Tips Jitu Memperoleh Modal Usaha Cepat dan Mudah


Semua pelaku usaha pasti menginginkan kesuksesan dalam setiap usahanya. Namun tak jarang keinginan tersebut terbentur oleh masalah modal. Sehingga usaha mereka gagal dilakukan. Sebab setiap usaha atau bisnis pasti membutuhkan modal usaha awal untuk menjalankan bisnis tersebut.

Tips Jitu Memperoleh Modal Usaha dengan Mudah

Seberapa pun besar kecil peluang usaha, semuanya memerlukan modal. Jadi, bagaimana kedudukan modal dalam setiap usaha? Modal ibarat darah pada manusia. Modal merupakan hal wajib yang harus anda miliki ketika anda akan menjalankan sebuah usaha. Sebuah usaha akan berjalan baik dengan adanya modal. Dan sebaliknya, seberapa baik peluang bisnis itu akan tidak berjalan baik tanpa adanya modal yang tersedia. Itulah pentingnya modal, modal dan modal.

Tips Jitu memperoleh Modal Usaha

Jika anda sudah mempunyai ide-ide usaha dan sedang mencari modal untuk merealisasikan usaha tersebut, berikut ini tips jitu memperoleh modal usaha bagi anda, antara lain:

1. Meminjam ke bank

Bank merupakan lembaga keuangan yang sah dan diakui negara. Lembaga ini berhak mengumpulkan dana masyarakat kemudian disalurkan pada berbagai usaha untuk mensejahterakan nasabahnya. Mencari modal usaha ke bank adalah cara paling mudah dan relatif berhasil dilakukan banyak orang. Namun, ada resiko yang harus anda tanggung apabila meminjam modal usaha ke bank yakni jika usaha atau bisnis anda gagal maka anda tetap harus mengembalikan uang pinjaman ke bank disertai bunga pinjaman.

Untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari bank, anda disyaratkan mempunyai BPKB kendaraan bermotor ataupun sertifikat tanah atau rumah sebagai jaminan. Langkah ini adalah langkah terakhir yang bisa dilakukan pelaku usaha dalam memperoleh modal usaha. Jika anda masih takut melakukan cara ini karena pinjaman dan bunga yang harus dibayar atau ketiadaan agunan maka lebih baik meminjam kepada orangtua maupun saudara untuk memperoleh modal usaha yang anda butuhkan.

2. Menjalin kemitraan atau kerjasama (joint venture)

Untuk mendapatkan modal usaha, anda bisa menawarkan kerjasama bisnis kepada para investor. Investor akan mempertimbangkan kelayakan usaha anda dan keuntungannya serta menilai pengalaman anda. Jika anda sudah berpengalaman dan jujur dalam suatu usaha serta telah dikenal baik oleh mereka, maka para investor itu tak segan mengeluarkan uangnya yang banyak untuk memodali bisnis anda.

3. Menabung

Cara yang paling aman untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan cara menabung. Apabila anda kesulitan mencari investor dan meminjam modal usaha ke bank maka cara ini bisa ditempuh. Untuk memperoleh modal usaha yang diinginkan, mulailah sejak sekarang sisihkan sebagian penghasilan anda untuk modal usaha anda di masa mendatang.

4. PKM singkatan dari Program Kreatifitas Mahasiswa

Apabila anda seorang mahasiswa, anda bisa memperoleh modal usaha sekitar Rp. 10 juta yang diajukan kepada penyelenggara PKM ini.

Baca juga: Tips Sukses Membangun Usaha dengan Modal Patungan

Kiat Memperoleh Modal Usaha Tanpa Jaminan Ala Tung Desem Waringin

Salah seorang pakar motivator kesuksesan, Tung Desem Waringinjati yang akrab dipanggil TDW memberikan kiat memperoleh modal usaha. Berikut ini cara atau Kiat Memperoleh Modal Usaha Tanpa Jaminan yang disampaikan TDW :

  • Menabung. Menabung adalah suatu kegiatan positif dan cara paling tua dan sederhana sekali untuk memperoleh modal usaha tanpa agunan. Dengan memiliki tabungan, anda bebas menggunakan modal usaha tersebut sekehendak hati tanpa beban bunga pinjaman ataupun tekanan dari pihak lain. Disarankan menggunakan tabungan untuk membeli asset bukan liabilitas. Aset adalah sesuatu yang menghasilkan uang. Sedangkan liabilitas adalah sesuatu yang mengeluarkan uang dari kantong anda.
  • Hutang Kepada Anggota Keluarga. Cara termudah untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan cara berhutang pada Mertua, istri maupun keluarga besar anda. Sebab hanya merekalah orang terdekat yang sangat peduli terhadap nasib anda.
  • Hutang kepada teman atau sahabat. Langkah berikutnya adalah berhutang kepada teman atau sahabat untuk memperoleh modal usaha tanpa jaminan. Setiap orang tentu memiliki teman atau sahabat. Teman sekolah dasar hingga perguruan tinggi maupun teman bermain. Cobalah menghubungi mereka satu persatu dengan mendatanginya langsung atau melalui telepon. Mintailah bantuannya dengan sopan. Paparkan rencana bisnis anda. Dari sekian banyak teman anda pasti ada yang mau meminjam uangnya untuk menjadi modal usaha anda. Bagaimana mudahkan?
  • Modal Ventura. Apa itu modal ventura? Modal ini jika diibaratkan sebagai berikut : Diumpamakan anda telah memiliki sebuah usaha yang berhasil dan berpeluang semakin maju dan berkembang pesat di masa mendatang maka anda bisa mengajukan modal usaha ke para pemodal besar dengan sistem bagi hasil apabila usaha anda telah menguntungkan.
  • Menjual saham. Anda pun bisa menjual sebagian saham kepemilikan usaha anda untuk memperoleh modal usaha.
  • Menjual Franchise. Ada dua keuntungan mendapatkan modal usaha dengan cara ini, yakni anda memperoleh tambahan modal usaha yang lumayan besar sekaligus anda dapat mengembangkan usaha menjadi sangat maju.

Demikianlah yang bisa disampaikan penulis mengenai tips jitu memperoleh modal usaha dengan mudah dan Kiat Memperoleh Modal Usaha Tanpa Jaminan Ala Tung Desem Waringinjati. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian dalam mencari modal usaha bagi bisnisnya. Banyak jalan menuju roma. Banyak cara memperoleh modal usaha. Simak terus artikel-artikel menarik kami lainnya. Semoga kesuksesan selalu menyertai langkah anda.

Bagikan Artikel ini :

JANGAN LEWATKAN: