Tips Menghadapi Persaingan di Bisnis Online Shop yang Tinggi


Menghadapi persaingan bisnis online shop memang tidaklah mudah. Meskipun menjalankan bisnis secara online terlihat begitu mudah tetapi tak sedikit halangan, rintangan dan persaingan yang muncul seiring dengan semakin tingginya peminat bisnisĀ  di dunia online shop. Sebagai pemilik bisnis online shop Anda dituntut untuk lebih siap menghadapi persaingan bisnis online shop serta berbagai risiko yang mungkin akan muncul pada bisnis Anda.

Tips Menghadapi Persaingan di Bisnis Online Shop yang Tinggi

 

Sebelum kita bahas mengenai tips menghadapi persaingan di bisnis Online shop ada baiknya kita ulas sedikit, tentang hal-hal yang dapat membuat bisnis olshop gagal dalam menghadapi persaingan yang sangat tinggi.

Hal-hal yang Membuat Bisnis Online Shop Gagal Dalam Persaingan

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia internet dan teknologi ternyata juga memberikan dampak yang luar biasa bagi perkembangan dunia bisnis online. Salah satu bisnis di internet yang kini banyak diminati adalah bisnis online shop. Berbagai jenis barang kini dijual secara online dan menawarkan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Peluang yang besar serta adanya dukungan yang bagus dari dunia internet dan teknologi pastinya juga akan semakin meningkatkan persaingan dalam bidang bisnis online shop. Sebagai penjual pastinya Anda harus siap menghadapi persaingan bisnis online shop tetapi pastikan Anda memilih cara-cara yang tepat. Baca juga: Tips Memulai Bisnis Online Shop

Meskipun begitu sebetulnya bertahan dalam tingginya persaingan bisnis online shop saat ini sudah menjadi impian banyak pebisnis online shop. Bahkan berbagai cara sudah dilakukan agar mampu bertahan menghadapi persaingan bisnis online shop sehingga tetap eksis dimata para konsumen.

Tetapi tak sedikit online shop yang justru salah dalam menjalankan trik berjualan sehingga membuat konsumen berpindah ke toko lainnya. Berikut ini akan dijelaskan hal-hal yang membuat bisnis online shop gagal dalam persaingan tetapi jarang disadari.

  • 1. Barang yang dikirim berbeda dengan foto
    Tak sedikit konsumen yang mengeluh karena barang yang dikirim oleh pihak online shop ternyata sangat berbeda dari foto produk tersebut. Oleh karena itu disarankan bagi para pemilik online shop sebaiknya menggunakan foto asli produk sehingga tidak akan mengecewakan konsumen. Hindari mengambil gambar dari website atau sumber lainnya karena hal tersebut sangat berakibat fatal bisa menurunkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap online shop Anda. Pastinya lama kelamaan online shop Anda akan ditinggalkan oleh para konsumen.
  • 2. Menipu pelanggan
    Tak dapat dipungkiri berbelanja secara online terkadang menimbulkan rasa khawatir tersendiri bagi para konsumen. Tak sedikit konsumen yang harus melakukan survey terlebih dahulu untuk meyakinkan mereka apakah online shop tersebut terpercaya. Bagi pemilik online shop sebaiknya jangan pernah sekalipun menipu pelanggan karena bisa berakibat fatal pada masa depan online shop Anda.
  • 3. Terlambat mengirimkan barang
    Untuk menghadapai persaingan bisnis online shop sebaiknya para penjual harus memberikan respon yang cepat pada pembeli termasuk dalam hal pengiriman barang. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan Anda pastinya akan merekomendasikan toko Anda pada orang-orang disekitarnya sehingga sangat bagus untuk pemasaran. Tetapi tak sedikit pelanggan yang sering kecewa karena pengiriman barang pesanan yang terlambat bahkan hingga berhari-hari. Hal ini tentu sangat merugikan online shop Anda karena kebanyakan pembeli berharap barang yang dipesan akan segera dikirim.
  • 4. Menjual produk berkualitas rendah
    Hindari menjual produk berkualitas rendah hanya karena ingin mendapatkan banyak keuntungan. Jika hal tersebut Anda lakukan pastinya konsumen akan merasa sangat kecewa sehingga mereka tidak mau lagi berbelanja di toko Anda.
  • 5. Menjual dengan harga mahal
    Ditengah persaingan bisnis online shop pastinya juga berpengaruh pada persaingan harga. Sebagai penjual sebaiknya tawarkan harga produk Anda sesuai dengan standar. Jika Anda menjualnya terlalu mahal akan membuat pembeli enggan membelinya dan lebih memilih membeli produk yang sama di toko lain dengan harga yang lebih murah.

Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Online Shop

Setelah memahami hal-hal yang yang membuat bisnis online shop Anda gagal dalam persaingan pastinya Anda akan lebih waspada dalam menjalankan bisnis Anda. Sebagai pebinsis Anda dituntut untuk selalu mempunyai trik-trik khusus untuk menghadapi persaingan bisnis internet seperti online shop. Karena pada dasarnya persaingan bisnis memang tak dapat dihindari.

Oleh karena itu berikut ini akan dijelaskan tips menghadapi persaingan bisnis online shop yang perlu Anda ketahui.

1. Menciptakan Ide Baru yang Segar

Untuk menghadapi persaingan bisnis online shop sebaiknya Anda harus selalu memiliki ide baru yang segar. Dimana ide baru tersebut juga harus disesuaikan dengan tren yang berkembang saat ini sehingga akan banyak diminati oleh para calon pembeli. Menghadapi persaingan bisnis online shop dengan terus membuat ide baru yang segar juga dapat menguntungkan bisnis Anda karena bisnis Anda semakin dikenal dan mampu meningkatkan omset penjualan.

2. Mengikuti perkembangan teknologi

Dalam menghadapi persaingan bisnis online shop, Anda juga harus mempertimbangkan perkembangan tekonologi. Teknologi ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat desain toko online yang lebih menarik serta fitur-fitur canggih yang bisa memudahkan calon pembeli untuk mengakses online shop Anda. selain itu adanya perkembangan teknologi ini bisa Anda manfaatkan untuk selalu memperbaharui produk-produk Anda agar terus mengikuti perkembangan zaman sehingga tidak dianggap sebagai produk yang basi. Dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi Anda bisa terus menghadirkan produk dan pelayanan terbaik bagi konsumen sehingga akan meningkatkan keuntungan bagi bisnis online shop Anda ditengah persaingan bisnis online shop.

3. Tonjolkan keunggulan serta keunikan produk

Untuk menghadapi persaingan bisnis online shop sebaiknya Anda harus mencantumkan keunggulan serta keunikan produk Anda yang membedakannya dengan produk sejenis lainnya. Gunakan bahasa yang enak dan ringan sehingga calon pembeli akan semakin mudah memahaminya dan semakin tertarik untuk membelinya. Dengan menonjolkan keunggulan serta keunikan produk pastinya bisnis Anda akan semakin dipercaya oleh konsumen serta keraguan mereka akan terjawab dengan produk yang benar-benar berkualitas. Hal ini tentu sangat bagus untuk menghadapi persaingan bisnis online shop yang kini marak terjadi.

4. Sumber Daya Manusia yang Bersinergi

Menghadapi persaingan bisnis online shop di era yang semakin modern dan berkembang memang membutuhkan berbagai strategi salah satunya adalah dengan mencari mitra kerja merupakan sumber daya alam bersinergi. Pastikan Anda mengetahui seluk beluk mitra kerja tersebut agar nantinya mencegah terjadinya penipuan. Memilih mitra kerja yang bersinergi nantinya akan membantu perkembangan bisnis online shop Anda sehingga mampu bertahan dan terus berkembang pesat.

5. Menjaga Loyalitas Konsumen

Agar bisnis online shop Anda dapat terus bertahan ditengah persaingan sebaiknya jagalah loyalitas dengan konsumen dengan terus mempertahankan kenyamanan serta kepuasan konsumen. Konsumen yang sudah menetap menjadi pelanggan tentu akan semakin mempermudah bisnis online shop menghadapi persaingan bisnis online shop. Loyalitas konsumen yang terus dijaga nantinya akan meningkatkan citra bisnis Anda sehingga calon pembeli baru juga akan semakin berdatangan.

6. Lebih sering mempromosikan produk

Agar bisnis Anda bisa terus bertahan sebaiknya lakukan pemasaran dan promosi secara terus menerus. Lakukan update produ secara rutin sehingga konsumen akan lebih mudah mengetahui produk-produk baru yang Anda tawarkan.

Bagi Anda yang saat ini memiliki bisnis online shop sebaiknya ketahui secara jelas tips menghadapi persaingan bisnis online shop yang saat ini semakin ketat. Dengan mempraktikkan tips diatas diharapkan dapat membantu Anda agar lebih mudah dalam menghadapi persaingan sehingga bisnis online shop tetap bertahan dan terus berkembang meskipun jumlah pesaing kian menjamur.


Bagikan Artikel ini :
tags: ,

JANGAN LEWATKAN: