Peluang Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa


Peluang usaha sampingan ~ Bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan di bangku kuliah menjadi mahasiswa merupakan satu kebanggaan apalagi dalam memperjuangkan pendidikan di perguruan tinggi dengan hasil keringat sendiri. Yes, kini, tidak sedikit diantara mahasiswa yang memiliki semangat luar biasa dengan berani kuliah untuk memperbaiki kehidupannya meskipun kurang mampu. Dengan sedikit kreatifitas melihat peluang dan berani mengambil resiko mereka membuka usaha sampingan modal kecil yang sesuai dengan kantong mahasiswa untuk membiayai kuliah dan kehidupannya.

peluang usaha sampingan untuk mahasiswa

Berbeda dengan anggapan banyak orang bahwa menjadi mahasiswa kita akan selalu disibukkan dengan berbagai tugas dan paper yang harus dikerjakan sepanjang waktu. Faktanya, di tahun-tahun kuliah kita banyak memiliki waktu luang yang bisa kita manfaatkan untuk berbagai hal yang produktif, seperti memulai usaha atau bisnis. Kesamaan nasib dengan beberapa teman bisa menjadikan hal yang efektif untuk mendorong anda dan beberapa teman untuk memulai usaha bersama. Dan berikut adalah beberapa peluang usaha sampingan untuk mahasiswa yang bisa anda coba baik sendiri ataupun bersama teman.

baca juga : macam usaha sampingan di rumah

Macam macam peluang usaha sampingan untuk mahasiswa

1. Berjualan Souvenir atau Makanan Khas dari Tempat Tinggal.

Jika anda termasuk satu dari ribuan mahasiswa perantauan, anda bisa memanfaatkannya dengan berjualan berbagai kerajinan atau souvenir unik serta jenis-jenis makanan khas dari tempat tinggal anda. Bawalah beberapa barang atau produk setiap kali anda pulang kampung. Anda bisa mengajak beberapa teman dari berbagai daerah asal lainnya untuk melakukan hal yang sama, sehingga barang dagangan anda akan beraneka ragam dan berasal dari banyak daerah di seluruh Indonesia.

2. Guru Les Privat.

Sebagai seorang mahasiswa apalagi yang telah menginjak tahun menengah keatas, tentunya anda sudah paham dan mendalami bidang yang anda pelajari. Untuk itu, anda memanfaatkan pengetahuan dan pemahaman tersebut dengan menjadi guru les privat. Anda hanya perlu menyediakan waktu untuk mengajar dan pemahaman terhadap materi, maka anda pun telah siap untuk menjadi guru les privat. Mulailah dengan lingkungan sekitar tempat anda tinggal. Perlahan-lahan, saat anda sudah mulai terbiasa dengan pekerjaan tersebut, anda bisa mulai menyasar kelas yang lebih atas atau bahkan mungkin menjadi tutor di sebuah lembaga pendidikan anak SD hingga SMA.

3. Jasa Pengetikan dan Penerjemahan.

Jika anda adalah mahasiswa Bahasa atau menguasai beberapa bahasa internasional, anda bisa menjadikannya peluang usaha dengan membuka jasa pengetikan dan penerjemahan. Keseluruhan proses pengerjaan orderan bisa anda lakukan dari kamar kos atau dimana saja ada akses computer dan internet.

4. Usaha Rumahan Bisnis Online

Saya yakin hampir sebagian besar mahasiswa memiliki laptop dan modem dewasa ini. laptop dan modem sekarang ini ibarat sudah menjadi barang kebutuhan pokok bagi para mahasiswa yang mereka gunakan sebagai sarana untuk mencari tugas atau referensi makalah atau karya ilmiah. Namun sayangnya kebanyakan mahasiswa hanya menggunakannya untuk mencari tugas dan facebookan, padahal alangkah baiknya kalau memaksimalkan komputer untuk berbisnis. Bila laptop tersebut dimanfaatkan untuk bisnis Anda bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah bahkan ratusan juta hanya dari ber bisnis online, seperti bisnis google adsense, menjual produk dengan membuka toko online dll.

baca juga : usaha sampingan untuk karyawan

So, dengan semua ide-ide peluang usaha sampingan untuk mahasiswa diatas, setidaknya anda sudah mendapat sedikit ilham untuk memulai usaha anda semenjak masa kuliah. Siapa tahu, usaha yang anda rintis ini akan menjadi usaha yang cukup menjanjikan saat anda memutuskannya beranjak professional nantinya.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: