Tips Agar Usaha Kuliner Dapat Lebih Berkembang


Usaha bidang kuliner memang menjanjikan dan mempunyai masa depan yang baik. Tidak heran bila banyak pengusaha baru yang terjun ke bisnis kuliner. Apalagi untuk memulainya tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Selain itu bagi mereka yang ingin langsung menjalankan usaha, ada banyak pengusaha kuliner yang menawarkan kerjasama bisnis dalam bentuk waralaba. Ditambah lagi Penduduk Indonesia yang demikian banyak memungkinkan usaha kuliner dapat berkembang karena permintaan pasar yang tinggi. Tetapi untuk tetap eksis tentunya diperlukan strategi yang tepat. Ini disebabkan banyaknya pemain dalam usaha kuliner. Bisa dibilang kompetisi atau persaingan sudah demikian ketat.

tips agar usaha lebih berkembang

Dalam menghadapi persaingan di bisnis kuliner yang semakin ketat tentu dibutuhkan kreatifitas dan inovasi agar usaha yang dijalankan dapat lebih berkembang sesuai dengan yang diharapkan dan mampu meraup untung yang besar. Apalagi para pelaku usaha di bidang kuliner yang bermunculan hadir dengan berbagai konsep yang berbeda dan unik untuk menarik konsumen.

Berikut ini ada beberapa tips agar usaha dapat lebih berkembang sesuai harapan menurut Djoko Kurniawan, seorang Consultant of Marketing & Service Quality sebagaimana dikutip dari Tabloid Peluang usaha.

1. Menentukan ulang target market
Definisikan kembali target market yang akan menjadi tujuan anda. Penentuan target market yang tepat akan mendorong anda untuk membuat strategi penjualan yang lebih tepat pula.

2. Memiliki keunikan
Agar dapat diterima oleh pasar, produk yang anda miliki harus punya ciri khas atau keunikan agar mudah dikenali baik dari sisi kemasan, rasa maupun lainnya. Tujuannya agar produk anda terlihat berbeda dibandingkan dengan produk kompetitor. tentunya perbedaan yang lebih baik akan menjadi nilai tambah terhadap bisnis kuliner yang anda jalankan.

3. Mengkomunikasikan Merek
Supaya merek anda dapat dikenal secara luas dengan lebih cepat maka produk anda harus dikomunikasikan bisa melalui cara Above The Line (ATL) seperti koran/majalah atau Below The Line (BTL) dengan menggunakan spanduk, Banner, brosur dan lain-lain. Pilihlah koran/majalah yang punya banyak pembaca yang sesuai dengan target market dan letakkan spanduk/banner/brosur dilokasi yang banyak dilewati/dikunjungi orang. dengan demikian komunikasi menjadi lebih efektif dan efesien.

4. Mencari Reseller yang Tepat
Carilah Reseller (Distributor/Agen penjualan) yang dapat membantu memasarkan produk anda. Pilihlah Reseller yang punya jaringan luas atau yang memiliki tempat usaha yang sudah ramai dikunjungi orang. Untuk pertama kali biasanya, Reseller hanya mau memakai sistem konsinyasi (titip). Kedepan, jika produk anda memang diminati customer karena enak dan memiliki kelebihan dibanding produk lain, maka reseller otomatis akan mau membeli produk anda secara kontan atau bayar mundur beberapa hari saja setelah produk terkirim.

5. Service Excellence
Apapun usaha anda, apapun produk yang anda jual jalankan prinsip service excellence dalam melayani customer. Di era sekarang ini anda tidak cukup hanya mengandalkan program marketing dan promosi. Berikan pelayanan terbaik kepada reseller dan juga customer langsung agar mereka puas dan senang dengan pelayanan anda. Jagalah kualitas produk dan hubungan baik. Customer yang puas akan mencerikan kabar baik tentang produk anda. Ini berarti angka penjualan anda akan meningkat dengan sendirinya.

Demikianlah tips singkat ini, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membuka usaha atau baru membuka usaha bidang kuliner. Selamat mencoba dan sukses selalu untuk anda.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: