Menilik Peluang Bisnis Franchise Pisang Ijo yang Menggiurkan


Bisnis franchise pisang ijo merupakan peluang usaha waralaba yang menjanjikan buat kamu yang mencari ide bisnis di bidang kuliner. Makanan khas Makassar ini sudah sangat populer di pulau Jawa dan sangat digemari oleh semua kalangan karena rasanya yang menggugah selera.

Menilik Peluang Bisnis Franchise Pisang Ijo yang Menggiurkan

Pisang Ijo pada awalnya tidak begitu populer di Jawa. Hal itu karena memang makanan ini berasal dari luar Jawa yaitu Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan tepung berwarna hijau. Setelah itu, pisang tersebut disiram dengan bubur sumsum, kacang tanah, cokelat meises dan es batu. Jadilah pisang ijo kanan yang rasanya mampu menggugah selera siapapun.

Kini makanan pisang ijo mulai digemari oleh masyarakat ditanah Jawa, terutama di Bandung, Bogor dan Jakarta. Belakangan ini, penjual pisang ijo mulai bermunculan di tiga kota besar tersebut. Karena konsumennya semakin hari semakin meluas, maka banyak orang yang menjadikannya sebagai peluang bisnis dengan mendirikan outlet pisang ijo. Bisnis ini merupakan bisnis franchise Artinya jika berminat anda tinggal bergabung dan mengajukan proposal kepada pihak franchisor-nya.

Di Bandung sendiri, pisang ijo yang cukup terkenal adalah pisang ijo Ala’din yang dipelopori oleh taufik effendi. Taufik adalah orang pertama yang memperkenalkan makanan khas Makassar ini ke Tanah Jawa. Bisa dibilang, ia sangat berjasa karena telah membuat terobosan pisang ijo di pulau Jawa sehingga pisang ijo pun mulai dikenal dan digemari masyarakat Jawa. Baca juga: Peluang Usaha Kuliner Terbaru Prospek Cerah

#. Kiat Memulai Bisnis Franchise Pisang Ijo

Bagi anda yang tertarik dengan bisnis pisang ijo, untuk memulai bisnis ini, pertama-tama anda harus mengajukan proposal untuk bergabung dengan franchise pisang ijo. Lalu, sedikan juga tempat usaha yang strategis. Dengan demikian, anda bisa menjadi mitra penjualan pisang ijo.

Target pasar dari bisnis ini adalah semua orang dari berbagai kalangan. Karena merupakan bisnis yang menjual makanan maka bisnis ini memiliki prospek cerah dengan segmentasi pasar yang luas. Pisang ijo sangat pas dijadikan menu berbuka puasa sehingga bisnis cocok dijalankan di bulan Ramadhan.

Khusus untuk Bandung, pisang ijo milik Taufik telah tersebar sebanyak 73 outlet. Harga untuk pisang ijo pun tidak terlalu mahal. Untuk kualitas makanan, kesegaran bahan dan cara mengolah kuah merupakan salah satu syarat keberhasilan pisang ijo. Jika tertarik untuk membuka bisnis pisang ijo maka anda tidak perlu repot-repot membuat pisang ijo sendiri. Sebab, anda bisa memilih sistem franchise atau waralaba. Dalam sistem ini, pisang yang sudah dibalut tepung hijau dan kuahnya telah disediakan olah pihak franchisor. Anda hanya tinggal menyediakan es batu saja.

Selain pisang ijo Ala’din ada juga pisang ijo JustMine milik Riezka Rahmatiana. Perempuan asal Mataram ini mampu meraup omzet hingga Rp 850 juta dari jualan pisang ijo. Harga pisang ijo Justmine Rp 6000 hingga Rp 7000 per porsi. pisang ijo JustMine juga menawarkan sistem waralaba bagi yang berjualan pisang ijo. Untuk menjadi Mitra pisang ijo JustMine cukup dengan investasi mulai dari Rp 6,5 juta. Dengan biaya tersebut mitra akan mendapatkan satu booth berupa paket perlengkapan booth lengkap, paket promosi, jaminan kualitas produk, biaya delivery, trainning karyawan, dan hak pakai booth. Baca juga : Tips Memilih Bisnis Franchise yang Tepat

Adapun resep dan cara pembuatan pisat ijo jika anda ingin membuat sendiri sebagai berikut :

a. Bahan-bahan pisang ijo

  • 175 gram tepung beras ayak.
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 100 ml air daun suji
  • 1/2 tetes pewarna hijau
  • 50 gram tepung sagu
  • 6 buah pisang raja matang

b. Bahan untuk bubur

  • 800ml santan dari 1 butir kelapa parut
  • 50 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan disimpulkan
  • 1/4 sendok teh garam

c. Cara membuat Pisang ijo

1. Campur tepung beras, garam, air, air daun suji dan pewarna hijau. Aduk hingga rata, lalu jerang diatas api kecil hingga mendidih sambil aduk agar adonan tidak berbutir.

2. Masukan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis. Bagi adonan menjadi 6 bagian, kemudian bulatkan dan tipiskan hingga 1/2 cm.

3. Balut setiap pisang dengan adonan tepung beras hingga semua bagian tertutup rata. Rebus pisang dalam air mendidih hingga mengapung dan adonan matang. Kemudian angkat dan tirikan.

4. Potong-potong pisang ijo, letakan diatas piring saji. Tambahkan bubur, es serut, sirop, dan susu kental manis. Pisang ijo pun siap disajikan.

Catatan: Satu resep ini untuk 6 porsi pisang ijo.

#. Perlengkapan Usaha Pisang Ijo

Dalam menjalankan usaha tentunya dibutuhkan perlengkapan. Adapun perlengkapan usaha yang harus disiapkan untuk bisnis pisang ijo antara lain gerobak, perlengkapan masak, alat masak, meja dan kursi. Tapi jika anda memilih bisnis dengan sistem franchise biasanya perlengkapan seperti gerobak, peralatan masak dan alat masak sudah disiapkan oleh pihak franchisor.

#. Simulasi Modal Bisnis Pisang Ijo

Berikut ini adalah contoh simulasi biaya yang harus dikeluarkan untuk membuka bisnis franchise pisang ijo.

a. Modal Investasi Awal
1. Gerobak dan peralatan meramu pisang ijo Rp. 6000.000,-
2. Kursi Plastik Rp. 200.000,-
Total : Rp 6.200.000,-

b. Biaya Operasional Bulanan
1. Belanja Bahan Perhari
(Rp.100.000×30 hari) = Rp 3.000.000,-
2. Biaya Listrik, air, gas, dan lain-lain Rp 200.000,-
Total biaya Operasional Rp.3.200.000,-

c Pendapatan Per bulan
Asumasi penjualan per hari
=40 buah x Rp.4000,- x 30 hari = Rp . 4.800.000,-

d. Keuntungan per bulan
=Rp.4.800.000, – Rp.3.200.000,- = Rp 1.600.000,-

Dengan Asumasi tersebut, maka modal investasi awal akan kembali dalam waktu kurang dari 4 bulan. Bagaimana tertarik untuk menjalankan bisnis franchise pisang ijo yang menjanjikan ini. Jika anda berminat silahkan cari franchisornya dan ajukan proposar kerjasama.

Bagikan Artikel ini :

JANGAN LEWATKAN: