Prospek Peluang Bisnis Reseller Hosting di Era Digital


Di era digital seperti sekarang ini salah satu peluang bisnis online yang memiliki prospek bagus dan menjanjikan adalah bisnis hosting. Semakin banyaknya pebisnis yang menggunakan website dalam memasarkan produknya membuat peluang bisnis reseller hosting memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.

Bisnis Reseller Hosting

Gambar: Peluang Bisnis Reseller Hosting di Era Digital

Dengan massive-nya perkembangan bisnis dalam pasar digital saat ini, menjadikan bisnis reseller hosting lebih memiliki potensi yang sangat besar, bahkan mampu menjadi salah satu industri primadona, selain fashion yang sebelumnya telah menguasai pasar digital. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, selain cukup mudah, berbisnis menjadi reseller hosting juga mampu memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan.

Sebenarnya apa itu hosting ? Yes, bagi para blogger atau pebisnis online yang sudah berkecimpung di dunia Internet tentu tidak asing lagi dengan kata tersebut. hosting adalah alat yang akan digunakan untuk menyimpan data ataupun file web. File yang disimpan sendiri, bisa berbentuk file musik, file HTML file video, file PHP, ataupun gambar. Letak hosting sendiri, berada di server yang akan diakses melalui internet. Untuk jelasnya simak artikel sebelumnya tentang pengertian domain dan hosting.

Bagaimana Prospek Bisnis Hosting?

Pertanyaannya adalah mengapa bisnis hosting bukan bisnis lainnya? Mungkin saat ini Anda masih beranggapan bahwa fashion masih sebagai primadona dalam dunia bisnis online. Namun tahukah Anda, di era yang telah digital ini, tentunya jual beli harus melalui situs internet. Hanya dengan media sosial?

Dalam dunia jual beli, media sosial merupakan hal yang lumrah dilakukan, namun di era digital ini telah banyak penjual yang menggunakan website sebagai media promosinya, bahkan diibaratkan sebagai rumah atau tokonya. Selain itu, saat ini juga telah banyak UKM yang mulai Go Digital, artinya sepenuhnya mengutamakan website sebagai media promosinya.

Mengapa harus website? Bukankah media sosial sudah cukup? Hasil perhitungan data yang dipaparkan oleh Google, menyatakan bahwa saat ini jumlah pengguna internet sudah sangat besar, bahkan di Indonesia sendiri, saat ini telah mencapai 30% dari seluruh penduduk di Indonesia. Ini artinya, penggunaan website telah mengalahkan pengguna media sosial bukan?

Nah, berkaitan dengan website, perlu diketahui, website tak dapat diakses oleh banyak orang jika tak menggunakan hosting. Ini berarti dapat disimpulkan, bila Anda ingin berbisnis dalam dunia internet maka hosting merupakan hal utama yang diperlukan. Sehingga dapat dinyatakan bahwa bisnis hosting mampu mengalahkan bisnis lainnya, sebab bisnis lain tak akan berjalan tanpa adanya hosting.

Kenapa Harus Bisnis Reseller Hosting?

Berbisnis dalam dunia hosting memang sangat menjanjikan, namun kenyataannya adalah menjalankan bisnis ini bukan perkara yang mudah. Salah satu faktor yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis hosting adalah memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang hosting. Ya, memang mempelajarinya bukan hal yang sulit, namun butuh waktu yang panjang.

Nah, bagi Anda yang bingung bagaimana memulai bisnis hosting, maka mulailah menjadi reseller hosting. Apa itu reseller hosting? Sama halnya dalam jual beli, istilah reseller dalam dunia hosting ini, Anda hanya menawarkan hosting dalam suatu jasa hosting yang telah besar. Pekerjaan ini mudah dilakukan, sebab Anda hanya berjualan atau berpromosi saja, nantinya pekerjaan hosting akan dilakukan jasa yang Anda ajak kerjasama.

Apakah hanya begitu saja? Tentu tidak. Menjadi reseller hosting merupakan awal dari bisnis ada dalam dunia hosting. Artinya dari reseller ini nantinya Anda bisa dikatakan sebagai pengusaha hosting yang tepat.

Mengapa bisa demikian? Perlu diketahui, dalam dunia hosting terdapat beberapa tingkatan, dari yang kecil hingga ke yang besar yakni meliputi: Shared hosting, reseller hosting, master reseller hosting, alpha master reseller hosting, VPS dan yang paling tinggi ialah DS.

Untuk lebih jelasnya, penjabaran dari langkah tersebut yakni:

  1. Langkah awal dalam dunia hosting agar sukses adalah menjadi Reseller terlebih dahulu. Yaps, bisnis ini merupakan hal yang mutlak, bahkan menjadi syarat minimal untuk menjadi seorang hoster. Selain itu, kelebihan yang didapatkan dalam tahap ini adalah, bila modal yang Anda miliki terbatas, maka bisnis ini tetap berjalan, sebab Anda hanya menjualkan saja, sehingga tak membutuhkan modal.
  2. Bila pendapatan yang Anda dapatkan dari reseller hosting telah mencukupi anda, maka cobalah melangkah dari account Reseller untuk menjadi seorang master reseller. Apa yang dimaksud dengan master reseller?
    Dalam tahun ini, bisnis yang Anda jalankan tak hanya menjadi reseller hosting saja, namun juga layanan lainnya yang berkaitan dengan website, misalnya domain, SSL, atau lainnya. Pekerjaan ini memang cukup menantang, sebab Anda harus melakukan support pada semua reseller.
  3. Tahap selanjutnya, Bila Anda telah memiliki modal yang cukup serta pengetahuan yang luas, maka cobalah bergerak untuk memiliki server sendiri. Contohnya dengan menyewa VPS (Virtual Private Server).
  4. Berkaitan dengan point ke 3, saat ini VPS memang telah banyak digunakan, sehingga bila ternyata akun VPS telah terlampau banyak, Anda bisa beralih menggunakan DS (Dedicated Server).

Dengan demikian, jika Anda mampu menjalankan tahap menjadi reseller dengan sangat baik, maka untuk mencapai puncak kesuksesan akan sangat mudah. Namun kembali lagi, tentunya ini membutuhkan kemauan, ketekunan serta keterampilan yang mumpuni.

Bagaimana memulai Bisnis Reseller hosting?

Sebenarnya, untuk memulai bisnis hosting merupakan hal yang sangat mudah, seperti halnya memulai bisnis online pada umumnya. Nah, untuk menyukseskan bisnis reseller agar mampu melangkah ke tahap selanjutnya, maka berikut ini tips yang wajib Anda coba untuk memulai bisnis reseller hosting:

  • Awali dengan Membuat Sebuah Website Simpel
    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum menjalankan bisnis reseller hosting ialah dengan membuat website. Mengapa? Tentunya hal ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui bagaimana teknis website serta memahami bahasa pemrograman web php, asp atau lainnya.
    Jangan khawatir, bagi Anda yang masih awam dengan dunia website, maka bisa menggunakan template instant website terlebih dahulu. Namun meski demikian, Anda tetap harus memberi nama domain dalam website.
    Selain itu, usahakan website yang Anda buat informatif serta menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, sebab website tersebut nantinya digunakan sebagai senjata utama untuk mempromosikan jasa hosting Anda. Dalam hal ini, tentunya Anda juga harus memasang hosting, agar website bisa diakses oleh banyak pengguna.
  • Mencari Reseller Hosting yang Terpercaya dan Terjamin
    Ibarat bisnis dalam dunia fashion yang membutuhkan supplier untuk mensupply produk yang akan dijual nantinya, dalam bisnis reseller hosting ini tentunya Anda juga butuh jasa yang akan menyuplai hosting.
    Dalam hal ini, carilah jasa yang memiliki pelayanan 24 jam selama 7 hari kerja, hal ini diperlukan agar sewaktu-waktu bila pelanggan bertanya atau komplain bisa segera diatasi. Selain itu jangan mudah terpancing dengan harga yang sangat murah, sebab itu bisa saja menjebak Anda nantinya.
  • Kenali Target Sasaran
    Siapa yang akan menjadi target ada dalam bisnis ini? Apakah perusahaan, UKM, Pebisnis Online, organisasi website designer, website developer, atau lainnya. Hal ini tentunya perlu diperhatikan agar Anda tahu bagaimana cara menjangkau target tersebut.
    Perlu diketahui pula, tahap ini bisa dikatakan sebagai tahap yang sulit, sebab saat ini masih sedikit pebisnis online yang telah mengetahui pentingnya mempunyai website dalam bisnis online. Lebih dari itu, banyak juga yang belum paham, bahwa untuk menjalankan bisnis melalui website harus menggunakan hosting.
  • Beri Edukasi Untuk Target
    Berkaitan dengan point ketiga, bila Anda sulit menemukan target sasaran, aka berilah edukasi atau penjelasan tentang pentingnya website dan hosting. Dengan demikian, tentunya Anda harus memiliki materi edukasi untuk dijelaskan pada target.
    Tak perlu khawatir ini akan sulit, karena Anda telah membuat website sebelumnya, maka Anda bisa menggunakan website tersebut untuk media promosi, salah satunya dengan menulis artikel informatif yang sederhana simple dengan menjelaskan kegunaan website serta pentingnya hosting dalam suatu website.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa menjadi reseller hosting merupakan tonggak awal keberhasilan dalam dunia hosting. Dan bagi Anda yang masih awam tentunya tak perlu khawatir, sebab mempelajari tentang hosting merupakan hal yang mudah, bahkan dapat beberapa bulan saja. Bagaimana tertarik dengan peluang bisnis bisnis reseller hosting ini? Jika ya, anda bisa mempelajari tentang bisnis online ini lebih lanjut.


Bagikan Artikel ini :
tags: , ,

JANGAN LEWATKAN: