Persiapan Penting Sebelum Memulai Bisnis Franchise


Ada beberapa Persiapan Penting Sebelum Memulai Bisnis Franchise yang wajib anda ketahui jika suatu saat anda berencana membuka usaha dengan sistem waralaba atau Franchise. Mengapa penting? karena hal tersebut dapat menunjang kesuksesan bisnis franchise yang anda jalankan nantinya.

Persiapan Penting Sebelum Memulai Bisnis Franchise

Franchise adalah bentuk bisnis yang dijalankan dengan mengambil brand bisnis tertentu. Dengan catatan, brand bisnis tersebut sudah dikenal dan memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Orang yang menjalankan franchise disebut sebagai Franchisee. Franchisee hanya perlu mengeluarkan modal. Untuk ide, nama, sampai promosi produk tidak perlu dilakukan lagi. Sebab Franchisee tinggal menjalankan brand bisnis yang sudah memiliki “nama”.

Franchisee sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin sekali mengembangkan bisnis tanpa susah-susah. Anda tinggal mencari Franchisee, kemudian mereka akan menjalankan bisnis dengan nama brand bisnis Anda. Jika Anda tertarik untuk menjadi Franchisor atau pemilik Franchise brand bisnis Anda sendiri, sebaiknya perlu melakukan persiapan.

4 Persiapan Penting Sebelum Memulai Bisnis Franchise Wajib anda Ketahui

Bila anda berencana membuka bisnis waralaba maka 4 Persiapan Penting Sebelum Memulai Bisnis Franchise berikut ini Wajib anda Ketahui agar sukses.

1. Manfaatkan Teknologi Saat Ini

Bagi Franchisor yang sudah memiliki nama, tentu sangat mudah untuk melakukan promosi tentang Franchise. Namun jika promosi hanya dilakukan dari mulut ke mulut, terbilang kurang efektif. Sehingga yang harus Anda lakukan sebagai Franchisor adalah melakukan promosi dengan memanfaatkan teknologi. Ikuti perkembangan zaman saat ini. Teknologi internet semakin berkembang dan orang-orang lebih mudah memperoleh informasi baru seputar dunia franchise melalui internet.

Jadi, yang harus dipersiapkan adalah membuat website khusus guna promosi Franchise dari bisnis Anda. Anda perlu melakukan dua cara dalam melakukan promosi franchise. Selain offline seperti dari mulut ke mulut, juga dengan online dari website. Baca juga: Strategi Pemasaran Bisnis Franchise

2. Menerapkan Standar Operasi Dalam Memulai Franchise

Sebagai Franchisor, Anda tidak boleh melupakan persiapan ini. Anda harus menerapkan apa yang telah menjadi ketentuan dalam franchise. Yaitu, menjalankan standar operasi. Standar operasi berkaitan dengan semua hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Franchisee harus dipastikan menerima segala perlengkapan bisnis yang sama persis dengan brand bisnis Anda. Mulai dari konsep tempat bisnis harus sama.

Jika ada seragam untuk pramusaji, maka juga harus dilakukan juga untuk para Franchisee. Kemasan bisnis yang harus sama. Sampai yang paling enting jika Anda menjalankan franchise kuliner adalah rasa yang harus sama. Produk franchise harus tetap sama persis satu dengan yang lainnya untuk satu brand bisnis. Jangan sampai konsumen Anda menemukan perbedaan signifikan ketika membeli produk dari brand bisnis Anda.

Sebagai contoh, konsumen A membeli minum di lokasi franchise dengan brand bisnis Anda. Ternyata konsumen A menemukan rasa yang berbeda dengan jenis minuman yang sama ketika konsumen A membeli langsung di tempat brand bisnis Anda. Konsumen A memberi penilaian bahwa membeli jenis minuman di tempat bisnis Anda jauh lebih enak dibanding di tempat franchise dengan brand bisnis Anda. Jangan sampai contoh seperti itu terjadi. Karena akan menghancurkan konsep bisnis franchise yang sudah dijalankan.

3. Membangun Koneksi Guna Menjalin Relasi

Ketika franchise mulai berjalan, memang tidak begitu saja akan dikenal. Anda harus melakukan promosi dengan aksi nyata. Cobalah untuk mengikuti ajang pameran makanan yang biasa digelar di beberapa kota besar. Kemudian dalam ajang pameran makanan tersebut, sewalah sebuah stand untuk memperkenalkan franchise Anda. Meskipun brand bisnis Anda sudah memiliki nama. Namun tentunya belum banyak yang tahu jika brand bisnis Anda mengembangkan bisnis franchise. Atau dapat juga dengan menawarkan ke kerabat atau teman yang tertarik untuk berbisnis. Inilah bagian penting Anda guna menjalin relasi bisnis franchise yang lebih cepat.

4. Menjalin Hubungan Baik Dengan Franchisee

Menjadi Franchisor bukan berarti Anda berlagak sebagai bos yang akan ditakuti oleh Franchisee. Jika bisnis franchise Anda sudah berjalan, maka perhatikan ini. Jadilah Franchisor yang ramah dan ada saat para Franchisee Anda membutuhkan pertolongan dalam menjalankan franchise. Jalin hubungan yang baik dengan mereka. Dengan menjalin hubungan baik dengan Franchisee, keuntungannya adalah Anda dan Franchisee sama-sama dapat emberikan saran dan kritik untuk perkembangan bisnis yang dijalankan.

Franchise menjadi jenis bisnis yang sama-sama menguntungkan pihak Franchisor dengan Franchisee. Di Indonesia, franchise bukan jenis bisnis yang asing sehingga Anda tidak perlu ragu untuk memulai. Perlu diingat adalah ketika bisnis franchise sudah berjalan, jangan lupa untuk terus memperkuat koneksi dengan relasi bisnis yang lain. Jangan anggap relasi bisnis sebagai saingan karena siapa tahu dari mereka, Anda dapat memperoleh Franchisee baru.

Nah, itulah beberapa Persiapan Penting Sebelum Memulai Bisnis Franchise yang wajib anda ketahui agar usaha waralaba yang anda jalankan cepat berkembang dan sukses. Demikianlah, semoga artikel singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Bagikan Artikel ini :
tags: ,

JANGAN LEWATKAN: