Raih Untung Bisnis Gorengan di Musim Hujan


Indonesia saat ini tengah memasuki musim hujan. Tentu bagi orang yang mempunyai jiwa bisnis yang cerdas akan memanfaatkan peluang tersebut untuk menjalankan bisnis dan usahanya. Salah jenis bisnis yang sangat menjanjikan di musim hujan ini adalah berbisnis kuliner gorengan.

Raih Untung Bisnis Gorengan di Musim Hujan

Seperti diketahui bahwa gorengan sangat diminati oleh masyarakat di mana pun berada. Bahkan ketika musim kemarau pun gorengan tetap diminati banyak orang. Hal tersebut tak lain karena rasanya yang enak, gurih, dan mudah didapat. Selain itu, gorengan juga bisa dijadikan camilan saat santai didampingi secangkir kopi atau teh. Saat ini bisnis gorengan sudah menjamur, kita dapat melihat hampir disetiap tempat yang ramai selalu ada penjual gorengan. Akan tetapi meski yang membuka usaha gorengan peluang bisnis ini masih cukup besar asalkan anda mau berusaha dan berinovasi.

Kelebihan Bisnis Gorengan

Banyak orang yang menjalankan bisnis gorengan sebagai ladang usahanya meski persaingannya sangat tinggi. Lantas apa saja keuntungan dan kelebihan bisnis gorengan ini ketika dijalankan pada musim hujan? Berikut ulasannya!

1. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis gorengan ini tak besar. Untuk menjalankan usaha ini Anda hanya butuh modal peralatan masak dan tempat gorengan, kemasan, dan bahan-bahan gorengan. Modalnya pun sekitar ratusan ribu rupiah.

2. Anda tak butuh ruang atau tempat yang luas untuk menjalankan bisnis gorengan, bahkan Di rumah pun Anda bisa menjualnya. Anda bisa memanfaatkan depan rumah anda sebagai tempat untuk menjalankan usaha gorengan. Jika tak punya tempat Anda bisa menaruhnya di warung atau rumah makan dengan sistem titip jual.

3. Bisnis gorengan sangat cocok dijalankan di musim hujan karena gorengan sifatnya hangat apalagi yang baru digoreng pasti sangat cocok sebagai makanan/cemilan penghangat di musim hujan yang dingin.

4. Gorengan adalah makanan semua orang baik tua maupun muda mulai orang terkenal hingga orang biasa khususnya masyarakat di Indonesia. Sehingga bisnis ini cukup menggiurkan untuk dijalankan. Apalagi jika anda mampu berinovasi membuat gorengan dengan bentuk dan rasa yang berbeda dengan penjual lainnya.

5. Gorengan memiliki menu yang variatif sehingga orang-orang bisa memilih gorengan yang mereka sukai seperti pisang goreng, tahu goreng, tahu isi, bakwan, mendoan, tempe goreng, pisang molen, dan lain sebagainya. Menu gorengan pun sekarang semakin banyak berkat kreatifitas pembuatnya.

6. Bahan untuk membuat gorengan mudah didapat dan harga bahan-bahannya pun relatif lebih terjangkau sehingga tak sulit mendapatkan dan membelinya.

7. Bisnis ini tak pernah mati meski harga-harga bahan pokok tengah melonjak. Bahkan ketika dunia dilanda krisis pun bisnis ini tetap bisa survive. Hal ini karena harga gorengan relatif murah dan sangat terjangkau. Jika naik pun harga tetap tak mencolok.

Tips Menjalankan Bisnis Gorengan di Musim Hujan

Jika Anda benar-benar tertarik dan berniat membuka usaha gorengan di musim hujan maka ada beberapa tips penting yang perlu Anda simak seperti tergambar dalam poin-poin berikut ini.

1. Buatlah menu gorengan yang variatif agar gorengan yang Anda jual diminati pembeli. Biasanya pembeli lebih memilih gorengan yang variatif ketimbang gorengan yang hanya terdiri dari satu jenis.

2. Pastikan bahwa menu dan bahan gorengan yang Anda buat dan jual berasal dari bahan yang bersih dan aman dikonsumsi (tak mengandung bahan berbahaya). Kemudian enak rasanya dan gurih ketika dimakan.

3. Sediakan petis dan cabe sebagai tambahan bagi pembeli untuk menyantap gorengan tersebut. Dan pastikan gorengan yang Anda jual masih hangat.

4. Agar gorengan yang Anda buat gurih dan enak gunakan minyak goreng yang berkualitas. pastikan minyak goreng yang Anda gunakan tak digunakan sesering mungkin. Anda bisa mengganti minyak goreng yang baru jika minyak goreng yang lama sudah berubah warna dan banyak kotorannya.

5. Pastikan bahwa peralatan masak dan tempat Anda berjualan bersih. Oleh karena itu selalu bersihkan peralatan masak dan tempat Anda berjualan sebelum dan sesudah berjualan.

6. Untuk kemasan sendiri sebaiknya gunakan kotak khusus yang di dalamnya terdapat tisu sebagai penyaring minyak. Jika Anda mengunakan kantong kresek atau plastik beri tambahan tisu atau kertas putih bersih (bukan koran) sebagai penyerap minyak.

7. Berikan pelayanan terbaik dan ramah pada pembeli. Pelayanan yang ramah saat menjual gorengan akan semakin diminati konsumen. Berbeda halnya dengan pelayanan yang tak ramah pasti pembeli akan menjauh.

8. Promosikan produk usaha gorengan Anda melalui media sosial dan media online pada teman-teman/rekan, tetangga atau teman di mesia sosial Anda. Manfaatkan media sosial yang sifatnya gratis sebagai media promosi.

Itulah berbagai kelebihan dan tips penting dalam menjalankan bisnis gorengan. Anda pun bisa meraih untung seperti derasnya air hujan di kala musim penghujan ini. Selamat mencoba!

Bagikan Artikel ini :
tags: ,

JANGAN LEWATKAN: