Peran Usaha Kecil Menengah (UKM) Terhadap Perekonomian Global


Peran usaha kecil menengah terhadap perekonomian global sangatlah penting bagi perekonomian di Indonesia. Sebelum membahas tentang hal tersebut, terlebih dahulu kita bahas tentang UKM. UKM atau usaha kecil menengah merupakan usaha dalam skala kecil yang maksimal laba bersihnya yaitu Rp. 200.000. Usaha kecil menengah merupakan salah satu penggerak perekonomian negara. Oleh karena itu, kehadiran UKM UKM harus didukung penuh terutama oleh pemerintah. Dengan adanya UKM maka dapat menciptakan lapangan kerja baru sehingga membutuhkan tenanga kerja yang pada akhirnya dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, UKM juga sangat berpengaruh besar terhadap perekonomian di negara negara lain.

Peran Usaha Kecil Menengah Terhadap Perekonomian Global

Sektor UKM telah menjadi salah satu agenda pembangunan ekonomi di Indonesia dan telah terbukti ketangguhannya. Terbukti dari  krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1998, sector usaha lain ikut koleps dengan krisis tersebut, hanya UKM yang bertahan dari kolepsnya ekonomi. Mudrajad Kuncoro mengungkapkan dalam harian Bisnis Indonesia yang bertepatan pada tanggal 21 Oktober 2008 silam, bahwa UKM terbukti tahan terhadap krisis dan mampu survive. Alasan tersebut yaitu karna UKM tidak memiliki hutang luar negeri, alasan selanjutnya yaitu karena UKM tidak banyak menggunakan dana atau hutang dari perbankan sehingga dianggap unbankable. Selain itu, UKM menggunakan input lokasl dan alasan terakhir yaitu UKM berorientasi ekspor.

Ketika pada masa krisis ekonomi yang berkepanjangan, UKM mampu bertahan dan justru memiliki potensi untuk berkembang. Oleh karena itu, UKM sebaiknya didukung semaksimal mungkin oleh pemerintah. Sampai saat ini, UKM dalam sector makanan dan minuman memiliki prosi terbesar dalam UKM karena membentuk rantai makanan yang pada akahirnya menggunakan input bahan baku dan output menjadi makanan dan minuman.

baca : Contoh proposal usaha kecil

Ada beberapa asalan mengapa UKM mampu bertahan dan justru cenderung meningkat pada era globalisasi :

1. Pada umumnya UKM memperoduksi barang barang konsumsi serta jasa jasa dengan fleksibilitas terhadap permintaan yang rendah, oleh karena itu pendapatan masyarakat yang berada pada tingkat rata rata tidak akan berpengaruh terjadap permintaan barang. Tidak hanya itu, sebaliknya kenaikan tingkat pendapatan juga tidak berpengruh terhadap permintaan barang.

2. Pada umumnya UKM tidak mendapatkan modal dari bank. UKM pada umumnya memiliki modal dari dana pribadi atau bantuan pemerintah sehingga tidak banyak menggunakan modal dari bank. Oleh karena itu, ketika suku bunga naik maka tidak akan berpengaruh terhadap sector ini. Sedangkan perusahaan berskala besar justru akan berpengaruh terhadap suku bungan yang naik.

3. UKM semakin meningkat justru dimasa masa krisis, hal tersebut karena pada masa krisis perusahaan akan memberhentikan pekerjanya, dengan begitu kemungkinan terciptanya UKM baru lebih meningkat.

Peran usaha kecil menengah terhadap perekonomian global memang sangat penting terutama bagi Indonesia. Oleh karena itu, pembentukan UKM  sebaiknya didukung penuh oleh pemerintah sehingga semakin banyak orang orang yang berminat untuk membentuk usaha UKM. Dengan begitu, maka tingkat pengangguran di Indonesia akan semakin menurun.

Selain itu, adanya UKM tidak hanya berperan penting bagi pemerintah Indonesia namun juga sangat berperan penting terhadap perekonomian pemerintah daerah dan masyarakat daerah setempat. Hal hal tersebut akan juga berpengaruh terhadap pembangunan. Dengan begitu besar peran usaha kecil menengah terhadap perekonomian global, anda  bisa memulai untuk membentuk UKM UKM sesuai dengan bidang yang anda minati.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: