Usaha Rumahan Jasa Laundry Pakaian


Usaha rumahan jasa laundry pakaian merupakan salah satu peluang bisnis yang bisa di kerjakan dari rumah dari sekian banyak usaha modal kecil rumahan yang ada. Bisnis Laundry cocok untuk anda yang ingin mempunyai usaha sampingan di rumah sebagai penghasilan tambahan untuk membantu ekonomi keluarga. Terutama ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang tentu ini akan sangat bagus, selain menambah kesibukan juga mencari tambahan penghasilan.

peluang usaha rumahan bisnis jasa laundry pakaian

Kalau kita perhatikan beberapa tahun belakangan ini kebutuhan akan Laundry semakin meningkat. Hal ini disebabkan semakin berkembangnya wilayah kampus dan maraknya bisnis penyewaan kamar kost yang menampung banyak mahasiswa dan pelajar. Masyarakat yang lebih di dominasi oleh pekerja dan karyawan juga mendukung usaha laundry kiloan ini semakin bekembang pesat. Kesibukan bekerja membuat banyak orang menjadi tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian kotor dan lebih memilih untuk mencucikannya.

Melihat hal itu maka bisnis jasa laundry pakaian merupakan peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan meskipun sudah cukup banyak yang menjalankan bisnis ini. Namun, anda masih bisa bersaing dengan memberikan nilai lebih dari bisnis laundry yang anda jalankan nantinya misalnya memberikan servis yang baik kepada pelanggan, antar jemput pakaian, pakain lebih harum dan rapi dll.

Langkah Memulai Bisnis Laundry Pakaian

1. Menyiapkan Lokasi usaha, karena bisnis ini akan di jalankan di rumah maka kita tidak perlu mencari atau menyewa tempat. Kita dapat memanfaat depan rumah sebagai lokasi menjalankan bisnis laundry.

2. Menyiapkan perangkat mesin cuci, pengering, dan tempat penjemuran. Penjemuran bisa berupa tali yang direntangkan karena pakaian yang di keringkan dimesin cuci cukup di keringkan dengan menganginkannya saja.

3. Menyiapkan timbangan, setrika untuk fasilitas penyetrikaan, deterjen kiloan, dan pewangi pakaian,.

4. Melakukan promosi jasa laundry kita melalui iklan atau menyebarkan brosur sehingga orang cepat mengetahui usaha laundry yang kita jalankan.

Analisis Modal dan Keuntungan Usaha Laundry Pakaian

Investasi awal

  • Mesin cuci dan pengering = Rp 10.500.000,-
  • Timbangan, gantungan baju, setrika = Rp 1.500.000,-
  • Renovasi ruangan = Rp 1.000.000,-
  • Dana cadangan = Rp 2.000.000,-
  • Total investasi awal = Rp 15.000.000,-

Biaya Operasional

  • Gaji karyawan 1 orang = Rp 500.000,-
  • Listrik, air, telepon, promosi = Rp 350.000,-
  • Deterjen, pewangi = Rp 500.000,-
  • Penyusutan 5 tahun = Rp 250.000,-
  • Total biaya operasional = Rp 1.600.000,-

Laba/keuntungan bersih
-Pendapa tan kotor
@ Rp4.500/kg x 50kg x 30 hari = Rp 6.750.000,-
– Biaya operasional = Rp 1.600.000,-
– Total Laba bersih adalah Rp 5.150.000,-

Dari perkiraan analisis diatas dengan perhitungan kecil yakni sehari kita dapat mencuci 50kg pakaian keuntungan bersihnya bisa mencapai 5 jutaan. Jadi bagaimana, tertarik untuk membuka usaha rumahan jasa laundry pakaian. Pikirkan dulu baik-baik ya, jangan langsung tergoda karena melihat keuntungannya. Sebuah perkiraan belum tentu akan sama persis hasilnya dengan data lapangan. Thanks, salam sukses.

Pustaka : Monica Anggen, 150 Bisnis Sampingan Untung Gede.

Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: