Cara Memulai Bisnis Es Krim yang Menggiurkan


Bisnis es krim merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Selain bisa di franchisekan peminatnya es krim juga banyak sekali mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua. Semua orang pernah dan suka makan es krim, khususnya anak-anak. Maka dari itu, es krim termasuk bisnis yang tak akan pernah mati meski krisis melanda negeri ini.

Cara memulai bisnis Es Krim yang Menggiurkan

Cuaca yang semakin panas menjadi salah satu faktor yang menguntungkan bagi bisnis ini. Mengapa tidak? Es krim dibutuhkan pada siang hari yang panas. Meski es krim tidak bisa menghilangkan rasa haus seperti air tetapi dapat menjadi alternatif jajanan yang enak untuk dikonsumsi pada siang hari ketika cuaca panas.

Dan pada bulan ramadhan kali ini yang cuacanya panas tentu saja es krim menjadi salah satu menu berbuka puasa yang menggiurkan. Anda bisa berjualan es krim dengan berbagai variasi rasa yang menggugah selera dan beberapa menu takjil lainnya. Meski menjanjikan tapi terkadang tidak sedikit orang bingung bagaimana cara memulai bisnis es krim yang menggiurkan ini. Dan untuk itulah pada kesempatan kami akan mengulasnya untuk anda.

Biasanya, penjual es krim mencari tempat-tempat strategis seperti sekolah, kampus, Mall dan tempat-tempat keramaian lainnya. Dengan demikian, es krim yang dijual akan laris manis. Jika tertarik dengan bisnis ini, anda bisa bergabung dengan pihak franchisor. Saat ini banyak sekali franchise es krim yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk membuka usaha. Apalagi bisnis ini cukup menjanjikan masa depan yang cerah. Baca juga: Contoh Usaha Kuliner Terbaru Prospek Cerah

#. Mengapa Memilih Bisnis Es Krim ?

Mengapa haris memilih bisnis ini? pertanyaan itu cukup menarik untuk menguatkan keyakinan anda dalam membuka bisnis es krim. Ada beberapa alasan yang bisa dijadikan patokan yakni sebagai berikut:

  • Bisnis es krim merupakan jenis usaha yang menjanjikan dan tidak akan pernah sepi karena digemari oleh anak-anak dan remaja.
  • Varian rasa yang bermacam-macam, unik dan menggugah selera menjadi nilai plus tersendiri bagi para pelanggan.
  • Bisnis ini mudah diduplikasi sehingga pihak franchise (anda) tidak membutuhkan waktu lama untuk menjalankan bisnis ini.
  • Modal yang dibutuhkan untuk menjadi franchisee tidak terlalu besar.
  • Modal dapat kembali dalam waktu yang relatif singkat sehingga anda tidak perlu khawatir rugi atau tidak balik modal.
  • Tidak membutuhkan tempat yang luas untuk membuka usaha ini. Anda bisa menggunakan outlet ukuran kecil atau gerobak.

Itulah beberapa alasan yang mungkin dapat menguatkan anda untuk membuka binis franchise es krim ini. Target pasa bisnis ini adalah semua orang dari berbagai kalangan terutama anak-anak dan remaja.

#. Cara Memulai Bisnis Es Krim

Jika anda tertarik berjualan es krim maka cara memulai bisnis franchise es krim ini maka pertama-tama anda harus mengajukan permohonan kerja sama atau bergabung dengan pihak franchisor es krim. Namun, sebelum itu tentunya anda perlu mencari pihak franchisornya terlebih dahulu. Kalau sudah ketemu pelajari bisnisnya dan bagaimana sistem yang ditawarkan serta berapa modal investasi yang harus anda keluarkan. Jika menurut anda bagus maka baru ajukan permohonan kerja sama. Baca juga: Peluang Bisnis Franchise Pisang Ijo yang Menggiurkan

Setelah itu, anda harus mencari tempat atau lokasi usaha. Untuk tempat usaha sebaiknya Carilah lokasi yang strategis untuk berjualan es krim agar bisnis anda mudah terlihat dan dikenal orang. Anda juga bisa mempekerjakan seorang karyawan yang bisa dipercaya untuk mengurus bisnis ini. Dengan demikian, anda pun bisa menjadi penjual es krim.

#. Perlengkapan Usaha

Perlengkapan merupakan alat utama dalam menjalankan bisnis apapun termasuk bisnis es krim. Tanpa perlengkapan bagaimana kita bisa berjualanan. Adapun perlengkapan usaha yang harus disiapkan untuk menjalankan bisnis es krim antara lain gerobak dan perlengkapan es krim atau sepeda untuk menjajakan es krim, freezer box dan kursi plastik.

#. Simulasi Modal Bisnis Es Krim

Bagi anda yang tertarik dengan bisnis es krim berikut adalah contoh simulasi biaya yang harus dikeluarkan untuk membuka bisnis franchise es krim ini.

a. Modal Investasi Awal
– Gerobak Rp.3.000.000,-
– Franchise Fee Rp. 1.000.000,-
– Freezer Box Rp.1.250.000,-
– Produk es krim perdana Rp.200.000,-
Total modal Rp.5.550.000,-

b. Biaya Operasional Bulanan
– Bahan baku (es krim dari franchisor) Rp.3.000.000,-
– Biaya listrik, air, dan lain-lain Rp.150.000,-
– Gaji 1 orang karyawan Rp. 700.000,-
Total Biaya Operasional Rp.3.850.000,-

C. Pendapatan per Bulan
Asumsi penjualan 70 es krim
=70xRp3.000,00×30 hari = Rp 6.300.000,-

d. Keuntungan per Bulan
= Rp.6.300.000,00-Rp.3.850.000,00 = Rp. 2.450.000,00-

Dengan asumsi tersebut, maka modal investasi awal akan kembali dalam waktu kurang dari 2,5 bulan. Yes, itu hanya analisis usaha sebagai acuan untuk anda dalam menjalankan bisnis franchise es krim.

Bisnis es krim memang sangat menggiurkan keuntungan yang luar biasa kalau dilakukan dengan serius. Sebagaimana dilansir detik.com seorang anak muda Indonesia Andrea Prasetya yang berusia 22 tahun sukses membangun kafe es krim dengan omset mencapai Rp 100 juta lebih perbulan. Ini membuktikan kalau es krim peluang bisnis yang menjanjikan.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: