Usaha Souvenir Bisnis Rumahan yang Menjanjikan


Dewasa ini, Usaha souvenir banyak dilirik sebagai bisnis rumahan karena berbagai alasan. Faktor seperti modal kecil hingga media menyalurkan kreativitas menjadi salah satu alasan utama. Selain itu, masih banyak orang yang tidak tertarik menekuni bisnis rumahan ini dikarenakan menuntut keterampilan yang tinggi. Tak harus selalu dijadikan sebagai bisnis utama, tetapi usaha souvenir pun juga bisa dilakukan sebatas usaha sampingan di rumah untuk memndapatkan penghasilan tambahan.

Usaha Souvenir Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Usaha souvenir rumahan memang cukup menjanjikan sebagai bisnis sampingan. Meski sebagai penghasilan sampingan di rumah, bisnis ini bisa menguntungkan yang mungkin lebih besar dari pekerjaan utama anda.

Alasan Usaha Souvenir Rumahan Menguntungkan Dijadikan Pilihan Bisnis

Pesta pernikahan jelas menjadi salah satu ladang usaha yang bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku bisnis souvenir. Berbagai pilihan souvenir pernikahan yang unik, lucu dan murah membuat para pasangan pengantin akan memesan produk anda. Membuat sebuah karya souvenir baru yang belum pernah ada menjadi tantangan menarik buat para wirausahawan. Selain itu, konsumen pun semakin cerdas yang menginginkan souvenir unik dan berbeda yang bakal menjadi trend setter.

Tak hanya pesta pernikahan saja, pesta ulang tahun, acara wisuda, hingga kelahiran bayi pun kini menggunakan souvenir sebagai salah satu ucapan terima kasih. Anda pun bisa menarik minat banyak orangtua untuk memesan souvenir ulang tahun pada anda. Usaha souvenir adalah bisnis rumahan menguntungkan karena memiliki prospek positif yang akan terus bertahan alias bukan jenis usaha yang gampang berkembang lalu mati di pasaran.

Selain itu, modal menjadi salah satu alasan utama bisnis souvenir dilirik. Anda bisa mencoba membuat beberapa contoh hasil karya dan memasarkannya secara langsung melalui teman atau anggota keluarga. Anda bisa menggunakan metode down payment 50% sebagai solusi modal kecil jika ada pesanan yang lumayan banyak. Membangun usaha souvenir rumahan menguntungkan pun bisa tetap dilakukan meski modal sangat kecil.

Contoh Usaha Souvenir Rumahan Menguntungkan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Ada beberapa contoh usaha souvenir rumahan menguntungkan yang bisa anda lakukan di rumah berikut ini.

1. Souvenir dari kain flanel atau kain perca

Kain flanel begitu diminati karena terbuat dari material yang tebal dan memiliki serat. Flanel bisa dibentuk menjadi berbagai bentuk yang unik seperti boneka, bros atau jepit rambut. Kain perca juga memiliki banyak manfaat yang selama ini tidak terpikirkan orang lain. Anda bisa membuat sebuah souvenir dari kain perca menjadi kipas atau tas selempang kecil yang cocok untuk souvenir ulang tahun anak. Tambahkan motif kartun tertentu dari bahan flanel bisa membuat tas selempang memiliki nilai seni tinggi yang akan berpengaruh pada harga jual. Baca: Peluang usaha handycraft dari kain perca

2. Kerajinan tangan dari bahan daur ulang

Barang bekas jika diolah dengan kreativitas tinggi bisa menjadi ladang usaha souvenir menguntungkan. Misalnya daun kering yang bisa diolah dengan keterampilan tinggi bisa dibuat sebagai kap lampu. Demikian pula barang bekas lain yang banyak berserakan seperti botol bekas air mineral. Dengan kreativitas dan keterampilan tinggi anda bisa menyulap barang bekas menjadi souvenir yang menarik dan menjualanya dengan harga murah karena Bahan baku yang murah dan tidak mahal. Harga murah yang anda tawarkan pun bisa menjadi salah satu poin menguntungkan selain keunikan dari hasil kreativitas barang-barang bekas.

3. Souvenir kreativ dari pecinta lingkungan

Bagi anda yang menyukai lingkungan hijau atau hal-hal berbau dengan alam bisa memilih jenis usaha souvenir rumahan menguntungkan yang berkaitan dengan alam. Anda bisa menjual aneka souvenir tumbuhan dalam pot untuk mendukung program penghijauan. Kaktus lucu dalam pot bisa menjadi salah satu souvenir pernikahan yang menarik. Bisa jadi biji-biji tumbuhan yang dikemas eksklusif bakal menarik banyak pelanggan.

Beberapa contoh jenis usaha souvenir rumahan menguntungkan tersebut bisa anda lakukan di rumah dengan modal yang minim. Hasil maksimal pun bisa didapatkan asal anda memperhatikan beberapa tips membangun bisnis souvenir dengan modal minim.

Tips Membangun Usaha Souvenir Rumahan Menguntungkan Dengan Modal Minim

Setelah anda mengetahui prospek positif serta contoh ragam usaha souvenir yang bisa dipilih, maka kini sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tips membangun usaha souvenir rumahan menguntungkan.

  • Menentukan jenis usaha souvenir
    Amati segmen pasar sehingga anda bisa menentukan jenis usaha souvenir rumahan menguntungkan yang bakal menarik minat banyak orang. Hal ini penting jika anda hendak membangun usaha tanpa memiliki modal yang cukup. Tekuni salah satu jenis usaha tersebut sebelum akhirnya berkembang pesat. Misalnya anda bisa mengambil jenis usaha souvenir dari kain flanel mka fokuslah pada produk yang anda kembangkan tersebut. Anda bisa mencari referensi dari internet atau kompetitor souvenir kain flannel lain. Kembangkan hasil riset anda dengan hasil kreativitas sendiri sehingga menciptakan souvenir yang berbeda dibanding yang lain.
  • Mengembangkan inovasi
    Jika anda mengambil bisnis souvenir dari bahan kain flannel, maka langkah selanjutnya adalah mengembangkan inovasi. Jika selama ini, kain flanel hanya anda sulap menjadi bros, maka anda bisa mengembangkannya menjadi lebih unik misalnya gantungan kunci berbentuk pakaian adat yang terbuat dari flanel. Bisa juga menjadi boneka mahasiswa bertoga yang cocok untuk hadiah wisuda.
  • Manfaatkan momen atau situasi yang sedang tren
    Selain anda mencoba menjual produk souvenir untuk acara pernikahan, wisuda atau ulang tahun anak, maka coba mengamati secara jeli tentang segmen pasar yang sedang trend saat ini. Momen tertentu bisa menghasilkan pendapatan yang maksimal jika anda mampu menangkap peluang usaha souvenir rumahan menguntungkan. Misalnya ada klub favorit Eropa yang sedang datang ke Indonesia untuk uji laga tertentu, maka anda bisa mencoba membuat souvenir yang mengambil tema bola klub tersebut. Siapa tahu dengan adanya peluang tersebut, maka usaha souvenir anda bakal semakin berjaya. Baca juga: Bisnis yang lagi trend buat anak muda
  • Melakukan pemasaran secara maksimal baik offline atau online
    Kecanggihan dunia digital memang sangat berpengaruh dalam perkembangan usaha souvenir rumahan menguntungkan. Anda bisa menggunakan akun media sosial sebagai sarana promosi yang murah, namun efektif. Anda tinggal mengunggah hasil karya anda ke internet atau marketplace jual beli terpercaya. Selanjutnya pesanan pun akan datang menghampiri anda tanpa harus melakukan kontak langsung. Namun, bukan berarti anda mengabaikan sistem pemasaran offline. Tetap gunakan teknik offline misalnya ikut menjual produk pada saat acara bazar atau pameran hasil karya UKM. Bisa pula sesekali menjual produk hasil karya anda ke pusat keramaian yang memiliki potensi penjualan yang tinggi.
  • Menjalin relasi dengan baik
    Menjalin relasi sangat baik agar produk anda bisa terpasarkan dengan cepat. Media promo dari mulut ke mulut salah satu upaya membuat usaha yang anda tekuni berkembang. Testimoni yang berisi tingkat kepuasan pelanggan sangat menentukan kelanjutan usaha anda. Anda bisa mencoba membuka relasi dengan vendor pernikahan, hotel atau pun event organizer. Semakin banyak relasi, maka semakin banyak pula kesempatan memperluas usaha souvenir rumahan menguntungkan.

Beberapa tips membangun usaha souvenir rumahan menguntungkan tersebut bisa anda coba sendiri. Terus melakukan inovasi dan harga yang kompetitif bakal membuat usaha anda survive di tengah persaingan bisnis souvenir yang semakin pesat. Ketekunan, keterampilan dan kreativitas sangat dijunjung tinggi dalam bisnis ini. Tak peduli latar belakang anda asal ada tekad kuat, maka usaha souvenir rumahan menguntungkan bakal menjadi bisnis yang terus menggiurkan.


Bagikan Artikel ini :
tags: , , ,

JANGAN LEWATKAN: