Usaha Toko Bahan Bangunan Peluang Bisnis Menguntungkan


Apakah ada di antara Anda yang sedang ingin membuka usaha sendiri tetapi masih bingung untuk memilih bisnis apa yang paling tepat. Kebetulan kali ini kami akan sedikit memberikan gambaran mengenai peluang usaha toko bahan bangunan yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam menjalankan usaha Anda.

Usaha Toko Bahan Bangunan Peluang Bisnis Menguntungkan

Dengan membuka usaha toko bahan bangunan ini bisa menghasilkan keuntungan yang sangat menggiurkan apalagi dalam beberapa kurun waktu terakhir ini bisnis di bidang properti di negara kita ini sedang tumbuh subur. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya developer perumahan yang banyak bermunculan dan hampir di setiap kota juga banyak bermunculan perumahan-perumahan baru. Karena itu kebutuhan akan bahan-bahan bangunan menjadi semakin tinggi sehingga tidak akan salah jika membuka usaha toko bahan bangunan.

Modal Awal Usaha Toko Bahan Bangunan

Sebelum membuka usaha yang satu ini pastinya Anda harus mencari tahu lebih dahulu kira-kira berapa besar untuk modal awal yang dibutuhkan. Untuk modal awal usaha toko material bangunan ini sebenarnya cukup relatif karena bisa disesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

Sebagai gambaran umumnya untuk toko bahan bangunan berskala kecil setidaknya dibutuhkan modal kurang lebih sekitar 35 sampai dengan 50 juta rupiah. Dengan modal tersebut maka Anda sudah bisa berjualan alat-alat bangunan semisal paku, cat, kuas, gergaji dan lainnya. Biasanya toko bahan bangunan yang berskala kecil ini tidak menjual batu kali, semen dan pasir kalaupun ada sudah dalam bentuk per kilo.

Mungkin Anda akan berpikir ternyata modal yang dibutuhkan cukup lumayan meski usaha toko material bangunan ini masih berskala kecil, meski begitu jangan mengabaikan juga bila peluang usaha jual bahan bangunan ini adalah peluang usaha jangka panjang dan perputaran uangnya pun cukup cepat.

Jadi Anda tidak akan rugi mengeluarkan modal sebesar itu untuk merintis usaha ini kemudian ada juga toko bahan bangunan dengan skala sedang dan untuk modalnya antara 50 juta sampai dengan 200 juta rupiah. Dengan modal sebesar ini maka toko bangunan Anda lebih lengkap karena Anda bisa membeli mobil colt untuk berjualan pasir, batu kali, semen dan juga material lainnya yang perlu untuk di antar.

Anda juga bisa melengkapi alat-alat bangunan yang dijual semisal dengan menyediakan alat-alat listrik, seng, pipa dan sejenisnya. Kemudian yang terakhir adalah toko bahan bangunan yang skalanya besar dengan modal di atas 200 juta rupiah. Dengan modal sebesar ini tentu Anda bisa membeli barang-barang dari suplier dengan harga grosir sehingga harga jualnya lebih kompetitif dengan toko bahan bangunan lainnya.

Anda juga bisa menjual beraneka jenis material yang lebih lengkap sehingga target padanya menjadi lebih luas. Setidaknya dari informasi di atas ini Anda bisa memperoleh gambaran mengenai peluang usaha toko material bangunan dan juga modal yang dibutuhkan.

Keuntungan Membuka Bisnis Toko Bahan Bangunan

Mengapa sebaiknya memilih bisnis toko bangunan? yes, tentunya ada beberapa keuntungan mengapa sebaiknya memilih membuka usaha toko bahan bangunan, yaitu sebagai berikut:

1. Selalu di Butuhkan Orang

Keberadaann toko bahan bangunan selalu dibutuhkan orang karena dari waktu ke waktu selalu ada yang membangun rumah maupun gedung. Apalagi sekarang ini banyak developer yang membangun perumahan tentunya materiak bangunan sangat dibutuhkan.

2. Barang Tidak Mengalami Penyusutan

Material bangunan tidak seperti makanan atau pakaian yang mengalami penyusutan. Bahan material seperti batu, pasir atau besi tidak akan mengalami masa kadaluarsa atau keterbatasan waktu. Ini merupakan salah satu keuntungan dari bisnis material yang bisa dipertimbangkan, karena tidak adanya masa kadaluarsa berarti tidak ada beban penyusutan nilai produk usaha.

3. Tidak Memiliki Banyak Pesaing

Membuka usaha toko bahan bangunan memerlukan modal yang besar sehingga tidak mudah membuka bisnis ini. Hal ini membuat bisnis material bahan bangunan tidak memiliki begitu banyak pesaing dibandingan jenis usaha lainnya yang tidak memerlukan modal besar.

4. Berpartner untuk Mendapatkan Modal

Barang yang dijual dalam toko bangunan tidak selalu cepat laku, berbeda dengan toko sembako yang barang di toko sembako yang cepat laku. maka biasanya pihak supplier mudah memberikan pinjaman barang sebagai modal apabila toko bangunan yang Anda miliki sudah terkenal dengan reputasi yang baik. Hal ini sangat menguntungkan, mengingat perputaran uang dalam usaha toko tersebut sangat besar. Pinjaman barang sebagai modal akan memperbesar peluang usaha, menambah keuntungan tanpa harus menambah beban modal usaha.

5. Keuntungan Didapat Sangat Besar

Membuka usaha toko bahan bangunan patut untuk anda pertimbangkan karena produknya memiliki margin yang sangat tinggi sehingga keuntungan yang didapat bisa sangat besar. Dengan adanya margin yang tinggi ini, seorang pengusaha toko bangunan memiliki kemungkinan untuk tetap bisa bertahan dan memperbesar usahanya meskipun bahan bangunan bukan kebutuhan sehari-hari dan untuk memulainya membutuhkan modal yang besar.

Tips dan Cara Membuka Usaha Toko Material Bangunan

Berikutnya tidak lupa akan kami bagikan tips agar sukses dalam usaha material bangunan dan langsung saja untuk tips yang pertama adalah Anda mesti menghitung kembali berapa modal yang Anda punya.

1. Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Jangan terlalu memaksakan diri jika modal yang dimiliki hanya bisa digunakan untuk membangun toko bahan bangunan dalam skala kecil karena jika Anda serius dan juga telaten maka bukan tidak mungkin usaha jualan material bahan bangunan Anda bisa lebih berkembang lagi. Seperti toko ban motor, toko bahan bangunan dalam skala kecil ini bisa Anda mulai dengan membuka toko di samping rumah atau dengan menyewa tempat yang harga sewanya masih terjangkau.

2. Mencari Suplier Material Bangunan

Kemudian tips yang kedua carilah suplier alat-alat dan material bangunan yang memberikan penawaran harga yang terjangkau. Informasi mengenai daftar suplier ini bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber misalnya dari internet atau bertanya kepada kolega yang kebetulan juga menekuni usaha yang sama.

3. Memberikan Harga Kompetitif

Yang ketiga selain memberikan harga yang kompetitif jangan sampai lupa untuk terus melengkapi alat-alat bangunan dan termasuk juga material bangunan yang dijual supaya semakin banyak konsumen atau pembeli yang datang ke toko Anda. Bila perlu berikan juga diskon khusus kepada pelanggan supaya mereka terus membeli di toko bahan bangunan Anda.

Itulah beberapa tips yang mesti Anda perhatikan dan sekian informasi yang bisa kami berikan seputar peluang usaha toko bahan bangunan yang menguntungkan. Salam sukses!

Bagikan Artikel ini :
tags: ,

JANGAN LEWATKAN: