8 Cara Mendapatkan Penghasilan Lewat Video YouTube


Siapa sih yang tak tahu tentang YouTube? Yaps, YouTube telah menjadi bagian yang tak terpisahkan oleh berbagai lapisan masyarakat baik untuk anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua. Hal ini karena YouTube memang membuat berbagai informasi dalam bentuk video, bahkan media ini juga kerap digunakan untuk mendapatkan pengetahuan dan hiburan.

8 Cara Mendapatkan Penghasilan Lewat Video YouTube

Dengan demikian, maka sekarang ini YouTube telah digunakan sebagai media mencari penghasilan. Yaps, perlu diketahui, jika Anda membuat video YouTube yang mampu mendatangkan ribuan viewers atau penonton maka bisa menghasilkan uang dengan jumlah yang banyak. Dan hal inilah yang menjadi alasan mengapa saat ini banyak Youtuber yang bermunculan.

Sekarang ini banyak sekali chanel-chanel youtube bermunculan. Tidak hanya masyarakat biasan bahkan para artis pun banyak yang menjadi youtuber karena memang penghasilan dari sangat menggiurkan. Lalu sebenarnya bagaimana cara mendapatkan penghasilan lewat youtube. Oke, simak penjelasan lengkapnya dibawah. Baca: 10 Youtuber dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia

Cara Mendapatkan Penghasilan Lewat Video YouTube

Apakah Anda tertarik untuk menjadi Youtuber? Jika iya, maka berikut adalah 8 cara mendapatkan penghasilan dari video YouTube!

1. Membuat YouTube Channel

Cara mendapatkan penghasilan dari video YouTube yang paling penting adalah dengan membuat YouTube Channel terlebih dahulu. Bagi Anda yang belum bisa membuatnya, cobalah dengan sign in ke YouTube dengan menggunakan akun Google untuk masuk dan mendaftar. Selanjutnya isilah semua data form dibutuhkan.

Setelah itu, maka buatlah channel YouTube Anda sendiri, yakni pikirkan nama apa yang akan digunakan untuk saluran YouTube Anda serta bagaimana konsep saluran yang akan dilakukan nantinya. Dalam hal ini Anda juga harus memikirkan tema serta karakter channel yang akan dibuat.

2. Monetisasi YouTube Channel

Hanya dengan membuat akun YouTube saja tentu tak bisa menghasilkan uang, sebab Anda masih harus melakukan monetisasinya. Dengan begitu, cobalah sign in ke akun YouTube yang telah dibuat, kemudian pilih menu “account information” yang berada di kanan atas, kemudian klik “Creator Studio”.

Setelah itu, pada menu yang berada di sebelah kiri, pilihlah “Channel”, lalu klik “Status and features”. Tahap akhirnya adalah dengan pilih “Enable Monetisation”, lalu setujui agreement yang ada.

3. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense

Perlu diketahui, sebagus apapun Anda membuat video, namun jika tak dipasang iklan atau AdSense pasti tak akan menghasilkan pendapatan. Dengan demikian, setelah Anda mengaktifkan monetisasi pada YouTube channel, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan associate dan approved AdSense account terhadap YouTube account yang telah Anda buat.

Dengan aktivitas tersebut, maka nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang bisa digunakan untuk melakukan track penghasilan.

4. Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi

Sebenarnya, monetisasi yang telah dijelaskan diatas tak harus diimbangi dengan optimalisasi kegunaan. Nah dalam hal ini cara mendapatkan penghasilan dari video YouTube yang banyak adalah membuat monetisasi dengan syarat:

  • Video yang dibuat harus user-friendly
  • Konten yang disajikan harus karya orisinal atau dibuat sendiri, agar dapat di-promote
  • Copyrighted videos atau plagiarism dari channel lain tidak akan menghasilkan apapun, sehingga urungkan niat Anda jika akan melakukan plagiarism.
  • Video yang dibuat harus memperhatikan Terms of Service serta Community Guidelines, yang merupakan kebijakan dari pihak YouTube.

5. Melakukan Conversion Rate ke Product Page

Bila Anda bertanggung jawab terhadap suatu bisnis atau perusahaan tertentu, maka saluran YouTube bisa digunakan sebagai kesempatan untuk meningkatkan conversion rate. Dalam hal ini, tentunya Anda harus membuat konten yang menunjukkan betapa berkualitas serta menariknya produk yang ditonjolkan melalui soft promotion.

Setelah itu, buatlah link pada product page, tepatnya di kolom deskripsi YouTube video. Jika dilihat secara luas, hal ini memang kerap dilakukan para vlogger yang sedang menjual sesuatu. Misalnya, pada video musik umumnya disajikan banyak shoot produk-produk tertentu yang digunakan oleh bintang utamanya.

6. Menjual Video di Website Penjualan Video

Menjual video yang Anda buat? Yaps, salah satu cara mendapatkan penghasilan dari video YouTube selanjutnya adalah dengan menjual video kepada website komersial.

Jangan salah paham dulu, penjualan video ini tak serta merta menjual karya Anda, namun website komersial tersebut harus yang mampu memberikan sarana untuk berjualan hasil karya Anda, sehingga nantinya website tersebut akan mengarahkan penonton untuk membayar jika ingin menonton versi lengkapnya melalui video yang Anda buat.

7. Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link

Affiliate marketing jelas tentunya juga peluang untuk mendapatkan penghasilan dari video YouTube. Namun masalahnya adalah saat ini telah banyak pemasar affiliate yang tak menyebutkan bagaimana detail yang diperlukan untuk menghasilkan pendapatan yang sangat tinggi.

Dengan demikian, cobalah membuat saluran YouTube yang bagus, kemudian gunakan sebagai katalis yang diarahkan ke affiliate link yang telah dibuat tado.

8. Menarik Sponsorship

Cara mendapatkan penghasilan dari video YouTube lainnya adalah menggunakan teknik sponsorship. Yaps, bila Anda melihat para YouTuber yang telah sukses dan terkenal, pasti konten video-nya mengandung unsur sponsorship serta advertisement.

Hal tersebut karena memang dua aspek ini mampu dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari YouTube, sebab akan banyak penonton yang tertarik untuk melihat, apalagi jika sponsorship memang telah terkenal.

Tipe-Tipe Video yang Mampu Menghasilkan Uang di YouTube

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa konten yang menarik akan mendatangkan banyak penonton, sehingga penghasilan akan semakin banyak. Lalu bagaimana untuk membuat konten yang menarik? Nah, bagi Anda yang masih pemula dengan YouTube, berikut ini adalah beberapa jenis video yang bisa Anda gunakan:

  • Tayangan List
    Video YouTube yakni dengan membuat daftar video yang menarik untuk dilihat secara visual. Dimana list yang bisa dibuat yakni dengan list berupa soal tertentu, serta dirangkum dengan judul yang menarik. Misalnya “10 Penemuan Tanda-tanda Alien di bumi” atau “10 Knockout Terbaik Petinju Wanita UFC”. Untuk pembuatan video-nya bisa dengan membuat suara yang disertai gambar bergerak, atau juga bisa dengan tulisan yang disertai dengan kolase foto-foto.
  • Tayangan Voice Over
    Jenis video ini, yakni menggunakan rekaman suara narasi tentang berbagai fakta menarik, atau berupa komentar berita terkini, pendapat tentang film atau musik, atau lainnya agar video yang dibuat menarik untuk ditonton.
  • Tayangan Tutorial
    Jenis video YouTube ini merupakan jenis yang paling banyak diminati penonton. Dimana saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan video untuk mengakses informasi tentang berbagai cara yang belum mereka ketahui, misalnya cara memasak, make up, berhijab, atau tutorial lainnya.
  • Tayangan Unboxing
    Pada dasarnya, secara psikologis setiap manusia pasti mempunyai rasa keingintahuan yang besar. sehingga saat ini video-video unboxing sangat dicari oleh pengguna YouTube. Baik video Unboxing dengan tema mainan anak, ataupun alat-alat teknologi bagi orang dewasa.
  • Tayangan Ilustrasi
    Tak hanya tayangan unboxing, kini juga tersedia banyak tayangan edukasi yang memang dibuat dengan ilustrasi menarik serta dengan berkualitas tinggi. Hal tersebut karena, penonton biasanya akan penasaran dengan suatu video yang memiliki ilustrasi menarik.

Penggunaan YouTube saat ini memang telah berkembang pesat, hal ini karena banyak orang yang telah menyukai media audio ketimbang visual yang hanya berupa tulisan. Apalagi untuk informasi tutorial, tentu orang lebih memilih video ketketimbang langkah tertulis, karena tahapannya lebih jelas.

Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: