Cara Memulai Bisnis Hosting Agar Sukses Dalam Waktu Sekejap


Bisnis Hosting merupakan salah satu peluang bisnis online yang cukup menjanjikan. Apalagi di zaman sekarang ini banyak pebisnis yang memasarkan produk mereka melalui blog/website yang tentunya menggunakan hosting. Lalu bagaimana cara memulai bisnis hosting agar sukses dalam sekejap. Itulah yang akan kita bahas pada kesempatan ini, oleh karena itu teruskan membaca sampai selesai.

Cara Memulai Bisnis Hosting

Gambar: Cara Memulai Bisnis Hosting Agar Sukses

Seiring berjalannya waktu, saat ini pengguna blog telah berkembang sangat pesat, bahkan di Indonesia sendiri, toko online sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Belum lagi, di era global ini juga telah banyak perusahaan yang menggunakan website sebagai media promosinya. Dengan hal tersebut, akhirnya orang tertarik untuk membuka bisnis sebagai layanan penyedia keperluan website, misalnya, penyedia hosting, domain, SSL, ataupun lainnya.

Apa Itu Hosting ?

Berkaitan dengan promosi melalui website, bagi seseorang yang ingin mengoptimalkan penggunaannya, maka harus menggunakan hosting. Sebenarnya Apa itu hosting? Yes, Dalam dunia internet, istilah hosting merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan data yang diperlukan dalam sebuah website, tujuannya adalah agar website tersebut mudah diakses atau bahkan ditemukan oleh pengguna. Data yang tersimpan dalam hosting sendiri, terdiri dari berbagai macam, bisa berupa file, aplikasi, email, gambar atau media lainnya.

Perlu diketahui, jika membuat website tanpa menggunakan hosting, maka dapat dipastikan website tersebut tak dapat diakses oleh banyak pengguna, dan alhasil bisnis yang dijalankan tak akan berkembang.

Dengan alasan tersebut serta ditambah gencarnya promosi menggunakan website, maka jika Anda menjalankan bisnis hosting ini mampu memberikan prospek penghasilan yang besar. Meski demikian, bukan berarti bisnis ini dapat dijalankan dengan sangat, bahkan hosting sendiri termasuk bisnis yang berjalan pasti namun lambat.

Beberapa Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Hosting

Bagi Anda yang berminat merambah ke bisnis hosting, maka beberapa yang patut untuk diperhatikan sebelum memulai bisnis ini:

1. Mempunyai Keinginan yang Keras
Segala sesuatu tentunya membutuhkan keinginan dan tekad yang bulat. Bahkan mendirikan bisnis hosting sendiri, bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Dengan demikian, sebelum Anda memulainya, pastikan terlebih dulu wajib mempunyai tekad serta kemauan yang keras untuk menjalankan bisnis hosting ini. Sebab, perlu diperhatikan, dalam menjalankan bisnis ini, Anda diwajibkan online setiap saat bahkan selama 24 jam untuk melayani klien. Ini berarti Anda harus bisa selalu siap siaga kapan saja ketika klien memerlukan.

2. Mempunyai Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Dunia Hosting
Bila Anda ingin merambah dalam dunia hosting, maka mempunyai pengetahuan dan keterampilan merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi. Bagaimana tidak, bila Anda tak memiliki keahlian ini, bagaimana nantinya Anda akan melayani klien, bahkan untuk menjawab pertanyaan klien saja akan sulit. Meski demikian, pengetahuan dan keahlian bisnis hosting ini sebenarnya sangat mudah, bahkan orang awam sekali pun bisa menjalankan bisnis hosting dengan mudah.

Lalu bagaimana untuk mendapatkan keahlian dan keterampilan tersebut? Seiring berjalannya waktu, jika Anda mau belajar dan membaca, maka dunia hosting akan mudah dipelajari. Dan untuk mempelajarinya, tentu tak harus mengikuti kursus atau pelatihan, hanya dengan belajar melalui internet, atau membeli buku tentang hosting, maka dalam beberapa bulan saja, Anda sudah bisa memulainya.

3. Mempunyai Modal yang Cukup
Cara memulai bisnis hosting selanjutnya yang tak kalah penting adalah memiliki modal yang cukup. Yaps, meski dilakukan secara online, modal tetap menjadi faktor utama untuk memulai usaha ini. Meski demikian, Anda tak khawatir soal modal, sebab Anda bisa menjalankannya meski dengan modal yang sangat minim.
Bagaimana caranya? Tentu sangat mudah, bagi Anda yang minim budget maka bisa memulainya dengan menjadi reseller hosting.

Apa itu reseller hosting? Sama halnya dalam bisnis jual beli, menjadi reseller hosting ini nantinya Anda hanya akan menjualkan hosting dari suatu jasa ke pengguna. Ini artinya, Anda bisa melakukannya tanpa modal, bahkan tanpa keahlian sekalipun. Bagaimana tidak, Anda hanya mempromosikan suatu jasa penyedia hosting, dan ketika laku jasa tersebutlah yang akan bergerak. Ini tentunya lebih sederhana dan mudah bukan?

4. Melakukan Promosi dan Pemasaran
Dalam suatu bisnis, termasuk bisnis hosting, promosi atau pemasaran merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar jasa yang disediakan cepat berkembang dan dikenal oleh banyak pengguna.
Untuk melakukan promosi sendiri, tentu website dapat dijadikan sebagai media utama yang tepat, apalagi Anda seorang jasa hosting, tentu dapat menguasai marketing dalam website bukan?

Nah, meski Anda menguasai dunia website dan hosting, bukan berarti hanya berpacu dalam media tersebut saja dalam berpromosi, namun media lainnya yang ada juga harus dijadikan peluang. Misalnya, dengan berkembangnya media sosial saat ini, maka bisa dijadikan sebagai media untuk mengincar banyak pelanggan.

Lebih dari itu, Anda juga bisa mempromosikan dalam forum-forum tertentu, dimana dalam forum inilah biasanya akan mendapatkan pelanggan yang banyak. Bahkan tak hanya sampai disitu saja, promosi bisnis hosting yang dilakukan secara online juga sangat disarankan. Misalnya saja menggunakan media spanduk, brosur, pamflet, atau lainnya. Hal ini tujuannya agar bisnis reseller hosting Anda bisa berkembang pesat dengan sangat cepat.

Lalu Bagaimana Cara Memulai Bisnis Hosting ini?

Untuk menjalankan bisnis hosting, tentu tak hanya memperhatikan empat poin di atas saja , namun juga terdapat tips sukses lain yang wajib Anda lakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini sedikit ulasan tentang bagaimana cara memulai bisnis hosting supaya tak salah langkah.

1. Mulai Dari Menjadi Reseller
Seperti yang telah dijelaskan diatas, agar modal yang Anda keluarkan tak terlalu besar, maka mulailah dengan menjadi reseller hosting terlebih dahulu. Hal Ini wajib dilakukan, agar di kemudian hari Anda tidak salah perhitungan. Dalam hal ini artinya Anda harus mencari penyedia layanan hosting yang membuka peluang untuk reseller.

2. Lanjut Sebagai Mater Reseller
Bila bisnis menjadi reseller hosting ini telah berkembang, maka tahap selanjutnya adalah menjadi master reseller. Apa itu master reseller? Artinya adalah, bila Anda telah sukses menjadi reseller hosting, maka cobalah merambah ke layanan lainnya, misalnya SSL, domain, atau layanan lain yang berhubungan dengan website.
Hal ini bertujuan agar penghasilan yang Anda dapatkan semakin besar, dan tentunya memudahkan Anda untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

3. Coba Membuat Server Sendiri
Bila dirasa bisnis hosting yang Anda jalankan telah berkembang serta memiliki jumlah klien yang sangat banyaknya, maka cobalah memiliki server sendiri untuk mendapat keuntungan yang lebih besar. Misalnya dengan menyewa DS (Dedicated Server) atau VPS (Virtual Private Server).
Yaps, menyewa VPS atau DS memang bukan perkara murah, sehingga hal ini tentu dapat dilakukan bila sebelumnya Anda telah memahami serta mengembangkan bisnis hosting. Selain itu, bila ingin menyewakan server DS dan VPS, tentunya harus memilih yang mumpuni, berkualitas, serta berkapasitas besar.

Sebagai tambahan, beberapa tingkatan dalam dunia hosting yang perlu Anda ketahui, mulai dari yang kecil hingga yang besar, ialah sebagai berikut:

  1. Shared hosting
  2. reseller hosting
  3. master reseller hosting
  4. alpha master reseller hosting
  5. VPS
  6. yang terakhir adalah DS.

Bagaimana sudah siap untuk menjadi reseller hosting? Meski terlihat sulit, namun jika Anda mau belajar dan gencar melakukan promosi, maka dalam waktu sekejap saja Anda bisa mengembangkan usaha ini dengan mudah dan cepat. Demikianlah semoga langkah-langkah cara memulai bisnis hosting diatas bisa bermanfaat.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: