Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan


strategi pemasaran bisnis rumahanMemasarkan bisnis rumahan yang baru saja kita rintis merupakan tantangan tersendiri. Setelah berkutat dengan berbagai hal dan pemikiran, akhirnya bisnis rumahan anda sudah siap untuk go public. Dan tergantung pada berbagai hal, mostly konsumen tidak serta-merta langsung mendatangi tempat usaha anda. Alasan umum dari fenomena ini adalah karena tidak semua rumah berada di pinggir jalan atau visible. Ada kalanya anda harus lebih pro-aktif dalam memasarkan bisnis anda kepada public. Jadi jangan hanya berdiam diri. Tanpa strategi pemasaran bisnis rumahan yang tepat, maka bisnis anda akan kesulitan untuk maju dengan pesat.

Ide utama dari pemasaran atau marketing tak lain adalah untuk menyebarluaskan informasi mengenai keberadaan usaha anda dan menemukan konsumen potensial. Untuk itu, ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk memasarkan bisnis rumahan. Dan satu hal yang pasti, tidak ada one-fit-all marketing. Karena tidak ada dua bisnis yang benar-benar identic, maka ada kalanya pendekatan marketingnya yang efektif pun biasanya berbeda antara bisnis yang satu dengan yang lainnya. Oleh karenanya sebelum anda memulai marketing approach anda nantinya, ada baiknya anda memulai dengan mempelajari tentang berbagai metode dan strategi pemasaran bisnis rumahan

yang bisa anda coba.

Strategi 1: Membagi-bagikan Kupon Produk/Layanan Gratis
Dipercaya atau tidak, semua orang pasti tertarik akan sesuatu yang gratis, walaupun mungkin hal tersebut tidak mereka butuhkan. Dan dengan membagi-bagikan kupon/voucher untuk layanan atau produk yang anda sediakan akan seolah-olah menjadi undangan bagi mereka untuk mendatangi usaha anda. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk lebih mengenalkan berbagai produk dan layanan lainnya yang anda miliki. Sebagai contoh jika anda membuka usaha salon rumahan, anda bisa membagikan kupon creambath gratis kepada orang-orang secara random. Saat mereka datang, anda bisa sambil lalu menawarkan layanan lainnya seperti manicure/pedicure, dan biasanya cara ini sangat efektif untuk menjaring klien potensial.

Strategi 2: Model Membership dan Referral
Marketing model membership dan referral banyak diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk memasarkan produk mereka. Poin utama dari metode ini adalah dengan memanfaatkan para member usaha anda untuk memasarkan produk anda kepada teman atau keluarga, dengan insentif bonus di setiap pembelian atau bahkan membership yang mereka bawa. Tentunya untuk menjalankan strategi ini anda harus benar-benar siap dengan perhitungan dan system yang matang pula. Jangan sampai para referral anda merasa kecewa karena bonus yang tidak diberikan dan lain sebagainya.

Strategi 3: Manfaatkan Media Online
Memasarkan produk dan layanan via online bukanlah hal yang baru lagi. Anda bisa memulainya dengan membuat akun fanpage di Facebook dan Twitter untuk menjaring konsumen anda. Cobalah bergabung di forum-forum online yang sesuai dengan pangsa pasar anda dan jalinlah hubungan yang erat dengan siapa saja yang anda temui disana. Kita tidak pernah tahu dimana kita akan mendapat orderan besar, dan menjalin network yang lebih luas memberikan anda kesempatan yang lebih baik untuk itu.

Baca juga: cara sukses menjalankan bisnis rumahan

Strategi 4: Brosur
Menyebarkan brosur dan pamphlet bisa menjadi strategi pemasaran bisnis rumahan yang cukup efektif. Anda bisa memasang pamflet di berbagai tempat yang visible dan mudah dilihat. Atau anda bisa juga menitipkan brosur iklan usaha anda pada berbagai tempat yang sering dikunjungi orang, seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, dan banyak lagi. Dengan semakin banyak orang membaca brosur anda maka akan semakin besar kemungkinan anda menemukan klien potensial untuk bisnis anda nantinya.

Nah, rekan itu saja dulu yang dapat kami sampaikan tentang strategi pemasaran bisnis rumahan pada kesempatan kali ini. Mungkin dalam menjalankan bisnis yang anda geluti anda memiliki strategi tersendiri yang lebih jitu yang bisa anda gabungkan dengan strategi pemasaran diatas. semoga bermanfaat, salam sukses selalu.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: