Melihat Kesuksesan Waralaba Makanan Cepat Saji McDonald


Siapa yang tidak mengenal McDonald, hampir semua orang mengenal bisnis Waralaba Makanan Cepat Saji satu ini. McDonald merupakan bisnis franchise yang sangat terkenal di Dunia termasuk Indonesia. Dan Pada kesempatan kali ini peluangusaharumahan.info akan mengulas Kesuksesan Waralaba Makanan Cepat Saji McDonald. Sebagai inspirasi untuk anda yang menjalankan bisnis dengan sistem Franchise atau Waralaba.

Melihat Kesuksesan Waralaba Makanan Cepat Saji McDonald

McDonald merupakan salah satu konsep waralaba yang populer saat ini. Jika orang berpikir tentang waralaba, maka yang pertama kali muncul di benaknya adalah McDonald, sebuah waralaba makanan cepat saji. Walaupun McDonald bukanlah konsep waralaba yang pertama di dunia. Bagaimana McDonald bisa menjadi waralaba penjual burger yang sukses hingga sekarang?

Saat ini, jaringan waralaba McDonald telah menjadi waralaba yang terkemuka di dunia. Hingga kini sudah ada lebih dari 35.000 restoran waralaba dengan 70 juta lebih pelanggan dari 100 negara di dunia. Dari jumlah tersebut, 80% restoran dimiliki oleh terwaralaba.

Kesuksesan yang diraih McDonald hari ini adalah buah dari perjalanan panjang. Waralaba makanan cepat saji McDonald mengawali langkahnya dari awal yang sederhana. Restoran McDonald pertama kali dibuka pada tahuun 1940 oleh dua bersaudara Dick dan Mac Donald di Route 66 San Bernadino, California. Pada saat itu ada 25 menu yang ditawarkan. Dua bersaudara ini bahkan tak segan-segan membawakan makanan kepada pelanggannya yang menunggu di mobil.

Lalu, bagaimana bisa sebuah restoran sederhana tumbuh menjadi restoran makanan cepat saji paling populer di dunia?

Pada tahun 1954, McDonald bersaudara sudah memiliki 4 toko yang bisa dibilang sukses. Kesuksesannya itulah menarik perhatian Raymond Kroc, seorang salesman yang bekerja memasok peralatan restoran. Kroc amat terkesan dengan bisnis dan layanan McDonald yang sanggup melayani banyak orang sekaligus. Kroc menjadikan hal ini sebagai kesempatan bagi dirinya untuk memasok Multimixer bagi McDonald sekaligus mengajukan proposal ke McDonald bersaudara agar ia bisa membuka cabang di luar wilayah California.

Pada tahun 1955, Kroc meluncurkan McDonald Systems, Inc sebagai struktur hukum untuk menjalankan waralaba, dan tiga tahun kemudian McDonald telah berhasil membukukan penjualan 100 juta hamburger. Pada tahun 1961, McDonald bersaudara setuju untuk menjual semua hak bisnis kepada Kroc sebesar $2,700,000. Perusahaan menjadi go public pada tahun 1965.

Hingg kini Raymond Kroc dikenal sebagai pendiri waralaba McDonald yang telah membesarkan jaringan restorannya hingga ke berbagai negara di dunia. Satu hal yang menjadi faktor penting keberhasilan waralaba burger ini adalah komitmen yang konsisten terhadap standar dan aturan yang dijalankan. Kroc mempunyai visi bahwa pelanggan akan mendapatkan sesuatu yang istimewa setelah berkunjung ke restoran McDonald.

Selain itu, salah satu kunci keberhasilan McDonald adalah mampu beradaptasi dengan tuntutan konsumen. Pertama kali berdiri McDonal menyajikan menu utamanya hamburger, kentang goreng dan milkshake. Hingga kini McDonald telah melakukan banyak eksperimen dan memperluas menu pilihan di berbagai lokasi restorannya demi memenuhi tuntutan konsumen. Beberapa menu yang dijual di McDonald, ternyata merupakan hasil saran dari terwaralaba (franchisee).

Bisa disimpulkan bahwa kesuksesan McDonald adalah buah dari kerja yang fokus dan konsisten, sistem pemasaran yang brilian, dan senantiasa mendengar tuntutan konsumennya. Hari ini McDonald ada di tengah-tengah kita sebagai waralaba makana cepat saji yang populer dan ramai didatangi konsumen. Investor yang ingin menjalankan waralaba McDonald inipun tidak pernah sepi peminat.

Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: