Usaha Kecil Menengah Berbasis Teknologi


Usaha kecil menengah bebasis teknologi menjadi salah satu sasaran UKM yang akan terus dilakukan. Sebelum membahas tentang usaha kecil menengah bebasis terknologi, kami akan membas terlebih dahulu tentang UKM. Apa itu UKM? UKM atau usaha kecil menengah merupakan usaha berskala kecil yang memiliki kekayaan atau aset bersih maksimal Rp. 200,000.000. Tidak sedikit orang yang menganggap rendah UKM, justru anggapan tersebut sangatlah salah. Meskipun UKM merupakan usaha berskala kecil, jangan remehkan usaha yang satu ini ya karena terbukti usaha kecil menengah menjadi salah satu penggerak perekonomian negara. Oleh karena itu, UKM didukung penuh oleh pemerintahan selain itu, UKM juga usaha yang tahan terhadap krisis bahkan pada saat krisis yang terjadi pada tahun 97.

Usaha Kecil Menengah Berbasis Teknologi

Semakin banyak pelaku UKM maka semakin baik perekonomian suatu negara, selain itu UKM akan membantu suatu negara untuk menguragi tingkat kemiskinan dan pengangguran. Pengrekrutan sumber daya manusia sekitar tentu akan membantu perekonomian masyarakat sekitar. Semakin berkembangnya UKM, maka banyak inovasi invasi yang dilakukan bukan hanya dari produk yang diproduksi saja, namun juga dari susunan organisasi atau teknologi yang digunakan untuk mengolah usaha kecil menengah tersebut. Usaha kecil menengah berbasis teknologi kini semakin berkembang dan semakin banyak manfaat yang akan didapatkan dari pemilik UKM. Meskipun UKM merupakan usaha berskala kecil, namun teknologi iformasi sangatlah dibutuhkan.

Manfaat Teknologi Informasi Bagi UKM

Inilah manfaat dari teknologi informasi bagi UKM :

1. Promosi lebih luas
Terknologi berbasis internet sangat membantu pemilik UKM salah satunya yaitu dalam melakukan promosi. UKM dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat e-commerce sehingga didalamnya dapat dilakukan promosi. Promosi melalui e-commerce tentu saja lebih luas yang mencakup seluruh Indonesia atau seluruh negara. Dengan begitu, maka laba yang didapatkan juga akan lebih meningkat.

2. Wawasan yang lebih luas
Usaha kecil menengah berbaris teknologi sangat bermanfaat salah satunya yaitu untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas. Melalui internet pemilik UKM dapat memanfaatkan untuk melakukan inovasi inoasi terhadap produk yang dijualnya. Dengan begitu, tentu produk akan semakin berkualitas dan bervariasi.

3. Penyusunan laporan keuangan lebih mudah
Penyusunan laporan keuangan merupakan hal yang sangatlah penting didalam sebuah usaha. Oleh karena itu, laporan keuangan harus disusun sebaik mungkin. Penyusunan laporan keuangan secara manual juga perlu dibantu dengan pencatatan berteknologi. Penyusunan laporan kini telah didukung dengan berbagai aplikasi sehingga dapat diterapkan didalam UKM agar pencatatan keuangan lebih baik dan mudah.

4. Komunikasi lebih mudah
Dengan adanya teknologi seperti internet, komunikasi akan sangat luas. Hal tersebut sangat bermanfaat dan memungkinkan pemilik UKM untuk menjalin kerjasama dengan orang atau usaha lain.

Itulah beberapa manfaat teknologi dalam UKM, manfaat teknologi tersebut sudah mulai dirasakan oleh UKM, karena kini semakin banyak UKM yang telah menggunakan teknologi informasi.

Contoh Usaha Kecil Berbasis Teknologi

Usaha kecil berbasisi teknologi memang cukup banyak, jika anda pandai dan jeli melirik peluang yang ada. berikut 2 contoh usaha kecil berbasisi teknologi :

1. Pengembang Software
Sekarang ini Smartphone tengah marak dan menjadi tren di masyarakat, ini tentu menjadi ladang bisnis yang peluangnya masih sangat besar dan menjanjikan bagi para pengembang software dan aplikasi. Banyaknya masyarakat yang membutuhkan software dan aplikasi guna mempermudah pekerjaan menjadikan kesempatan bisnis dibidang ini terbuka lebar. Menjalankan usaha ini memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk berhadapan dengan komputer tapi hasilnya akan sangat sebanding dengan apa yang akan didapatkan nantinya.

2. Bisnis Alat Komunikasi
Alat komunikasi memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat sekarang ini, namun tren yang sedang berkembang tidak hanya sebagai kebutuhan tapi juga mengarah pada gaya hidup. Alat komunikasi canggih seperti Smartphone tengah menjadi tren, mereka sering mengganti smartphone secara berkala. ini tentu menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan dijalankan. tak heran bila banyak yang menggeluti usaha ini guna membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

UKM berbasis teknologi harus selalu diterapkan dan dikembangkan, mengingat saat ini merupakan era globalisasi dan UKM harus didukung dengan teknologi agar dapat bertahan di era perdagangan bebas. Seperti yang kita tahu, dimasa perdagangan bebas akan semakin banyak usaha usaha yang akan bersaing secara bebas, tidak hanya keuntungan yang didapatkan namun juga tantangan tantangan akan semakin berat. UKM tanpa teknologi akan menghambat pertumbuhan UKM, oleh karena itu peluang usaha kecil menengah berbasis teknologi harus semakin di semarakkan untuk terus mendukung dan mengembangkan perekonomian daerah dan negara khususnya Indonesia.



Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: