Peluang Usaha Kuliner Pondan Cake Rumahan


Peluang usaha bidang kuliner memang memang memiliki prospek menjanjikan seperti Pondan cake rumahan yang diminati hingga Mancanegara. Bisnis ini mampu memberikan keuntungan bersih hingga 75% dengan memperbanyak produksi menggunakan teknik 3in1 . Usaha berbasis kuliner memang tak ada matinya, terlebih usaha yang digeluti belum memiliki kompetitor yang banyak. kini beragam kreasi penghias cake hadir dengan berbagai jenis dan rasa. salah satunya adalah Pndan Cake. dengan menggunakan pondan semua cake dapat dikreasikan sehingga tampilan lebih menarik. Selain itu bisnis pondan merupakan bisnis yang potensial karena masih sedikitnya pelaku usaha pondan dalam negeri. hal itu ditangkap oleh Ni Kadek Kristy Hellen Winatasari sebagai peluang bisnis yang potensial. berkat kepandaiannya menangkap peluang kini ia mampu menangguk omset hingga Rp 90juta perbulan dengan mengusung Brand D’NKH Signature. Seperti apa resep sukses ala D’NKH Signature ini? mari simak info menarik ini selengkapnya.

Peluang Usaha Kuliner Pondan Cake Rumahan

Hobi yang ditekuni secara serius dapat berubah menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Itulah yang dilakukan Ni Kadek Kristy Hellen Winatasari atau yang akrab disapa hellen, yang hobi mendekorasi cake dengan pondan buatannya sendiri. Selain hobi mendekorasi cake Hellen juga menyalurkan hobinya dengan membuka kelas memasak dan cake dekorasi. Setelah pondan buatan Hellen mulai mendapatkan respons positif dari para murid dikelas memasaknya, Hellen mulai memberanikan diri untuk terjun lebih dalam karena ia menangkap peluang bisnis yang patut di garap. Meskipun Hellen hobi dalam dunia memasak khususnya dekorasi cake namun sebenarnya latar belakang pendidikan Hellen adalah Master Of Education Psychology Jebolan Universitas Malaya, oleh karena itu diawal-awal usaha ia menjalankan bisnisnya di negeri jiran Malaysia.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2010 dan dimantapkan tahun 2011 ini bisa dibilang tanpa modal awal. Pasalnya, Hellen telah memiliki berbagai perlengkapan yang diperlukan seperti mixer roti dan wadah palstik sebagai tempat mengadon pondan. Saat itu Hellen hanya membeli bahan baku saja senilai tak lebih dari Rp 10 juta. Selain memproduksi Pondan Cake kini Hellen juga tengah mengembangkan passionnya dalam bisnis jasa terima pesanan dan memberikan kelas-kelas self-improfment serta culinary. semua itu bisa diwujudkannya karena ia telah mengantongi modal dasar yaitu sertifikat Master Cake Decoration PME dari Inggris yang bisa digunakan sebagai kartu as di berbagai negara untuk membuka kelas culinary.

Sekembalinya ke tanah air tahun 2014 Hellen melakukan penyegaran pada bisnisnya dengan mengusung Brand D’NKH Signature yang diambil dari singkatan namanya sendiri Ni Kadek Hellen. Saat ini Hellen memilih tempat usaha di dapur rumahnya dibilangan kebagusan Jakarta Selatan. Hellen sengaja menggunakan dapur rumahnya sebagai tempat produksi Pondan Cake karena ia ingin menciptakan pondan hasil Home Industry secara hand Made. “Selain ingin membuat produk hand made saya juga ingin setiap hari bersama anak-anak sehingga saya resign dari pekerjaan dan memilih usaha,” ujar mantan presenter TVRI ini sebagaimana dikutip dari Tambloid peluang usaha.

Mendapatkan sertifikat halal dari MUI merupakan target awal Hellen untuk menggencarkan usahanya menyasar pasar yang lebih luas. sampai sejauh ini pemberian label halal sedang dikaji lebih lanjut karena Hellen ingin mewujudkan visi usahanya yaitu perusahaan penyedia jasa makanan dan memproduksi makanan yang halal, bermutu, terjamin dan mampu memproduksi produk inovatif berkualitas tinggi.

Prospek dan Persaingan Bisnis Pondan Cake

Hellen sangat yakin usaha pondan cake kedepannya akan cemerlang. keyakinan itu bukan tanpa alasan. ia melihat semakin banyak dan berkembang grup-grup kuliner seperti kelas masak di Indonesia. selain itu kebutuhan pondan pasti akan terus meningkat seiring tumbuhnya industri pembuatan kue di dalam maupun luar negeri. sekarang ini telah banyak grup kuliner di Indonesia dimana anggotanya mencapai ribuan orang dan sebagian besar mengambil kelas dekor cake,” optimis wanita yang juga hobi melukis ini.

dari segi persaingan usaha di Indonesia bisa dibilang produsen pondan untuk cake masih bisa dihitung dengan jari, terlebih pondan yang memiliki kualitas bagus. Menurut Hellen daerah di luar pulau Jawa seperti kalimantan belum ada pemasok pondan asal pabrikan dalam negeri, semuanya Impor. Meski begitu tak menutup kemungkinan masyarakat beralih menjadi produsen pondan cake karena merupakan usaha yang berprospek selain itu kini resep-resep prmbuatan pondan cake sudah cukup mudah didapat masyarakat dengan mengunduhnya didunia maya.

Produk pondan cake buatan Hellen memiliki beragam varian rasa mulai dari strawberry, blueberry, cokelat, vanila, signature, buble dan lain sebagainya. masing-masing rasa memiliki warna yang berbeda mulai dari merah, biru, putih, kuning dan hijau. Hellen bisa membuat pondan cake beraneka ragam rasa tergantung permintaan konsumen. dari semua rasa yang diciptakan Hellen yang paling laris adalah pondan dengan rasa signature yang memiliki rasa ketika dimakan seperti buble gum atau permen karet, manis memiliki aroma yang wangi sehingga pas jika dipadukan dengan cake. 1 kg pondan cake produksi D;NKH signature dibanderol Rp 80 ribu untuk signature dan Rp 120 ribu untuk rasa lain.

Kelebihan Pondan Cake D’NKH Signature

Kelebihan pondan buatan D’NKH Signature yaitu tidak mudah pecah jika digunakan, memiliki tekstur lebih halus dan kenyal dibanding pondan lain, serta punya rasa yang lebih enak. begitu juga dengan kelas dekorasi cake yang kerap digelar di rumahnya, Hellen menyuguhkan suasanan yang berbeda. Sebelum memulai kelas Hllen Kerap Menyuguhkan Self Empowerment technique kepada peserta yaitu pemberian relaksasi dan terapi lalu dilanjutkan dengan praktik dekorasi cake yang disebut Hellen sebagai teknik 3in1. Dalam teknik tersebut peserta diberikan hipnotis simple dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan diri sendiri. hasilnya pun efektif karena peserta menjadi lebih fokus bekerja, bisa menghasilkan produk yang luar biasa, mampu meningkatkan jumlah produksi dengan jumlah yang lebih besar.

Untuk bergabung dengan kelas dekorasi pondan cake Hellen syaratnya cukup mudah, peserta bisa datang dalam satu grup yang berintikan 4 orang atau kelas private 1-2 orang dan jika hellen sedang mengadakan demo masak bisa hingga 50 orang. Materi yang diajarkan beragam dan jika ingin request materi lain diperbolehkan asalkan Hellen menguasai materi tersebut. Lamanya kursus satu hari dari pagi hingga soredan bahan serta peralatan telah disediakan oleh Hellen. sehingga peserta tinggal datang saja. kepada masing-masing peserta dikenakan biaya Rp 1 juta. Dalam satu minggu biasanya Hellen membuka kelas 2 sampai 3 kali.

Sampai dengan saat ini bahan baku yang digunakan Hellen dalam usaha pembuatan pondan masih berupa produk import. Bahan baku yang digunakan antara lain icing sugar good quality, glukosa, gliserin, shortening (margarin putih), perasa dan pewarna pondan. Untuk pewarna Hellen menggunakan merek wilton yang langsung diimport dari Amerika serikat. sedangkan icing sugar Hellen dapatkan dari pemasok yang ada didaerah Jakarta Pusat. Dari semua bahan yang ada icing sugar lebih banyak digunakan dalam komposisi pembuatan 1kg pondan cake ketimbang bahan lain. Lamanya produksi 1kg pondan cake cukup singkat hanya berkisar 30 menit menggunakan mixer roti.

Baca juga : Peluang usaha rumahan produksi kerupuk

Pemasaran yang Hellen anggap efektif, jitu dan berbiaya murah bahkan gratis adalah dengan memasukan produknya ke sejumlah kelas memasak yang kini tengah menjamur dikota-kota besar. Menurut Hellen testimoni para peserta merupakan pemasaran yang sangat cepat karena dari mulut ke mulut dan akhirnya sampai pada konsumen yang berlokasi jauh sekalipun. Hellen juga berencana memasarkan produknya via internet karena tidak sedikit permintaan yang berasal dari luar kota seperti Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Kalimantan, dan Bali dengan ongkos kirim ditanggung konsumen, bahkan mereka yang membeli pondan untuk dijual kembali. Selain dari dalam Negeri permintaan pondan cake juga datang dari luar negeri seperti Beijing dan Amerika Serikat. Maka tak heran dalam satu bulan jika digabung pemasukan dari pondan dan kelas dekor cake Hellen bisa meraup omset hingga Rp 90 juta dengan keuntungan bersih sekitar 75%.

Saat ini kendala yang dihadapi Hellen dalam menjalankan usahanya adalah tenaga kerja yang kurang karena dari minggu ke minggu permintaan selalu mengalai grafik peningkatan. Ketersediaan bahan baku yang sebagian masih import menjadi masalah tersendiri sehingga harus melakukan stok setiap kali belanja.

Peluang Usaha Pondan Cake Rumahan D’NKH Signature

Dalam menjalankan usahanya Hellen menerapkan sistem pembayaran Cash, sehingga kini ia telah memiliki beberapa reseller di Jakarta, Karawang, Batam dan Kalimantan. Bagi anda yang berminat dengan peluang usaha bidang kuliner, Pondan Cake merupakan usaha rumahan yang bisa anda coba. Untuk Menjadi reseller syaratanya cukup mudah hanya dengan membeli minimum 10 kg dan reseller mendapatkan potongan harga 10%. untuk info lebih lanjut Hubungi : D’NKH Signature jl. Kebagusan Jakarta Selatan.

Peluang usaha kuliner merupakan usaha rumahan yang cukup menjanjikan serta tidak akan pernah mati. Apalagi jenis kuliner yang dipasarkan masih baru dan belum memiliki banyak saingan seperti Pondan Cake ini. Bagi para wanita bisnis kuliner tentu akan lebih mudah dijalankan terutama kaum ibu rumah tangga, sebab sangat indentik dengan kegiatan mereka sehari-hari yang selalu berhubungan dengan dapur.

Bagikan Artikel ini :
tags: , , , ,

JANGAN LEWATKAN: