Usaha Home Industri Mampu Raih Omset Hingga 100 Juta


Usaha home industri sekarang ini semakin diminati oleh masyarakat, sebab selain bisa dilakukan di rumah dengan konsep yang sederhana juga cukup menjanjikan. Apalagi jika produk yang dihadirkan banyak dibutuhkan masyarakat serta mampu berkreativitas dan berinovasi menciptakan produk yang berbeda, maka tentu saja akan mudah diterima pasar, bahkan tidak hanya pasar dalam negeri tapi juga pasar luar negeri. Ide bisnis dan peluang usaha yang dapat direalisasikan ke dalam usaha home industri ada cukup banyak. Salah satu contoh usaha home Industri Sajadah empuk dan Matras Batik yang laris tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri, bahkan omsetnya bisa mencapai Rp 100 juta per bulan. seperti apa bisnis tersebut? mari kita simak bersama.

Usaha Home Industri Mampu Raih Omset Hingga 100 Juta

Sajadah dan Matras merupakan dua jenis produk hasil Home industri milik Wahid yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Berkat Inovasi dan kreativitas dalam menciptakan produk berbeda seperti sajadah empuk dan matras batik, Wahid Syafruddin mampu merebut pasar tanah air bahkan hingga Mancanegara, dengan omset yang tidak kurang dari Rp 100 juta perbulan. Apa saja kunci suksesnya? berikut kisahnya yang kami kutip dari Tabloid peluang usaha edisi Mei 2015.

Berawal dari mengikuti business plan yang diselenggarakan oleh DIKTI (Direktorat Perguruan Tinggi) di kampus universitas Pancasila Jakarta. Saat itu Wahid Syafruddin yang akrab disapa wahid ini mengajukan Business plan berupa Matras Batik dan sajadah empuk dari bahan silikon.Ternyata Wahid keluar sebagai salah satu pemenang Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Pancasila dan berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 8 juta.

Ternyata sajadah modifikasi buatan wahid juga disukai orang tuanya dan ia pun berniat untuk mengomersikan produknya tersebut. Wahid mengasumsikan jika orang tuanya sendiri menyukai saja empuk buatannya, maka 1.000 orang diluar sana pun akan menyukai produk tersebut. Ia pun optimis peluang usaha ini sangat besar dengan pangsa pasar yang cukup luas.

Setelah lulus kuliah wahid pun mendirikan usaha yang diberi nama Wahid Home Industry pada tahun 2010. Hadiah sebagai pemenang sebesar Rp 8 juta dijadikan modal awalnya. ditambah lagi hadiah yang didapat sebagai salah satu finalis wirausaha muda Mandiri Regional Jabodetabek. Modal tersebut lalu ia gunakan untuk pengembangan usaha baik dalam proses produksi maupun pemasaran.

Semula wahid membuat sendiri Sajadah empuk dengan peralatan seadanya yang sudah ada di rumah. kemahirannya menjahit ia peroleh secara otodidak, karena sejak kecil wahid sudah terbiasa menggunakan mesin jahit milik orang tuanya. Wahid Home Industry mempunyai visi Indonesian Heritage come from home dengan produk unggulan sajadah isi silikon dan matras motif batik. Wahid sangat mengutamakan kualitas dengan standarisasi mutu terbaik dan ditangani oleh tenaga kerja berpengalaman.

Pria lulusan S1 Universitas pancasila ini menuturkan, prospek usaha ini sangat menjanjikan karena produk-produk seperti matras dan sajadah selalu dibutuhkan. terlebih bagi pelaku usaha yang bergelut dibisnis matras batik dan sajadah empuk ini masih sedikit. Wahid tidak begitu memperhitungkan persaingan karena pelaku usaha sejenis dibilang belum ada, namun ia sangat menyadari setiap bidang bisnis selalu ada persaingan. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi agar produknya tetap diminati pasar dan mampu bersaing dengan pelaku usaha kecil maupun besar. kalaupun ada yang meniru produknya ia terus berinovasi dengan menciptakan desain baru.

Keunggulan Produk Usaha Wahid Home Industry

Produk Wahid home Industry memiliki kelebihan bisa menyerap hawa panas ketika musim panas dan bisa menyerap hawa dingin ketika musim hujan. Matras lantai ini berisi silikon sehingga terasa sangat empuk, ringan dan mudah dicuci. begitupun sajadah empuk dengan isi silikon sangat lembut, mudah dicuci, ringan dan nyaman digunakan untuk beribadah.

Wahid sangat yakin produknya jauh berkualitas dibandingkan dengan produk yang ada dipasaran. Apalagi produk yang ditawarkan limited edition. Misalnya satu motif hanya diproduksi sebanyak 2 lusin dan wahid menawarkan garansi servis gratis selama enam bulan jika produk yang ditawarkan mengalami kerusakan.

Wahid lebih memilih menggunakan silikon dibandingkan dakron, karena kualitas bahan silikon lebih baik dibandingkan dakron. Salah satu kelebihan bahan silikon dapat dicuci dan bisa mengembang lagi, beda halnya menggunakan bahan dakron jika terkena air akan terjadi gumpalan dan kempes.

Selain itu penggunaan kombinasi bahan batik untuk matras menjadi ciri khas tersendiri. ini dilakukan wahid karena fenomena bahan batik sedang tren akhir-akhir ini dengan berbagai varian produk yang ada dipasaran seperti jaket, sandal, celana, kemeja, jas hingga pernak-pernik berbahan batik. Batik memiliki karakter kuat sebagai warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan bahkan dimaksimalkan fungsinya, dari sinilah wahid memutuskan untuk membuat matras lantai dengan motif batik.

Produk dan Syarat Menjadi Distributor Wahid Home Industry

Wahid home industry mempunyai 3 varian produk yaitu sajadah, matras batik dan cushion. Matras batik kreasi wahid dijual dengan harga Rp 250.000,-, Sajadah Silikon dijual dengan harga Rp 150.000,- sedangkan Cushion dijual dengan harga Rp 70.000,-. Namun Wahid akan memberikan harga khusus jika ada yang ingin menjadi Distributor, Agen atau Reseller.

Jika ingin menjadi Distributor syarat minimal pembelian 100 pcs produk dengan diskon harga 30%. Syarat menjadi Agen minimal pembelian 50 pcs dengan diskon harga 25%. sedangkan bagi reseller minimal pembelian 20 pcs dengan diskon harga 20% dan gratis ongkos kirim untuk daerah Jabodetabek, sedangkan untuk pembelian di luar Jabodetabek akan dikenakan ongkos kirim. Saat ini Distributor Wahid home Industry terdapat di berbagai daerah seperti Bintaro, Jakarta, depok, Makassar, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Pekanbaru.

Kebutuhan bahan baku dan peralatan diperoleh dari pemasok didaerah Jakarta Utara dan Tanah Abang. bahan baku dan peralatan yang digunakan wahid untuk menunjang proses produksi meliputi mesin jahit, benang, jarum, kain kanvas, batik dan silikon. Kini wahid dibantu oleh tujuh orang karyawan dan ibu-ibu yang ada disekitar rumahnya. Dalam sebulan ia bisa memproduksi 1.000 produk dengan berbagai ukuran dan model. Jika diasumsikan setiap bulan wahid menghasilkan 1.000 produk dengan harga rata-rata perproduk Rp 100 ribu maka omset yang diperoleh wahid setiap bulan bisa mencapai Rp 100 juta dengan keuntungan bersih mencapai 50%.

Promosi dan Pemasaran

Dalam usaha melakukan pengembangan pasar yang lebih luas, menurut wahid dibutuhkan strategi pemasaran yang lebih optimal, salah satu dengan pemasaran melalui online dengan membat web dan facebook. Selain itu ia pun kerap mengikuti pameran-pameran baik skala nasional maupun internasional.

Beberapa pameran yang pernah diikuti Wahid Home Industry seperti Intrade malaysia di Matrade kuala Lumpur, Pasar Indonesia, Expo Wirausaha Muda Mandir, Karnaval Nusantara, Gelar karya UMKM kota Depok, Sound of Nusantara, Indonesia Creatif center, Trade expo Indonesia, PRJ dan Crafina.

Dengan mengikuti pameran-pameran inilah produk Wahid Home Industry Bisa menembus pasar ekspor seperti Malaysia, Thailand dan Arab Saudi. Melalui pameran-pameran ini, omset yang diperoleh Wahid meningkat hingga 30%. Dalam mengikuti pameran Wahid selalu difasilitasi oleh Bank Mandiri dan Disperindag Kota Depok.

Wahid sangat bersyukur menjadi mitra binaan Bank Mandiri sehingga ia rutin mengikuti pameran-pameran. Ia bergabung menjadi mitra binaan Mandiri setelah menjadi salah satu finalis Wirausaha Muda Mandiri Regional Jabodetabek ditahun 2011. sehingga ia selalu dibantu oleh pihak bank mandiri baik segi pemasaran dan pelatihan.

Wahid mempunyai obsesi kedepannya memiliki banyak agen disetiap provinsi dan agennya juga lebih aktif. Ia pun berharap pemerintah memperhatikan pelaku UKM seperti dirinya dengan memberikan keringanan-keringanan dan fasilitas terjangkau untuk pemasaran produknya.

Yes, itulah ulasan singkat usaha home industri sajadah dan matras batik milik wahid yang berhasil menembus pasar luar negeri dengan omset mencapai Rp 100 juta perbulan. Anda yang tertarik dengan peluang usaha ini bisa menjadi agen atau distributor dari Wahid Home Industry. info lengkap bisa anda lihat alamatnya dibawah ini.

Wahid Home Industry
Alamat : Jl. Akses UI Gang Bhakti II Rt05/Rw06 No.114 Desa Tugu Cimanggis Depok.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: