Trik Agar Usaha Tetap Survive Ala Wahid


Wahid adalah pemilik usaha home industri yang memproduksi Sajadah empuk dan matras batik yang berhasil menembus pasar Indonesia hingga Luar Negeri. sebagaimana telah dibahas pada artikel sebelumnya, mengenai Wahid Home Industri dan omset yang diperolehnya perbulan. dan kali ini kita akan membahas Trik agar usaha tetap survive ala wahid yang membuat usahanya mampu bertahan hingga kini dalam menghadapi persaingan.

Trik Agar Usaha Tetap Survive Ala Wahid

Usaha yang diberi nama Wahid Home Industry berjalan sejak sejak 2010 dan bahkan hingga kini bisa survive dan tetap bertahan menghadapi persaingan. Tentu bagi wahid dapat bertahan menjalankan usaha merupakan tantangan tersendiri. Apalagi produk yang ditawarkannya merupakan produk yang dibutuhkan setiap orang, tentunya persaingan usaha sejenis pun sangat banyak.

Oleh karena itu dibutuhkan trik-trik usaha agar tetap survive, dan berikut beberapa trik ala wahid khusus untuk anda yang ingin bisnisnya tetap survive dan mampu menhadapi persaingan :

1. Menentukan Brand
Brand harus sesuai dengan target pasar dan dapat mewakili ciri khas dan karakteristik dari barang yang diproduksi. Misalnya brand wahid home industry ini yang menonjolkan bahwa produk yang dihasilkan masih skala home industri. selain itu brand pun harus didaftarkan di Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (HKI). agar secara badan hukum diakui dan jika terjadi duplikat atau plagiat produk ada sanksi hukum bagi pelaku plagiat. Kemudian agar produk mudah diingat dan dikenal, wahid menggunakan brand wahid home industry, jadi setiap masyarakat mendengar kata “wahid” teringat produk milik wahid home industry. Brand wahid home industry sendiri sudah terdaftar di Direktorat Jendral Hak kekayaan Intelektual (HKI) sejak tahun 2012.

2. Strategi pemasaran
Salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk mendongkrak penjualan dan omset yaitu dengan mengikuti berbagai pameran. Melalui pameran ini wahid mendapatkan buyer baik dari kalangan menengah atas maupun menengah bawah. Wahid menyarakan bagi pelaku UKM sebaiknya menjadi mitra pemerintah baik ditingkat daerah maupun pusat. hal ini sangat membantu untuk pemasaran dan setidaknya produk dan usahanya sudah diakui oleh pemerintah.

3. Jaga Loyalitas Pembeli
Untuk menjaga Loyalitas pembeli, wahid selalu memberikan hal terbaik kepada pembeli menggunakan bahan yang berkualitas, proses produksi berkualitas dan tenaga kerja berkualitas. selalu mendengarkan kritik dan masukan dari pembeli dengan begitu pembeli akan lebih merasa dihargai.

4. Tonjolkan Keunikan dan Keunggulan
Setiap produk yang ditawarkan harus memiliki keunikan dan keunggulan agar pembeli lebih tertarik untuk membeli. seperti halnya merek wahid home industry yang memiliki tiga varian produk unggulan yang berbeda dengan pelaku usaha lain, yaitu sajadah silikon dan matras batik.

Baca Juga : Tips Sukses Ala Bob Sadino

Unsur modern dan tradisional yang disatukan ternyata bisa membuat sebuah produk tidak tampak membosankan. Aplikasi tradisional berupa kain batik pada permukaan matras dengan berbagai motif dimunculkan untuk menampilkan budaya Indonesia. Batik menjadi salah satu produk kebanggan masyarakat Indonesia karena telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan dan dikembangkan. namun persaingan usaha di Industri batik memang tergolong sangat ketat, pelaku usaha produk batik saat ini sudah ada dimana-mana. Jika tidak mempunyai kelebihan dan strategi pemasaran yang optimal pelaku usaha seperti bisa gulung tikar tapi sebaliknya jika pelaku usaha bisa menyiasati persaingan tersebut maka ia bisa sukses.

Itulah beberapa trik agar usaha tetap survive ala wahid sehingga bisa tetap bertahan dan terus berkembang dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat. Nah, jika anda juga ingin membuka usaha maka bisa mencoba trik diatas. selain itu anda juga harus mampu berinovasi serta berkreativitas untuk menciptakan produk yang unik dan berbeda dengan produk lainnya yang sejenis.



Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: