sama untuk sukses.

Menurut Martias, prospek usaha ini sangat bagus kedepan karena banyak anak muda yang diedukasi oleh keduanya untuk mengenakan dry jeans, persaingan pun cukup ketat dan dari pengamatan keduanya, saat ini ada 3 brand yang menjadi pesaing utama Queen Beer yaitu PMP Jeans, Aye Denim, dan Noots Jeans. Untuk menghadapi persaingan tersebut kedua sahabat ini berusaha meningkatkan edukasi-edukasi tentang dry jeans serta menambah konten promo secara up to date. selain itu Queen Beer juga memiliki izin usaha.

Martias dan Bobby membutuhkan waktu satu tahun untuk balik modal usaha, karena pendapatan selalu diputar lagi untuk menambah modal usaha. Dalam merintis bisnis ini ada saja kendala yang dihadapi misalnya ketersediaan bahan baru yang sering langka dipasaran dan harga bahan baku yang naik turun tidak tentu.

Produk Jeans Queen Beer

Usaha yang sudah dibentuk sejak tahun 2010 ini memiliki 18 jenis produk diantaranya jeans, chino, hoodie, T-shirt, Polo shirt, Flannel, Bag, Wallet, Key chain, trcket hat, snapback, jaket Jeans, Raglan tees, tank tees. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 130 ribu sampai Rp 400 ribu.

Trend celana jeans bukan hanya dari segi model saja. seperti produk jeans Queen Beer yang terus bergonta ganti cara dan sistem pencucian akhir celana jenas sehingga selalu menarik customer, sehingga pantas jeans disebut produk everlasting. Selain jeans untuk desain atasan yang sedang tren yaitu atasan dengan black fashion, biasanya hanya polosan warna hitam dengan sedikit ornamen warna putih.

Produk Queen Beer memiliki ciri khas bordiran dikantong belakang celana (arcuate). Menggunakan bahan jeans yang tidak begitu tebal namun tetap nayaman saat dikenakan dan kuat serta jahitan full chainstitch pada semua sisi agar kekuatan jahitan yang lebih kuat. Sebulan sekali Queen Beer selalu mengeluarkan produk baru, agar customer tidak bosan dengan produk yang ditawarkan, biasanya 40-100 pcs dalam sebulan. Untuk produk yang kurang laku martias dan booby menyiasatinya dengan memberikan kepada artis atau Talent Queen Beer agar produk tersebut dipromosikan melalui sosial media mereka. itu juga merupakan cara yang bisa dimanfaatkan untuk promosi produk.

Artikel lainnya : Peluang Bisnis graosir baju anak

Proses Produksi Jeans Queen Beer

Sampai saat ini martias dan Bobby masih menggunakan jasa pengrajin atau vendor untuk memproduksi semua produk queen beer. Jadi mereka hanya menanggung segalan kelengkapan bahan saja. Bahan baku dan segala kelengkapa produksi didapatkan diseputaran Bandung seperti Leuwi panjang, tamim, Antapani, dll. Untuk memenuhi kebutuhan produksi setiap bulan Queen Beer 2 roll besar bahan celana jeans dengan produksi minimal 500 pcs setiap bulan serta setiap 6 bulan sekali memproduksi kancing, leather patch, woven, printing label, dll.

pembuatan celana jenas dimulai dengan pemotongan bahan, penjahitan, penempelan aksesori, baru setelah itu penyatuan semua bahan. Saat ini Queen Beer memiliki 6 orang karyawan yaitu 4 orang shopkeeper dengan gaji Rp1,25-1,7 juta per bulan, 1 orang admin dengan gaji Rp 2 juta per bulan, dan 1 manajer store Rp 3-3,5 juta per bulan. Omset per bulan Queen Beer mencapai Rp 100-200 juta dengan keuntungan bersih lebih dari 70%.

Pemasaran dan Peluang Usaha Reseller Celana Jeans

Produk Queen Beer pada awalnya dipasarkan via kerabat-kerabat artis seperti Last child, Superglad, Night to Remember, dll serta dari mulut ke mulut. Martias dan Bobby juga sempat mengalami kendala dalam pemasaran karena lebih besar biaya promo dibanding biaya produksi. produk Queen Beer masuk ke segala kelas baik menengah kebawah maupun menengah keatas karena menggunakan bahan menengah yang baik. Jadi tidak ada perbedaan untuk masuk ke pasar menengah kebawah maupun menengah keatas. Dalam pengemasan Queen Beer memilih menggunakan palstic wrap yang bersablon Queen Beer.

Untuk menarik perhatian para customer Martias dan Bobby memiliki trik khusus yaitu memberikan Bracelet Queen Beer yang sudah dibuat secara limited setiap pembelanjaan sebesar Rp 300 ribu. Dalam setahun Queen Beer biasanya bisa menjual minimal 20 produk dengan rata-rata pendapatan per hari Rp 2-5 juta. permintaan terbanyak biasanya terjadi dipertengahan tahun, skhir tahun dan saat pameran Jakcloth, sebelum lebaran dan Natal, tahun baru, pendapatan meningkat hingga 300%. Harapan Queen Beer adalah menjadi merek jens dan clothing terbaik dan mampu memenuhi kebutuhan pasar serta dapat masuk ke pasar luar negeri.

Bagi anda yang tertarik dengan peluang usaha bidang fashion Queen Beer juga membuka kesempatan untuk menjadi reseller dengan potongan harga sebesar 30% untuk minimal pembelanjaan Rp 5 juta. sedangkan untuk reseller yang melakukan pembelian sebanyak Rp 15 juta akan mendapatkan potongan harga 40%. Queen Beer memberlakukan sistem jual putus dan minimal order Rp 5 juta (gros) atau 3Rp 3 juta (neto) kepada para pedagang bila membeli secara grosir. Pembelian biasanya secara cash ditambah ongkos kirim untuk luar kota/pulau.

Demikianlah info peluang usaha celana Jeans funky yang beromset ratusan juta rupiah dari Brand Queen Beer. Ada banyak sekali peluang usaha di bidang fashion, tapi tentunya dibutuhkan inovasi serta kreatifitas yang tinggi untuk bisa menghadapi persaingan yang ketat.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , , ,

JANGAN LEWATKAN: