Persiapan Memulai Usaha Sampingan Wajib Anda Ketahui


Ada banyak yang bisa diambil ketika kita dihadapkan pada masalah ekonomi yang tidak pernah ada habisnya. Cara pertama yang bisa ditempuh yakni dengan menambah jam kerja seperti lembur untuk mendapatkan uang tambahan. kita juga bisa melakukan investasi dengan membeli sejumlah surat deposito atau cara lain yang lebih baik dan lebih menjanjikan masa depan adalah dengan mencoba memulai usaha sampingan.

Persiapan Memulai Usaha bisnis Sampingan

Dengan memiliki bisnis sampingan meski kita masih bekerja sebagai karyawan, bisnis tersebut tetap bisa dijalankan tanpa harus mengorbankan waktu kerja kita sebagai karyawan. Bisnis sampingan tersebut akan memberikan pemasukan tambahan selain gaji poko yang kita terima dari perusahaan tempat bekerja.

Peluang memiliki bisnis sampingan sebenarnya sering dilirik oleh banyak karyawan. Bukan hanya kita saja, tapi mungkin rekan kerja juga ada yang memiliki pikiran yang sama untuk memiliki usaha bisnis sampingan sendiri. Secara teori memang mempunyai usaha sampingan akan memberikan penghasilan tambahan yang sangat lumayan terlebih jika usaha tersebut dapat berkembang dan tumbu besar. Namun, dengan adanya bisnis sampingan tersebut tentu ada konsekuensi yang harus kita jalani.

Ketika kita memutuskan untuk memiliki usaha sampingan, maka ada banyak persiapan yang perlu dilakukan. Sebuah bisnis yang akan didirikan memerlukan perencanaan matang agar hasil yang didapat bisa sesuai dengan yang diharapkan. Dalam perencanaan pendirian usaha sampingan, modal, jenis usaha, pengelolaan dan pemasaran akan menjadi titik utama perhatian kita.

Artikel lain: Contoh Usaha Sampingan Untuk Wanita Karir

Persiapan Sebelum Memulai Usaha Sampingan

Ada beberapa tahapan persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai usaha sampingan. Tahapan tersebut akan membantu kita mengatasi berbagai masalah yang mungkin kelak muncul.

1. Keuntungan Memiliki Usaha Sampingan

ketika kita ingin memiliki usaha sampingan, keinginan saja tidak akan cukup kuat untuk merealisasikan sebuah usaha bisa tercapai. Kita harus benar-benar mengetahui keuntungan apa saja yang akan diperoleh ketika memiliki usaha sampingan. Dalam memiliki usaha sampingan ada hal utama yang harus kita sadari bahwa akan banyak perjuangan yang harus dilakukan. Biasanya penghasilan yang didapat saat awal usaha sampingan berdiri akan sangat jauh dari yang diharapkan. Produk yang meskipun unik dan berkualitas harus melalui proses dan perjalanan panjang terlebih dahulu sebelum menarik minat banyak pelanggan. Belum lagi persaingan antar bisnis sejenis, membuat kita harus memikirkan berbagai strategi agar setiap permasalahan yang datang bisa diselesaikan dengan baik.

Jika bisnis yang kita jalankan mampu bertahan, keuntungan yang diperoleh bisa melampui gaji bulanan sebagai karyawan. Bahkan, banyak karyawan yang berhasil menjalankan usaha sampingan lalu memutuskan berhenti kerja dan fokus membesarkan dan mengembangkan usaha yang dirintis sebagai sampingan menjadi sebuah bisnis utama. Memang ada banyak keuntungan dari usaha sampingan yaitu terbiasa mengatasi berbagai masalah yang timbul dan mencarikan solusi terbaik untuk menyelesaikannya. Kita juga dapat mengembangkan jaringan dengan bertambahnya relasi, kenalan bahkan kita bisa mendapatkan sahabat.

Keuntungan lain yang bisa kita dapatkan adalah menjadikan kita seorang enterpreneur. Menjadi seorang pengusaha yang kelak mampu membuka banyak lapangan pekerjaan bagi orang-orang disekitar kita. Memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga, dan memiliki kebebasan finansial. Selain itu kita juga bisa mengatur diri kita karena tidak bergantung lagi dengan orang lain.

2. Memilih Usaha Yang tepat

Memilih bisnis yang tepat sebagai usaha sampingan yang akan dijalankan perlu melalui berbagai pertimbangan matang. kita tidak akan bisa menjalankan usaha tanpa mengetahui terlebih dahulu bisnis apa yang cocok untuk diri kita. Bisnis yang paling tepat adalah usaha yang sesuai dengan bakat dan minat kita. Tanpa keduanya, pastilah usaha atau bisnis tersebut akan terasa sangat berat dijalankan dan biasanya akan berakhir dengan kegagalan. Usaha yang dijalankan sesuai dengan bakat dan minat akan dikerjakan dengan senang hati sehingga hasilnya bisa sesuai dengan harapan.

Usaha yang kita jalankan juga harus sesuai dengan karajter pribadi kita. Contoh bisnis aksesoris. Dalam membuat aksesoris, kita dituntut untuk memiliki kreativitas dan kesabaran yang tinggi serta ketelatenan dalam merangkai benda-benda kecil menjadi aksesoris yang cantik. Jika karakter kita bukan termasuk orang yang sabar dan telaten maka bisnis aksesoris tidak cocok karena bertentangan dengan karakter pribadi kita.

Dalam memilih usaha sampingan sebaiknya sesuai dengan pekerjaan yang kita sukai. Pekerjaan yang dilakukan dengan rasa suka akan membuat kita mencintai pekerjaan tersebut, dan hasilnya akan berbeda dengan pekerjaan yang dilakukan setengah hati. Rasa suka dan cinta akan membuat kita lebih giat dan memiliki semangat pantang menyerah untuk membuat bisnis tersebut mencapai kesuksesan.

Suatu usaha dikatakan tepat jika sejalan dengan hati dan pemikiran pemilik usaha. kita tidak akan mungkin menjalankan usaha jika hati kita tidak menyukai segala hal yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Oleh sebab itu agar usaha sampingan yang dijalankan bisa berkembang pesat, maka kita harus mempertimbangkan dengan baik segala aspek mengenai usaha tersebut hingga kita yakin usaha sampingan seperti apa yang kita inginkan.

3. Penyesuaian Modal

Setiap usaha yang akan didirikan jelas membutuhkan modal untuk memulainya. semakin berkembang usaha tersebut maka semakin membutuhkan modal tambahan agar pengembangan dan operasional hariannya tetap terjaga. Seringkali, modal ini kita anggap sebagai bagian terpenting dalam mendirikan suatu usaha. Anggapan ini pula yang akhirnya menyesatkan. Banyak orang berpikir jika tidak memiliki modal tidak akan bisa memiliki usaha sendiri.

Berapa banyak modal yang harus disediakan untuk mendirikan usaha sampingan? Bagaimana usaha itu akan mampu mengembalikan modal jika modal tersebut kita pinjam dari orang lain atau suatu lembaga? Apakah ada jaminan bahwa bisnis yang didirikan tersebut bisa berjalan sesuai harapan?

Masih banyak pertanyaan sejenis yang akhirnya membuat kita menjadi ragu untuk memulai suatu usaha atau bisnis. Sesungguhnya inti terbesar mendirikan suatu usaha hanyalah satu yaitu tekad. Jika kita memiliki tekad kuat untuk mendirikan usaha sampingan, masalah modal dan lain sebagainya hanyalah masalah kecil. Banyak sekali pebisnis di luar sana yang memulai usahanya tanpa modal serupiah pun. kalau pun modal menjadi syarat mendirikan suatu usaha, ada banyak cara untuk mendapatkan modal bisnis. Misalnya menggunakan tabungan yang sudah kita miliki, menyisihkan gaji bulanan untuk dijadikan modal, meminjam modal usaha dari teman, kenalan, keluarga atau mengajukan pinjaman ke suatu lembaga tertentu.

Artikel Lain: Macam macam Usaha Sampingan di Rumah

4. Pemasaran

Di dunia ini tidak ada satu bisnis pun yang mampu bertahan jika tidak memiliki pemasaran yang baik. Banyak kasus suatu perusahaan memiliki kualitas produk yang bagus, manajemen produksi yang sudah tertata dengan baik, tetapi akhirnya mengalami kebangkrutan karena perusahaan tersebut tidak mampu menjual satu pun produk berkualitas yang dihasilkannya.

Mengingat pentingnya peranan pemasaran dalam menunjang keberhasilan suatu usaha yang dijalankan, ada baiknya kita mengetahui berbagai cara pemasaran yang bisa diterapkan sehingga masyarakat secara luas mengenal bisnis dan produk atau jasa yang kita miliki. Berikut beberapa cara pemasaran yang bisa kita gunakan dalam menjalankan usaha :

a. Secara Online
Pemasaran secara online menggunakan fasilitas internet sedang digemari. Dengan memasarkan produk secara online, kita tidak perlu menginvestasikan modal terlalu besar memiliki sebuah toko, gedung atau tempat khusus guna menjalankan usaha. Kita bisa menggunakan toko online sebagai etalase untuk memajang produk, menerima pesanan dan pembayaran dari pelanggan secara online.

b. Mamanfaatkan Gadget
Saat ini banyak sekali pengguna gadget yang memanfaatkan gadgetnya sebagai sarana pemasaran langsung tepat sasaran. Kita tinggal melakukan pengiriman berantai menggunakan gadget kemudian dalam waktu singkat banyak orang akan mengetahui bisnis beserta produk atau jasa yang ditawarkan.

c. Pemasangan Iklan
Pemasangan iklan penting untuk dilakukan. kebanyakan dari kita beranggapan memasang iklan hanyalah sebagai sarana promosi. Padahal justru dengan rajin memasang iklan akan memancing pelanggan datang dan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

d. Secara Konvensional
Pemasaran secara konvensional tidak membutuhkan tindakan yang terlalu spesifikasi karena pemasaran sistem ini paling banyak dilakukan oleh para pebisnis. Jika kita hendak menggunakan pemasaran sistem ini, yang harus dilakukan mencari lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen, lalu kita tinggal menunggu konsumen mendatangi dan berbelanja produk yang ditawarkan. Sistem konvensional akan lebih terlihat hasilnya jika lokasi yang dipilih berada di pusat perbelanjaan dan pusat keramaian.

e. Menggunakan Sales
Cara lain melakukan pemasaran langsung kepada para pelanggan adalah dengan sistem jemput bola. Artinya kita akan langsung mencari pelanggan atau calon pelanggan yang mau melakukan transaksi. Untuk melakukan strategi pemasaran dengan cara jemput bola ini, kita tidak harus turun kelapangan sendiri. Kita bisa menggunakan tenaga sales baik yang fulltime ataupun sales freelance. Sebelum mereka diterjunkan kelapangan kita harus terlebih dahulu memberikan pembekalan dan training produk yang cukup sehingga penjualan yang kita harapkan bisa tercapai.

Selain kelima cara pemasaran yang telah disebutkan masih banyak cara pemasaran lainnya yang bisa kita gunakan. Oleh karena itu sangat penting untuk kita lakukan memperluas wawasan dan menambah jaringan pergaulan serta meningkatkan kualitas diri. Tujuannya supaya ada lebih banyak ide dan inovasi yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan lebih luas pangsa pasarnya.

Yes, hanya itu saja yang perlu anda ketahui mengenai persiapan memulai usaha sampingan, bila anda memang mempunyai niat untuk mendirikan usaha guna menambah pemasukan setiap bulannya. semoga bermanfaat dan selamat berbisnis.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: