Mengintip Prospek Bisnis Travel Menjelang Natal dan Tahun Baru


Ada banyak sekali peluang usaha yang memiliki prospek menjanjikan untuk dijalankan menjelang Natal dan Tahun Baru Salah satunya adalah Bisnis Travel. Ya, ketika liburan Natal dan Tahun baru banyak orang yang merayakannya dengan mengunjungi berbagai tempat menarik di kota lain seperti Jakarta, Bandung, Bali dan kota-kota lainnya. Sehingga menjelang liburan Natal dan Tahun Baru bisnis travel akan naik daun.

Prospek Bisnis Travel Menjelang Natal dan Tahun Baru

Libur Natal dan tahun baru hampir tiba, tentunya setiap anggota keluarga merencanakan beberapa kegiatan untuk memeriahkannya, termasuk liburan. Ya, tak lengkap suasana Natal, jika tak diisi dengan liburan bersama keluarga, dimana moment Natal sendiri memang dijadikan sebagai moment berkumpul keluarga.

Bicara tentang liburan Natal, tentu akan berkaitan dengan bisnis travel. Apa kaitannya? Biasanya menjelang libur Natal dan tahun baru, pasti bisnis travel akan naik daun. Hal tersebut bisa Anda lihat sendiri dari bagaimana kepadatan lalu lintas menjelang Natal dan tahun baru, bahkan tiket-tiket pun akan terjual habis jika telah menjelang Natal dan tahun baru, baik tiket pesawat maupun tiket kereta.

Lalu pertanyaan adalah bagaimana prospek bisnis travel menjelang Natal ini? Bisa Anda lihat, prospek bisnis travel sendiri, baik yang dilakukan secara online maupun offline di tahun 2018 telah mengalami perlonjakan yang sangat baik. Apalagi jika menjelang libur besar dan panjang seperti Natal dan tahun baru, sudah pasti bisnis ini akan ramai konsumen.

Lalu bagaimana untuk memulai bisnis menjelang Natal dan tahun baru ini? Untuk lebih mudahnya, simak penjelasan berikut ini:

Mengapa Memilih Bisnis Travel?

Sebenarnya, terdapat banyak bisnis menjelang Natal dan tahun baru yang sangat menjanjikan, seperti bisnis kue Natal, bisnis pernak-pernik Natal, serta bisnis lainnya. Namun jika dilihat lebih dalam, prospek bisnis travel yang mampu memberikan keuntungan signifikan. Hal ini tentunya memiliki beberapa alasan, diantaranya:

  • 1. Bisnis Sepanjang Masa
    Sebenarnya, tak ada yang kenal waktu bila ingin berjalan-jalan. Yaps, tak hanya ketika libur Natal atau tahun baru saja seseorang butuh liburan, namun terkadang dengan aktivitas yang padat sesekali harus meluangkan waktu untuk liburan agar mengurangi stres. Dengan demikian, maka menunjukkan bahwa bisnis travel merupakan bisnis yang tak lekang oleh waktu. Dimana akan selalu ada peminat, bukan sekali tetapi berkali-kali. Dengan demikian, tentunya Anda harus mampu mempertahankan bisnis menjelang tahun baru ini dengan baik agar mampu bertahan hingga ke depannya. Dan dalam hal ini, senjata ampuh utamanya adalah memenangkan hati peminat agar selalu menggunakan jasa Anda.
  • 2. Dapat Dirintis Dari Mana Saja
    Menginjak tahun 2018, dapat dilihat bahwa sekarang ini hampir semua orang pasti telah menggunakan teknologi sebagai media informasi. Dengan demikian bisnis menjelang Natal dan tahun baru ini tentu dapat dimulai di berbagai media, salah satunya dengan media online. Yaps, dapat dikatakan bahwa sekarang ini lebih banyak orang yang memilih mempermudah kegiatannya menggunakan media online. Dengan demikian, manfaatkanlah semaksimal mungkin keberadaan media sosial untuk mempromosikan jasa Anda.
  • 3. Dibayar di Muka
    Ketika mulai merintis bisnis menjelang Natal ini, mungkin Anda akan merasa ragu terhadap penghasilan yang akan dapatkan. Bahkan bisa jadi Anda tak yakin apakah calon pelanggan akan benar-benar suka atau bahkan membayar jasa Anda. Tak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab keraguan yang Anda rasakan akan diminimalisir bila telah benar-benar terjun ke bisnis travel. Mengapa demikian? Alasan mengapa prospek bisnis travel sangat menjanjikan adalah karena ketika terdapat pelanggan yang melakukan pesanan, pasti mereka akan diwajibkan untuk melakukan pembayaran di muka secara langsung. Hal ini tentunya dilakukan dengan tujuan agar Anda selaku pemilik bisnis travel, mampu memesankan tiket transportasi serta akomodasi lainnya untuk calon pelanggan. Dengan begitu, tentu Anda akan memiliki jaminan bahwa pelanggan telah berkomitmen untuk menggunakan jasa tanpa melakukan pembatalan.
  • 4.Cakupan Pasar Luas
    Tak hanya libur Natal atau tahun baru, setiap waktu mungkin seseorang butuh liburan sejenak, baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua. Karena hal tersebut, maka membuat prospek bisnis travel memiliki cakupan khalayak yang sangat luas.

Apalagi jika Anda mampu membuat bisnis inklusif serta menerima berbagai lapisan masyarakat, tentu mampu membangun citra yang positif serta terbuka terhadap masyarakat, karena mengingat banyak kompetitor agen travel yang hanya memberikan kesempatan khusus untuk kalangan sosialita atau elite saja.

8 Tips Sukses Bisnis Travel Natal dan Tahun Baru

Meski dikatakan mudah, namun untuk menjalankan bisnis menjelang Natal dan tahun baru ini tentu harus didasari dengan kegigihan dan strategi. Adapun strategi yang harus Anda lakukan untuk keberlangsungan bisnis ini yakni:

1. Tentukan Tipe Bisnis Travel yang Akan Disediakan

Dalam hal ini, singkatnya adalah Anda harus mencari tahu: apa yang akan jual? Apakah tiket pesawat, kereta api, kamar hotel, bus, urus visa paspor, sewa mobil, homestay, villa, guest house, atau bahkan destinasi pariwisata. Hal ini penting agar calon konsumen tau bisnis apa yang anda jual.

2. Buat Nama Label Travel yang Mudah Diucapkan dan Diingat

Dalam membuka bisnis travel, tentu membutuhkan nama atau label perusahaan agar mudah diinginkan pelanggan. Umumnya nama travel sendiri diambil dari nama pemiliknya, atau bahkan ada juga yang mengambil dari kata bahasa Inggris yang berkaitan dengan perjalanan atau pemandangan, seperti Angkasa Tour and Travel, Adventure Indonesia, dan Panorama Tours.
Dalam hal in,i tentu Anda bisa menggunakan nama apapun yang disukai, namun pastikan nama bisnis yang digunakan mudah diingat dan diucapkan. Sebagai saran, pilih satu kata saja dengan 1 – 3 suku kata agar mudah disebut serta diingat. Mengapa harus demikian? Sebab kemudahan penyebutan nama bisnis Anda, tentu akan meningkatkan brand awareness bisnis kepada pelanggan.

3. Petakan Destinasi Wisata Sasaran Anda

Untuk memberikan pengalaman yang berkesan kepada pelanggan ketika berwisata, maka Anda harus menentukan sejak awal, ke titik mana wisata akan dilaksanakan. Dengan demikian Anda harus membuat beberapa roadmap atau rute perjalanan yang bisa dipilih pelanggan. Bila memungkinkan Anda bisa menyediakan berbagai perjalanan yang direncanakan pelanggan.

4. Buat Bisnis Travel Online

Yaps, saat ini bisnis online sadang gencar dilakukan oleh banyak orang. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena hampir setiap orang menggunakan media online untuk mempermudah aktivitas, baik itu belanja bahkan mencari jasa travel. Dengan hal tersebut, tentunya Anda harus mampu mengikuti perkembangan zaman, yakni dengan membuat bisnis travel online. Hal ini sebenarnya tak sulit, dimana bila Anda tak pandai mengelola website, maka bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau media lainnya untuk promosi.

5. Buat Program Paket

Untuk mendapatkan banyak pelanggan dari bisnis menjelang tahun baru ini, maka buatlah program paket wisata. Misalnya dalam waktu 3 hari 2 malam memberikan beberapa tujuan tempat wisata, atau bahkan 1 minggu berwisata. Penggunaan pemrograman ini tentu bertujuan untuk memberikan banyak pilihan pada pelanggan, agar mereka tidak salah pilih atau sesuai dengan slot waktu yang pelanggan miliki.

6. Promosikan Bisnis Travel Anda

Semua bisnis tentunya memerlukan promosi agar bisa sukses, begitu juga dengan bisnis travel. Mempromosikan bisnis travel bisa dilakukan dengan berbagai media baik offline maupun online. Anda bisa melakukan promosi secara offline dengan memasang pamflet di tempat-tempat yang strategis, menyebar brosur dan beriklan dimedia masaa seperti koran dan Majalah. Untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan lebih luas maka pemasan online bisa dilakukan.

Anda bisa promosi bisnis travel secara online melalui website bisnis, menggunakan situs-situs forum atau menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan media sosial lainnya. Melakukan promosi seperti ini memang tidak menjamin anda akan segera mendapatkan banyak konsumen. Tetapi setidaknya bisnis travel anda akan lebih cepat dikenal dan populer sehingga konsumen akan mempertimbangan untuk menggunakan bisnis jasa anda.

7. Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Konsumen

Pelayanan yang baik merupakan salah faktor penting pendukung kesuksesan sebuah bisnis apalagi bisnis dalam bidang Jasa. Oleh karena itu anda harus berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Perhatikan apa yang mereka butuhkan dan bila perlu berikan pelayanan lebih dari yang mereka harapkan untuk membuat mereka senang dan mau menggunakan jasa bisnis anda kembali.

8. Memperluas Relasi dan Jaringan Bisnis

Relasi dan Jaringan bisnis memang sangat penting bagis seorang pebisnis. Dengan memperluas relasi dan jaringan bisnis maka peluang anda untuk sukses akan semakin besar. Karena semua bisnis membutuhkan bisnis lain agar bisa sukses begitu juga dengan bisnis travel. Anda bisa membangu relasi dengan pebisnis lain yang tentunya masih berkaitan dengan bisnis anda, misalnya anda bekerjasama dengan jasa tour guide atau Jasa Rental Mobil. Selain itu anda juga bisa bekerjasa dengan model bisnis lain untuk mengembangkan bisnis anda.

Bagaimana? Sekarang Anda telah mengetahui bagaimana keuntungan dan kemudahan dalam menjalankan bisnis Travel menjelang Natal dan tahun baru ini bukan? Tak perlu takut untuk menjalankannya, asal Anda tekun dan rajin melakukan promosi serta mampu memberikan pelayanan yang baik, dipastikan pelanggan yang datang akan banyak.

Bagikan Artikel ini :
tags: ,

JANGAN LEWATKAN: