4 Langkah Cara Mendapatkan Uang Tambahan bagi Ibu Rumah Tangga


Anda seorang ibu rumah tangga memiliki banyak waktu luang di rumah? kenapa tidak memanfaatkan waktu tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sekarang ini ada banyak cara mendapatkan uang tambahan bagi ibu rumah tangga diselah waktu mengurus rumah dan mengasuh anak. tidak sedikit dari mereka yang sukses dan mendapatkan penghasilan yang besar hanya dari rumah saja.

4 Langkah Cara Mendapatkan Uang Tambahan bagi Ibu Rumah Tangga

 

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti menutup diri dari sumber penghasilan. Kini, banyak ibu rumah tangga yang berpenghasilan besar setelah menawarkan berbagai jenis produk dan jasa, baik daring maupun luring. Dengan bantuan internet, semakin banyak wanita dapat menawarkan kemampuan mereka menjadi uang, melalui blog dan situs media sosial.

Cara Mendapatkan Mendapatkan Uang Tambahan bagi Ibu Rumah Tangga

Nah, bagi anda ibu rumah tangga yang ingin punya penghasilan di rumah berikut cara mendapatkan uang tambahan yang bisa anca coba praktekan.

1. Mengetahui Kemampuan

Melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuan akan membuat anda lebih mudah dalam menjalankannya. karena itu anda perlu mengetahui kemampuan yang anda miliki. Ada beberapa cara mengetahui kemampuan anda yakni:

a. Jelajahi minat Anda

Mulailah mencari uang tambahan dengan mengetahui hal-hal yang Anda sukai, atau hal-hal yang menarik minat Anda. Sering kali, hobi bisa berubah menjadi ladang penghasilan, terutama jika Anda memiliki pengalaman atau kemampuan untuk mendukungnya.

  • Tulis semua hal yang menarik minat Anda saat ini, atau mungkin menarik minat. Dengan menuliskan minat, Anda akan dapat mengetahui cara potensial mendapat uang, atau idealnya, kesempatan mendapat uang yang sesuai minat.
  • Misalnya, jika Anda menyukai memasak, olahraga, matematika, perbaikan otomotif, atau taman, seluruhnya dapat menjadi kesempatan mencari uang.
  • Ketahui juga hal yang benar-benar tidak suka Anda lakukan. Meskipun terkadang Anda terpaksa melakukan hal yang tidak disukai (terutama jika hal tersebut dapat menghasilkan uang), misalnya menulis, Anda dapat menjadikan hal-hal tersebut sebagai opsi terakhir.

b. Perhatikan pengalaman Anda sebelum menjadi ibu rumah tangga

Pengalaman, seperti pekerjaan lampau, pendidikan, dan hobi, juga dapat digunakan untuk mengetahui cara mendapat uang. Misalnya, jika Anda adalah seorang guru (atau pernah mengajar sebelumnya), Anda bisa menjadikan mengajar sebagai sumber pendapatan. Jika Anda memiliki pengalaman lain, seperti kesenian, administrasi kantor, menulis, menjaga hewan, atau bahkan menjaga anak, pengalaman-pengalaman tersebut juga dapat menghasilkan uang.

c. Cari Tahu kemampuan Anda

Mengetahui kemampuan adalah cara yang baik untuk menemukan kesempatan mendapat penghasilan. Kemampuan melakukan hal yang tidak dapat dilakukan orang lain bisa jadi membuka kesempatan kerja.

  • Misalnya, jika Anda jago memasak atau menguasai beberapa bahasa, Anda dapat menjadikan kemampuan tersebut sebagai sumber penghasilan.
  • Gabungkan kemampuan, minat, dan pengalaman untuk menemukan ide potensial mendapat penghasilan.

d. Menyeimbangkan kegiatan mencari uang dengan kesibukan rumah tangga

Kesibukan ibu rumah tangga sangatlah padat, setara dengan pekerjaan penuh. Mencari uang sembari mempertahankan status sebagai ibu rumah tangga tentu akan memotong waktu Anda dari kegiatan rumah tangga. Perhatikan waktu yang Anda gunakan saat ini, dan ketahui kegiatan yang dapat dipersingkat untuk menyediakan waktu bekerja.

  • Misalnya, jika Anda menghabiskan beberapa jam untuk membersihkan rumah, ketahui hal yang dapat dilakukan lebih jarang, atau mintalah orang lain di rumah untuk melakukannya.
  • Merawat anak memerlukan banyak waktu. Anda mungkin harus menitipkan anak di tempat penitipan anak atau pada kerabat agar Anda dapat bekerja.

Baca juga: 7 Bisnis Online Rumahan tanpa Modal yang Menjanjikan

2. Memilih Cara Mendapatkan Uang

Ketika anda sudah mengetahui kemampuan yang dimiliki maka langkah selanjutnya adalah memilih cara mendapatkan uang. Anda bisa memilih pekerjaan atau bisnis berdasarkan kemampuan anda. Misalnya:

a. Menjadi Pengasuh Anak

Ambil pekerjaan mengasuh anak orang lain. Ibu rumah tangga biasanya memiliki kemampuan dan sumber daya yang berguna bagi orang tua lain. Banyak orang tua mencari layanan penitipan anak, dan dengan mahalnya biaya tempat penitipan anak, Anda mungkin dapat menemukan orang tua yang mau menggaji pengurus anak pribadi demi penghematan.

  • Iklankan jasa Anda di situs seperti Kaskus dan OLX, atau buatlah poster. Anda juga dapat beriklan melalui media sosial, seperti Facebook atau Path.

b. Jadilah pengajar, baik daring atau luring

Jika Anda memiliki pengetahuan tertentu, terutama pelajaran sekolah atau bahasa asing, yang dapat dibagikan, Anda bisa membuka tempat les privat atau kursus.

  • Untuk mengiklankan jasa les privat, Anda dapat menggunakan situs seperti Kaskus dan OLX, menggunakan strategi getok tular di sekolah anak Anda atau sekolah lain, atau memasarkan jasa pada tetangga.
  • Untuk mengajar daring, Anda dapat mengunjungi situs seperti Tutor.com. Di Tutor.com, seluruh proses belajar mengajar dilakukan daring, dan Anda akan dibayar per jam mengajar. Namun demikian, untuk mengajar subjek tertentu, Anda harus berijazah universitas, dan Anda harus dapat mengajar setidaknya lima jam seminggu.
  • Jika Anda menguasai bahasa asing, Anda dapat mengajar bahasa daring melalui iTalki.com. Anda akan mendapat bayaran per jam setelah mengajar.

c. Menjual Produk Buatan Sendiri

Jika Anda dapat membuat sesuatu yang berharga, umumnya hasil kreasi tersebut dapat dijual. Anda bisa menjual kue, foto, benda seni dan hasta karya, pakaian, dan berbagai produk lainnya. Setelah mengetahui barang yang bisa Anda jual, ketahui juga bagaimana Anda dapat menjualnya.

  • Bagi pemula, menggunakan jejaring sosial adalah cara yang baik untuk mengiklankan produk buatan Anda. Buatlah halaman Facebook usaha Anda, dan unggah foto produk ke halaman tersebut. Halaman Facebook dapat membantu Anda berbagi kegiatan dengan teman Facebook, dan mungkin menjual beberapa produk.
  • Produk tertentu dapat dijual di situs-situs khusus. Misalnya, situs seperti Shutterstock dan Istock memungkinkan Anda menjual foto, Etsy menyediakan pasar untuk hasta karya, dan Raverly memungkinkan Anda menjual pola rajutan. Selain itu, situs seperti Kaskus dan OLX dapat Anda gunakan untuk terhubung dengan pembeli lokal.
  • Jika Anda ambisius, buatlah situs web atau toko daring sendiri, dan beriklanlah daring dengan peralatan seperti Google AdSense untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke toko Anda.
  • Etsy.com adalah pasar hasta karya yang dapat Anda coba untuk menjual hasil kerajinan Anda. Bacalah panduan menjual barang di Etsy untuk informasi lebih lanjut.

d. Jadilah penulis lepas, atau buatlah blog

Jika Anda bisa menulis, mengetahui banyak hal mengenai topik tertentu, atau memiliki pengalaman/perspektif mengenai suatu hal, Anda bisa mendapat uang dengan menulis lepas atau membuat blog.

  • Anda dapat membuat blog dengan mudah. Situs seperti Blogger.com memungkinkan Anda membuat blog gratis, atau Anda bisa menggunakan program seperti WordPress dengan biaya sekitar Rp50.000 per bulan. Mencari uang dari blog bisa jadi cukup sulit karena uang yang Anda dapatkan bergantung pada jumlah pembaca blog.
  • Anda juga bisa mendapat uang dengan menjadi penulis/editor lepas. Bagi pemula, temukan pekerjaan sebagai penulis lepas dari situs seperti Elance atau Textbroker karena umumnya gaji yang ditawarkan tidaklah besar. Cara lain menemukan pekerjaan sebagai penulis lepas adalah dengan mencari lowongan di kolom lowongan khusus penulis, menggunakan situs seperti freelancewriting.com, atau bahkan menyediakan ide artikel untuk diterbitkan.

3. Mempertimbangkan Opsi Alternatif untuk Mendapat Pemasukan

Opsi alternatif merupakan opsi cadangan. Jika memang opsi pertama tidak berhasil maka anda bisa menggunakan opsi kedua. Adapun opsi alternatif yang bisa anda pertimbangkan yakni:

a. Pertimbangkan untuk mulai menggunakan kupon

Terkadang, pemasukan tidak selalu hadir dari pendapatan yang lebih besar, namun dapat juga bersumber dari berkurangnya pengeluaran. Menggunakan kupon dan promosi dengan strategi tertentu dapat memperbesar pemasukan Anda. Temukan dan kumpulkan kupon untuk mengurangi biaya hidup sehari-hari.

  • Kupon dapat ditemukan dari berbagai sumber, misalnya koran hari Minggu. Anda juga dapat mencetak kupon dari situs seperti Lakupon, atau situs pabrikan produk yang akan Anda beli.
  • Anda dapat menggunakan ponsel untuk menemukan kupon dan mencocokkannya dengan promosi di daerah Anda. Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah Dealoka, yang memungkinkan Anda menemukan promosi di daerah Anda dan mencetak kupon untuk promosi tersebut.
  • Jika Anda tertarik untuk menggunakan kupon lebih lanjut di Amerika, blog seperti The Krazy Coupon Lady dapat membantu Anda memulai.

b. Dapatkan uang dari aktivitas Anda di dunia maya.

Beberapa situs akan membayar Anda saat melakukan aktivitas seperti mencari informasi, menonton video, menyelesaikan survei, berbelanja daring, atau bermain gim. Kunjungi situs seperti Swagbucks dan Ebates untuk menemukan informasi terkini mengenai cara mencari uang dari aktivitas daring.

  • Swagbucks memungkinkan Anda mendapat mata uang Swagbucks saat melakukan aktivitas dari dalam situs mereka. Swagbucks dapat ditukarkan menjadi uang atau voucher. Misalnya, saat Anda menghabiskan satu dolar untuk berbelanja lewat toko Swagbucks (yang menyediakan produk dari ribuan toko besar), Anda akan menerima satu Swagbucks, yang sama dengan 1% uang kembali.
  • Ebates menawarkan skema uang kembali yang sama, namun lebih sempit cakupannya dibanding Swagbucks. Anda hanya dapat berbelanja lewat Ebates, sementara Swagbucks menawarkan banyak aktivitas lainnya.
  • Selain Ebates dan Swagbucks, masih banyak situs lain yang menawarkan uang untuk aktivitas daring. Gunakan mesin pencari untuk menemukannya.
  • Jangan membeli barang hanya untuk mendapat keuntungan dari situs. Teliti sebelum membeli untuk memastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkan produk yang dibeli, lalu temukan produk termurah.

c. Buatlah ulasan produk di internet.

Berbagai situs penyedia ulasan produk akan membayar Anda langsung, atau menawarkan diskon produk setelah Anda menulis ulasan produk. Gunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan situs penyedia ulasan produk.

  • Usertesting.com adalah situs populer yang memungkinkan Anda mengulas situs dan aplikasi daring. Setelah membuat ulasan, Anda akan dibayar melalui PayPal. Meskipun ada batasan penghasilan yang bisa Anda dapatkan melalui situs ini, Anda toh tetap bisa mendapat uang tambahan.
  • Snagshout.com adalah situs populer lain yang memungkinkan Anda mendapat diskon besar untuk produk yang dibeli lewat Amazon, jika Anda menulis ulasan produk segera setelah meerimanya. Diskon yang Anda dapatkan bisa mengurangi pengeluaran rumah tangga.

4. Mengatur Waktu

Langkah keempat adalah mengatur waktu. Anda memang perlu mengatur waktu dengan baik agar pekerjaan rumah anda sebagai ibu rumah tangga tidak terbengkalai. Berikut caranya.

a. Buatlah jadwal

Setelah Anda memilih cara mendapat uang tambahan, umumnya Anda akan memiliki lebih sedikit waktu. Jika Anda memiliki anak atau tanggung jawab lain, Anda harus mengatur waktu dengan saksama. Membuat jadwal dan mengatur waktu adalah langkah terpenting dalam manajemen waktu.

  • Sisihkan waktu setiap harinya untuk mencari uang dengan cara pilihan Anda. Untuk menyisihkan waktu, tuliskan kegiatan harian Anda setiap hari (sedetail mungkin), dengan alokasi waktu untuk setiap aktivitas. Cobalah menemukan waktu kosong, atau waktu yang tidak terlalu sibuk, untuk bekerja.

b.Menghilangkan Aktivitas yang tidak Perlu

Hilangkan aktivitas yang tidak perlu jika Anda kesulitan menemukan waktu kosong. Aktivitas yang tidak perlu adalah aktivitas yang dapat dihilangkan tanpa efek serius. Secara tidak disadari, banyak orang menghabiskan banyak waktu melakukan aktivitas yang tidak perlu.

  • Perhatikan diri Anda selama sehari. Anda mungkin menghabiskan waktu sejam untuk bermain Facebook setiap harinya, atau dua jam menonton TV. Meskipun benar-benar berhenti melakukan keduanya tidaklah sehat karena Anda memerlukan istirahat, Anda mungkin dapat memotong durasi menonton TV menjadi sejam atau durasi ber-Facebook menjadi setengah jam.
  • Waktu kosong yang Anda sisihkan dapat digunakan untuk melakukan hal yang lebih produktif.

c. Membuat Target

Buatlah target harian, mingguan, dan bulanan untuk mengatur waktu dengan lebih baik dan mencegah Anda melakukan hal yang tidak perlu. Buatlah daftar hal yang ingin Anda selesaikan setiap hari. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk menjaga anak, cobalah membuat target “beriklan setiap hari”.

  • Anda bisa membuat target kapan saja, sesuai kehendak. Jika Anda menggunakan target harian, menyisihkan 10 menit di malam hari untuk merencanakan hari esok adalah strategi yang baik.
  • Simpanlah target di tempat yang mudah diakses agar Anda dapat tetap berfokus pada pekerjaan, dan mencegah Anda melakukan hal yang tidak perlu.

Demikianlan ulasan tentang 4 Langkah Cara Mendapatkan Uang Tambahan bagi Ibu Rumah Tangga. Jika anda seorang ibu rumah tangga ingin punya penghasilan tambahan di rumah silahkan coba langkah-langkah diatas. Terimah kasih, Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: