Pentingnya Support System IT Pada Bisnis Tour and Travel


Dewasa ini kecanggihan teknologi tak dapat ditampik lagi untuk diterima oleh siapapun. Era digital seolah menjadi pertanda jika kemajuan zaman sudah menjadi sebuah keniscayaan. Untuk itulah tak salah jika banyak yang memanfaatkan kecanggihan teknologi di era Digital saat ini. Dan banyak yang berlomba-lomba memanfaatkannya termasuk bisnis tour and travel. karena pentingnya support system IT pada bisnis tour and travel, Tak sedikit pelaku industri tour and travel yang selalu berinovasi dengan menyediakan berbagai pelayanan lewat sistem IT (information and Teknology) yang memanjakan para customer. Mulai dari layanan service 24 jam, issued ticket, sampai dengan yang terbaru ialah penyediaan mobile application.

Pentingnya Support System IT Pada Bisnis Tour and Travel

Hal yang senada pun diucapkan oleh Ahmad Ulya, Owner dan Founder Voltras Agent Network (VAN), yang mengatakan jika IT menjadi hal yang fundamental dalam ranah bisnis tours & travel. Menurutnya, sentuhan IT sangat diperlukan pada bisnis tour and travel karena sentuhan IT, sebuah perusahaan travel dapat mengejar volume yang dahsyat dengan rasio biaya yang semakin kecil. Dibandingkan jika dikelola secara konvensional. ungkapnya.

Baca juga: Usaha Kecil Menengah Berbasis Teknologi

Ia pun menambahkan jika IT kian hari kian mempermudah para pelanggan. Tanpa memiliki batas waktu dan tempat, sejatinya IT semakin memudahkan pebisnis online, bukan sebaliknya. IT dapat memudahkan pelaku bisnis karena Ulya menilai jika IT dapat mengurangi kegiatan administratif dan clerical work. “Dengan begitu pebisnis lebih fokus dan mengerahkan energinya untuk berjualan, bukan justru sibuk dioperasional dan pencatatan,” imbuhnya.

Dan bagi siapa pun yang baru akan menggeluti bisnis tour and travel online Ulya memberikan masukan jika hal paling mendasar untuk disiapkan adalah kemauan untuk memulai, memahami bisnis serta menggunakan alat dan metode yang tepat. Mulai dari lingkungan terdekat, membangun kepercayaan dan memperkaya pengalaman. Tidak kalah penting, tekannya, pada bisnis online adalah culture, mindset, perilaku serta gaya yang diperlukan akan berbeda dengan menjalankan bisnis secara konvensional.

Pebisnis bisa saja tidak bertemu dengan konsumen secara fisik. Disini pebisnis harus mampu membuat sistem yang mempresentasikan sosok perusahaannya yang cepat, nyaman, tidak menyulitkan dan terpercaya. Metode-metode pemasaran yang digunakan juga akan berbeda dengan cara yang lama,” terang Ulya.

Cara terbaik untuk membangun sebuah sistem IT pada bisnis tour and travel adalah dengan memahami business process didalamnya. Setiap tahapan dalam industri travel harus dipahami betul karena didalamnya ada regulasi, juga ketentuan-ketentuan dari maskapai maupun pemerintah. Pemahaman juga diperlukan untuk ekspansi ke pasar internasional, dimana regulasi yang berlaku berbeda dengan business process yang diterapkan di Indonesia.

IT tanpa pemahaman business process tidak akan terimplementasi dengan sempurna. Kemampuan pebisnis dalam merangkum proses tersebut menjadi sebuah sistem yang handal, tidak ribet dan tidak rumit. Buat apa membuat sistem kalau justru bisnisnya semakin sulit.

Baca : Bisnis Tour and Travel Terdahsyat

Dan untuk membangun sebuah sistem IT pada bisnis tour and travel, tentu saja ada proses dan tahapan yang harus dipenuhi. selain itu kita juga harus memiliki tekad dan kemauan yang besar untuk memulainya. Kita harus belajar dan memahami kemajuan teknologi dan perilaku konsumen. Potensi bisnis tour and travel semakin besar seiring dengan tumbuhnya perekonomian. dari sisi pasar, terlihat jika makin meningkatnya mid-class consumer Indonesia juga merupakan sebuah oppurtunity. Indikasi lain ialah maskapai menambah armadanya dan membuka rute-rute baru. Setiap aspek memang sangat mendukung berkembangnya bisnis ini. Jadi itulah mengapa pentingya support system IT pada bisnis tour and travel.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: